Bagi Anda yang tinggal di Kota Jakarta, maupun di Planet Bekasi atau seluruh Kota di Indonesia. Pasti belum tahu ada sebuah Universitas Negeri di Karawang. Kalian akan bertanya-tanya “Universitas Negeri apa itu? Karawang ada di mana? Itu kota penghasil padi, kan?”

Kuliah di Universitas Negeri adalah impian setiap siswa lulusan SMA/SMK yang ingin mencicipi bangku kuliah, jangan dimakan ya bro and sist tidak enak. Tak jarang mereka kurang memperoleh informasi tentang Universitas Negeri. Tanpa berbasa-basi lagi mari kita cari tahu, apa nama Universitas di Kota Karawang ini. Berada di Provinsi Jawa Barat, nama Karawang terkenal oleh puisi Chairil Anwar yang berjudul “Karawang-Bekasi”. Kalau masih tidak tahu kota Karawang kalian bisa lihat di google maps.

Universitas ini menjadi Negeri pada tahun 2014, yang diresmikan oleh Presiden kita Susilo Bambang Yudhoyono. Nama Universitas ini adalah Singaperbangsa, cukup unik bukan? Nama itu diambil dari seorang Bupati pertama Karawang yang menjabat pada tahun 1633-1677 yaitu, Raden Adipati Singaperbangsa. Nama Universitas ini disingkat menjadi UNSIKA, yang berada di Jl. H.S. Ronggowaluyo Teluk Jambe, Karawang.

Sebelumnya, UNSIKA merupakan Perguruan Tinggi Pertama di Kabupaten Karawang yang didirikan pada tanggal 2 Februari 1982 berstatus swasta. Ketika menjadi Kampus Negeri, otomatis pendaftaran seleksi masuk melalui SNMPTN, SBMPTN, dan seleksi mandiri yang diadakan pihak kampus. Universitas ini menjadi kampus bergengsi di Jawa Barat, lho kawan-kawan. Bagi kalian yang ingin melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi Negeri, bisa  cantumkan UNSIKA sebagai daftar pilihan.

Letaknya yang strategis dari Ibu Kota dan Planet Bekasi, tidak akan menyulitkan Anda ketika berkuliah di UNSIKA. Banyak sekali moda transportasi untuk menuju kota Karawang, mulai dari kereta api, bus, travel, ojek online, dll.

Ada beberapa Fakultas yang ada di UNSIKA yaitu, Fakultas Hukum, Fakultas Teknik, Fakultas Pertanian, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Kebidanan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Fakultas Agama Islam. Terdiri dari banyak jurusan dalam jenjang D3, S1, dan S2. Seperti Imu Hukum, Akuntansi, Manajemen, Magister Manajemen, Pendidikan Luar Sekolah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Matematika, Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, Kebidanan, Pendidikan Agama Islam, Agroteknologi,Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Elektro, Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, Ilmu Pemerintahan,  lebih lengkapnya Anda bisa klik di  https://www.unsika.ac.id/.

Bagaimana kawan, sudah tahu Universitas Negeri di Karawang?  Bagi Anda yang ingin mendaftar di Kampus ini dipersilakan. “Mau Kuliah? UNSIKA pilihannya.” Bagi kalian yang sebentar lagi akan menghadapi Ujian Nasional, semoga lulus dan dapat diterima di Universitas impian. Tunggu apa lagi? Ayo daftar di UNSIKA!

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here