Home / Juguran / Life & Love / Tolak Revisi UU MD3, PB PMII Telah Resmi Mendaftarkan Gugatan Judicial Review ke MK

Tolak Revisi UU MD3, PB PMII Telah Resmi Mendaftarkan Gugatan Judicial Review ke MK

Oleh: Ummucim
@Kampusked.com – Jakarta, PMII menolak revisi UU MD3 yang dianggap terdapat sejumlah pasar yang mengkriminalisasi hak berpendapat rakyat. Diantaranya pasal 73, pasal 122 huruf (k), dan pasal 245. Ketiga pasal tersebut dipandang berpotensi membungkam suara demokrasi.
PB PMII pun telah resmi mendaftarkan gugatan judicial review ke Mahkamah Konstitusi yang dihantarkan langsung oleh Ketua Umum PB PMII Agus Mulyono Herlambang, didampingi oleh sekretaris Jendral PB PMII Sabolah Alkalambi, Bendahara Umum PB PMII Muhammad Risal, Sekretaris Jenderal Kopri PB PMII Nurma Nengsi dan Ketua LBH PB PMII La Radi Eno.
“Negara demokrasi sangat memberi kebebasan kepada rakyatnya untuk memberikan kritikan kepada para wakilnya. Di negara demokrasi juga tidak boleh ada kekebalan hukum, semua sama di mata hukum,” ujar Agus dalam aksi siang tadi.
Ketua LBH PB PMII La Radi Eno juga menegaskan bahwa UU MD3 ini menakutkan rakyat untuk memberikan kritikan pada anggota DPR. Selain itu, anggota DPR juga akan kebal hukum. Sebab tidak bisa diperiksa jika tidak ada persetujuan dari Presiden setelah mendapat pertimbangan Mahkamah Kohormatan Dewan (MKD),”tambahnya pada saat wawancara pasca pengajuan judicial review di depan MK. (um)

About Ummu Cim

Karena kebahagiaan adalah ambisi yang terealisasi, jadi cintailah ambisimu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *