Sudah menjadi tradisi masyarakat kita, menjelang hari raya Idul Fitri, orang-orang akan berburu baju baru untuk bayi, anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Pusat-pusat perbelanjaan seketika ramai, padahal biasanya hanya segelintir orang saja yang belanja. Itu pun kadang ‘lihat-lihat dulu ya, Mbak’. Namun lain halnya menjelang Idul Fitri, mau bilang ‘lihat-lihat dulu’ gimana, lha wong bisa masuk ke toko dan memegang baju saja sudah bersykur banget. You know lah, sesak dan susahnya menerobos kerumunan orang yang sedang gila belanja. Terlebih kalau ada diskon. Istighfar banyak-banyak deh, takutnya pingsan. Nggak lucu kan kalau di headline ‘Seorang wanita pingsan karena terdesak dan terinjak saat berburu baju lebaran’. Hmm.

Tapi lebih lucu lagi kalau tiba-tiba sedang silaturahmi eh bertemu dengan orang yang pakaiannya samaan sama kita. Kikuk nggak sih? Kalau aku sih iya, tjuy. Bahkan nih, untuk beberapa orang sangat ilfil dengan keadaan demikian. Rasanya pengin balik ke rumah dan ganti baju. Hiyuhhh.

Supaya momen ilfil kek gitu nggak kamu alami, kamu bisa nih menerapkan tips berikut ini.

1. Jahit pakaian

trainingusaha.com

 

Tips pertama, kamu bisa menjahitkan kain untuk dijadikan pakaian sesuai dengan keinginan. Tips ini dijamin aman, terlebih jika kamu memiliki selera desain pakaian yang aneh atau unik. Seribu banding satu deh kemungkinan ada orang yang menyamai pakaianmu. Jika ingin menggunakan tips pertama ini, kamu harus melakukannya jauh-jauh hari, tjuy. Pemilihan jenis kain, warna, dan tukang jahit akan menentukan hasil dari desain suka-suka kamu.

2. Pilih pakaian polos

kudo.co.id

 

Jika kamu tidak sempat menjahitkan kain, kamu bisa menggunakan tips yang kedua, yakni pilih pakaian polos. Why? Karena pakaian polos walaupun samaan nggak terlalu mencolok. Untuk lebih aman, pilih pakaian polos warna putih. Warna ini terkesan umum, artinya ya wajar memakai pakaian warna putih di hari lebaran. Kalaupun modelnya ada yang sama pun nggak terlalu kelihatan kok. Kecuali ada aksen brukat atau bordiran.

3. Nggak harus mengikuti trend

feminaxstayactive.com

 

Setiap tahunnya, trend baju lebaran selalu berganti. Sebagian besar orang akan tergiur untuk memilih pakaian yang sedang trend, biar kekinian katanya. Tapi tjuy, sebenarnya nggak harus mengikuti trend kok. Tips ketiga ini bisa banget membantu kamu supaya terhindar dari momen kikuk ketika bertemu dengan orang yang bajunya samaan sama kamu saat lebaran. Jadilah dirimu sendiri, pilih pakaian sesuai dengan gayamu, soulmu. Keuntungan lainnya, kamu akan lebih nyaman karena jadi diri sendiri. Selain itu, pakaian yang kamu kenakan tidak akan usang dimakan trend. Artinya, pakaian tersebut tetap kece badai jika kamu pakai di tahun depan.

4. Mengindar

id.wikihow.com

 

Kalau ternyata, nasib berkata lain. Tiba-tiba kamu melihat orang yang pakaiannya sama persis kayak yang kamu pakai, sebisa mungkin menghindarlah. Jangan sampai kalian melihat satu sama lain, terlebih dilihatin sama orang lain. Fyuhh, bisa bayangkan bagaimana tatapan mereka nggak sih?

5. Pasrah

hmpinews.blogspot.com

 

Apabila tips 1 sampai 4 gagal, tips terakhir yakni pasrah. Hmmm, bagaimana pun juga, namanya pakaian di pasaran diproduksi secara masal dengan jumlah yang bejibun, tjuy. Kalau kamu nggak ingin ada satu pun orang yang menyaimai ya sekalian beli barang branded yang limited edition dan pastikan di kampung nggak ada orang yang sanggup beli selain kamu. Nah, baru dah tuh nggak ada yang nyamain. Paham? Hampa?

Sekian tips kali ini, semoga lebaran ketemunya sama jodoh yak, bukan sama orang yang pakaiannya samaan kayak kamu. Kikuknya itu, loh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here