Home / Ngampus / Tips Menulis Esai untuk Apply Beasiswa LPDP
amaldoft.wordpress.com

Tips Menulis Esai untuk Apply Beasiswa LPDP

Ada banyak beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Indonesia, namun satu yang paling bergengsi yaitu beasiswa LPDP. Beasiswa ini memungkinakan ribuan mahasiswa Indonesia untuk bisa berkuliah di luar negeri secara gratis.
Beasiswa LPDP menjadi beasiswa yang paling banyak diburu oleh Scholarship hunter. Barangkali kalian juga menjadi salah satunya yak.

Beasiswa LPDP menyediakan beasiswa untuk jenjang S2 ke atas, meliputi magister dan doktor. Bidangnya pun bermacam-macam, ada pertanian, hukum, ekonomi, kedokteran, psikologi, sosial budaya, dan masih banyak lainnya. Kalian bisa memilih sesuai minat masing-masing.

Nah, dari sekian banyak persyaratan untuk mendapatkan beasiswa tersebut, kali ini kita akan membahasa salah satunya, yaitu membuat essay kontribusi. Essai ini sangat penting karena akan mementukan apakah kalian lolos ke tahap seleksi selanjutnya atau harus berusaha lagi di kesempatan yang akan datang.

Bagaimana cara menulis essai yang baik untuk apply beasiswa LPDP? Yuk simak.

1. Tentukan Fokus

www.arikurniawan.net

 

Di dalam instruksi pembuatan esai LPDP, terdapat dua pilihan tema, yaitu:

a. Kotribusiku bagi Indonesia:

Kontribusi yang dimaksud di sini yaitu kontribusi telah, sedang, dan akan kalian lakukan untuk masyarakat, lembaga, instansi atau profesi di komunitas kalian.

b. Sukses terbesar dalam hidupku

Untuk tema pertama ada sedikit perubahan dari tema sebelumnya, tapi tidak begitu banyak perbedaannya hanya sedikit lebih detail saja.

Kesalahan yang seringkali dilakukan pada tema pertama yaitu, kebanyakan orang menuliskan banyak sekali kontribusi yang telah dilakukan. Hal tersebut justru membuat tulisannya tidak fokus. Lebih baik menuliskan satu topik saja yang memang sesuai dengan bidang yang kalian tekuni. Misalnya kalian fokus di bidang pendidikan non formal, maka kalian ceritakan kontribusi dalam bidang tersebut.

Selanjutnya, untuk tema kedua, kalian bisa kaitkan dengan isi essai pertama. Ingat! Usahakan hanya bercerita satu topik saja, kemudian kalian kembangkan sebagai gambaran cita-cita kalian kelak. Fokus kepada satu topik akan memudahkan kita dalam menulis. Inti dari essai tersebut adalah bagaimana kita tuangkan harapan dan impian untuk Indonesia yang lebih baik di masa mendatang.

2. Sesuaikan Isi Esai dengan Visi Misi Penyelanggara

www.iageoupn.or.id

 

Pastikan kalian telah membaca dan memahami tentang beasiswa LPDP dan tujuan diadakannya beasiswa tersebut. Hal tersebut penting agar esai yang kalian tulis akan sesuai dengan visi misi penyelenggara dan mereka yakin bahwa kalian adalah orang yang tepat untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Beasiswa LPDP diberikan kepada mahasiswa Indonesia agar sepulang menuntut ilmu di luar negeri, mereka bisa memberikan kontribusi bagi Indonesia. Oleh karena itu, akan menjadi nilai tambah apabila kalian bisa menuliskan aspirasi dan kontribusi bagi Indonesia usai selesai menempuh pendidikan kelak.

3. Tulis Essai Sesuai Struktur yang Baik dan Benar.

www.strukturvt.com

 

Tulislah esai sesuai dengan struktur yang baik dan benar, yaitu pendahuluan, isi, penutup. Namun yang perlu diingat, di dalam essai tersebut tidak perlu dituliskan per bab. Cukup kalian menulis sesuai dengan alur pendahuluan hingga penutup. Tulis secara runtut dan benar. Jangan sampai pembahasannya loncat kesana kemari karena kalian tidak memahami struktur essai yang benar.

Menulis esai secara tersruktur akan memudahkan kalian meuangkan ide. Pembaca juga akan lebih mudah mencerna isi dan inti esai kalian. Selain itu, hal tersebut juga menunjukkan bahwa kalian berfikir secara struktur dan visioner.

Misal kalian akan menulis esai tentang memajukan pendidikan literasi di Indonesia. Maka, pada paragraf berikutknya tuliskan tentang berbagai masalah yang kalian temukan terkait hal tersebut. Sertakan argumen-argumen yang kuat serta contoh konkret yag telah dan akan kalian lakukan.

Ketika kalian menuliskan sebuah masalah, maka sertakan juga soluisnya. Jangan hanya menuliskan tentang masalah tanpa memberi solusi. Hal tersebut akan berakibat fatal. Selanjutnya, di paragraf terakhir tuliskan kesimpulan dan harapan kalian untuk kedepannya.

4. Buatlah Pendahulaun yang Meyakinkan dan Penutup yang Mengesankan

amaldoft.wordpress.com

 

Kebanyakan orang akan merasa kesulitas untuk membuat pendahulan. Bahkan, untuk menuliskan bagian ini, kalian biasanya akan lebih memakan banyak waktu. Tidak apa-apa, segala sesuatunya memang butuh kerja keras. Ketika kalian berhasil membuat pendahuluan yang menyakinkan, maka hal tersebut akan menjadi awalan yang membuat pembaca ingin melanjutkan membaca hingga akhir esai kalian.

Nah, sekian tips menulis esai untuk apply beaiswa LPDP. Semoga bermanfaat yak. Pantang menyerah untuk kalian Scholarship Hunters.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *