Home / Komunitas / UKM Senru IAIN Purwokerto Gelar Pameran Seni Rupa
kampuspurwokerto.com

UKM Senru IAIN Purwokerto Gelar Pameran Seni Rupa

Purwokerto- UKM Seni Rupa IAIN Purwokerto gelar pameran seni bertajuk Art Freedom 4 dengan tema “kilas balik”. Pameran digelar di gedung Student Center IAIN Purwokerto selama 5 hari berturut-turut, mulai dari 28 November 2017 hingga 2 Desember 2017 mendatang. Acara ini merupakan kegiatan tahunan. Setiap tahunnya, UKM Senru selalu berinovasi dalam menyajikan pameran seni. Karya-karya yang dipajang yaitu berupa sketsa, lukisan, dan fotografi yang dikemas secara apik.

Gedung Student Center disulap menjadi tempat pameran yang menyuguhkan banyak spot foto menarik. Permainan pencahayaan lampu menambah syahdunya suasana untuk menikmati keindahan karya seni hasil anggota UKM Senru dan beberapa seniman tamu.

Sebelum masuk ke dalam ruang pameran, belilah tiket terlebih dahulu. Harga tiket untuk pre sale Rp. 5000 dan OTS Rp. 7.000. dengan harga yang sangat terjangkau tersebut, kalian mendapatkan satu buah lukisan cukil dan bisa menikmati pameran sepuasnya. Lukisan cukil yang kalian dapat, bisa dipajang di kamar masing-masing untuk memberikan kesan artistik.

Pertamakali memasuki ruangan, kalian akan dibuat kagum seketika? Kenapa? Karena setiap sudut mempunyai daya tarik sendiri. Sehingga rasanya ingin menjamah semua sudut yang ada. Sebaiknya, kalian siapkan kamera dengan resolusi tinggi, karena moment ini sangat sayang jika tidak diabadikan dalam bentuk foto. Setiap gambar, foto, dan lukisan yang dipajang mempunyai judul dan pesan tersendiri sehingga menambah keberagaman. Kalian bisa berjalan santai mengelilingi ruang pameran sambil menerka-nerka pesan dari karya tersebut.

@famaylia

Ruang pameran dibagi menjadi dua, yaitu ruang pameran pertama berada di dalam gedung student center, tema yang diusung dalam penataan ruang yaitu tradisional. Sebuah sepeda onthel lengkap dengan sebuah tudung terpajang apik di salah satu sudut ruangan. Tidak ketinggalan, jerami dibiarkan berserakan sehingga menimbulkan kesan alami.

Selian itu, terdapat pula saung-saung. Di dalamnya terpajang berbagai sketsa. Ada juga ornamen permaian tradisional yang dipadukan dengan sketsa yang selaras. Mengunjunginya seolah kembali ke masa kecil. Dan memang, kebanyakan sketsa menampilkan goresan-goresan pena dan pensil tentang permainan tradisional. Nah, inilah point yang dimaksud dalam tema “kilas balik”.

Diujung jalan menuju ke ruang pameran kedua, kalian akan disuguhi bazaar buku yang sebagain besar adalah karya Pramudya Ananto Toer. Buku yang ada memang tidak terlalu banyak sebagaimana bazaar pada umumnya, tapi bagi kalian penggila Toer maupun yang penasaran dengan sosok yang satu ini, nampaknya sayang jika tidak merogoh kocek untuk membawa pulang buku tersebut.

Memasuki ruangan kedua, kalian akan menemukan nuansa yang berbeda. Kali ini nuansanya lebih condong ke retro, meskipun jerami-jerami masih menjadi bumbu di beberapa sudutnya. View yang pertama kali kalian lihat begitu memasuki ruangan yaitu sebuah televisi kuno yang terpajang di atas meja kayu.

Di kirinya terpajang lukisan cukil dengan warna senada. Lampu warna-warni juga masih menemani kalian di ruangan ini. Di sudut kanan terdapat radio kuno lengkap dengan antenanya yang masih kokoh namun berkarat. Tak ketinggalan, sebuah lampu teplok terduduk wajar di sebelahnya.

Di sisi kirinya, terdapat pula lampu teplok berjelaga yang diletakkan di lantai bersama sedikit sentuhan jerami. Di kanan kirinya terpajang lukisan cukil yang penuh dengan nilai-nilai artistik.

Puas menikmati karya seni dengan tata ruangnya, kalian bisa berbelanja kaos sablon cukil di teras ruang pameran. Kalian juga bisa membawa kaos polos dari rumah dan disablon oleh anggota Senru secara Cuma-Cuma.

Acara yang sudah berlangsung selama empat hari tersebut, akan terus digelar hingga sabtu, 2 Desember 2017 mendatang. Acara akan ditutup dengan performing art dari anggota UKM Senru dan para bintang tamu.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Pacu Adrenalin di 8 Tempat Wisata Extreme Berikut

Alam Indonesia sangat indah untuk dilewatkan. Dari Sabang hingga Merauke terdapat banyak sekali tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *