Home / NgeTrip / Tips Wisata Kuliner Hemat dan Kenyang Ala Mahasiswa
kompasian.com

Tips Wisata Kuliner Hemat dan Kenyang Ala Mahasiswa

“Maklum mahasiswa”, kalian sering nggak dengar kalimat kayak gitu? Atau bahkan kalian sendiri sering mengucapkannnya? Kalimat “maklum mahasiswa” biasanya identik dengan urusan finansial yak. Misal kalau ada acara seminar gratis kalian berjubel deh berebut ikut, dalihnya “maklum mahasiswa (suka yang gratisan).

Memang, mahasiswa terkesan kere, kecuali yang memang keturunan keluarga kaya dan bergaya hidup mewah. Dalam hal makan, mahasiswa dengan isi dompet pas-pasan, biasanya akan memilih makanan yang murah tapi banyak.

Nah, berikut ini ada tips wisata kuliner hemat ala mahasiswa. Selain hemat, kalian juga bisa manikmati makanan yang lezat juga loh. Yuk simak tipsnya:

1. Tentukan budget

hermansite.com

 

Yang pertama tipsnya standar banget sih, yaitu kalian harus tentukan budget. Silahkan cek isi dompet masing-masing, masih ada uang atau cuma kertas tagihan hutang. Hitung uangnya, kira-kira hari ini perlu alokasi uang berapa banyak untuk makan, masih ada nggak uang buat makan besok, buat fotokopi, iuran kas, buat dimasukin ke kotak amal (subhanallah), dan buat yang lainnya.

Hari ini ya hari ini, besok ya besok. Yang penting hari ini makan, besok ya urusan besok. Ada yang berpegang pada pendirian kayak itu? Okeh, sah-sah aja sih. Cuma, kalau bisa mengalokasikan budget seminimal mungkin untuk hari ini, kenapa harus mengabiskan uang yang sebenarnya bisa untuk makan esok hari?

2. Cari tempat makan yang nasi dan lauknya ambil sendiri

traveling.maslatip.com

 

Selanjutnya cari tempat makan yang nasi dan lauknya ambil sendiri. Kalian bisa ambil nasi sesuka hati, sekuat perut kalian, dan kalian juga bisa pilih lauk sesuai selera dan budget. Biasanya, di warung-warung model kayak gini harga nasi dihitung sama rata. Ambil sedikit ya sekian ribu bayarnya, ambil banyak juga sekian ribu. So, kalian mau ambil nasi seberapa nih?

Untuk sayur ada yang dihitung sama rata, ada juga yang nggak. Kalau lauk, kayak ayam, tahu, tempe, telor, nah itu pasti harganya beda-beda.

3. Cari tempat makan yang air mineralnya ambil sendiri dan gratis

youtube.com

 

Yang ketiga, sepele sih sebenernya, yaitu cari tempat makan yang air beningnya ambil sendiri dan gratis. Kalau kalian makan di tempat kayak gini bakalan mengurangi budget untuk beli minum. Kenapa? Karena kalian nggak perlu bayar air bening per nambah satu gelas, atau nggak perlu pesen es teh dan semacamnya ketika segelas air bening gratisan kalian habis dan tenggorokan masih seret.

4. Rajin cek akun instagram wisata kuliner setempat

katalogpromosi.com

 

Yang keempat, rajin cek akun instagram wisata kuliner setempat. Nggak punya kuota? Jadilah wifi hunter sementara, atau selamanya kalau betah. Akun instragam wisata kuliner pasti akan memposting tempat-tempat makan, baik yang baru maupun lawas.

Nah, biasanya, tempat makan baru akan melakukan grand opening dengan menawarkan paket makan murah atau bahkan gratis, dengan dan atau tanpa syarat. Lumayan kan, bisa makan enak dengan harga murah.

Bayangkan, kalau dalam satu bulan ada empat tempat makan yang mengadakan promo, maka kalian bisa makan enak selama empat kali, plus foto di tempat tersebut ala-ala sosialita. Posting di instagram, kasih caption yang sok bijak.

Nah, itu dia geng, empat tips wisata kuliner hemat dan kenyang ala mahasiswa. Kalian ada tips lain? Kalau ada, boleh kok ditambahkan. Buat nambah referensi keilmuan dalam bidang kuliner ramah mahasiswa.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Seputar Jurusan Ilmu Perpustakaan

Kalian sering ke Perpustakaan? Emh, atau paling nggak ya pernah kan ke Perpustakaan? Buku-buku yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *