Home / Ngampus / Tiga Mahasiswa Asal Purbalingga Ukir Prestasi dalam Ajang InIIC Series 2 Tahun 2017
satelitpos.com

Tiga Mahasiswa Asal Purbalingga Ukir Prestasi dalam Ajang InIIC Series 2 Tahun 2017

Tiga mahasiswa asal Purbalingga mengukir prestasi yang gemilang di kancah Internasional. Mereka adalah Seivian Ginanta (24) dari Desa Toyareka, Kemangkon, Hardika Dwi Hermawan (25) dari Desa Cipaku, Mrebet, dan Purwatmaja Listiadhi Karana (24) dari Desa Selabaya Kalimanah.

Ketiganya, yang merupakan alumnus SMA NEGERI 1 Purbalingga, mendapatkan penghargaan pada ajang International Invention and Innovative Competition (InIIC) Series 2 Tahun 2017 yang diselenggarakan di Malaysia, beberapa waktu lalu.

Pada ajang tersebut yang diselenggarakan oleh MNNF (Mediate Nexus and Nuture a Fast) bekerjasama MNNF Publisher, Advanced Scientific Press (ASP) dan beberapa perguruan tinggi ternama di Malaysia, Selviana, Hermawan, dan Listiadhi tergabung ke dalam dua tim bersama tiga teman lainnya. Temuan mereka yaitu berupa program aplikasi Batik Detector dan program aplikasi Game Visit Indonesia mampu membuat mereka berhasil meraih medali perak.

Ada hal yang unik dari keberhasilan mereka, baik Hardika, Seivian, dan Listiadhi, mereka belajar di tiga perguruan tinggi yang berbeda. Seivian Ginanta saat ini masih kuliah di Ilmu Komputer UGM, Hardika Dwi Hermawan merupakan mahasiswa S2-Master of Science in Information Technology in Education (MITE), Faculty of Education, The University of Hong Kong (HKU), sedangkan Listiadhi Karana merupakan mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar, UNY. Meskipun demikian, mereka membuktikan bahwa ruang dan waktu tidak menyulutkan semangat untuk bersama-sama mengukir prestasi.

โ€œAjang bergengsi tingkat internasional ini diikuti 180 tim, dari berbagai negara. Di antaranya dari Thailand, Malaysia, Singapura, Hongkong, dan Indonesia,โ€ kata Hardika, ditemui di balai wartawan Purbalingga. (Satelit Pos, Sabtu, 25/11).

Hardika Dwi Hermawan, selaku pimpinan proyek mengatakan bahwa pada ajang InIIC ke 2 itu, dari pihaknya mengirimkan sebanyak dua tim yang merupakan kolaborasi mahasiswa dari UGM, UNY, dan HKU. Setiap tim terdiri dari lima orang, dan Hardika berada di dua tim, โ€œJadi ada 9 orang yang berlaga di lomba itu, karena saya berada di dua tim,โ€ ujar Hardika.

Tim pertama yang berada di bawah bimbingan Dr Fatchul Arifin MT, dosen Fakultas Teknik UNY, membuat program aplikasi Batik Detector. Tim tersebut dipimpin oleh Hardika Dwi Hermawan, beranggotakan Seivian Ginanta, Purwatmaja Listiadhi Karana, Kiky Ardinal (24) alumni D3 Teknik Sipil UNY, dan Irmadarus Sholekhah mahasiswa S2 Pend. Ekonomi UNY.

Tim kedua berada di bawah bimbingan Prof Sukirno MSi PhD, dosen Fakultas Ekonomi UNY. Tim tersebut membuat aplikasi program Game Visit Indonesia. Tim tersebut juga dipimpin oleh Hardika Dwi Hermawan, beranggotakan Umi Fatimah (26) alumni Pendidikan Teknik Informarika UNY, Agatha Saputri mahasiswa S-2 Pendidikan Ekonomi UNY, Dwi Pamudi Ismoyo mahasiswa Ilmu Pemerintahan UGM, dan Ambar Rizki Firdauz mahasiswa S-2 Evaluasi Pendidikan UNY.

Tujuan kompetisi ini menurut Sevian adalah untuk mencari solusi yang inovatif, hemat biaya, dan praktis guna mengatasi keterbatasan dan hambatan yang ada di masyarakat.

โ€œDalam kompetisi ini kami tidak membawa bendera salah satu perguruan tinggi. Kami kolaborasi tiga kampus, yakni UGM,UNY dan HKU,โ€ ujarnya.

Dalam hal biaya akomodasi, mereka mendapatkan bantuan dari kampus masing-masing. Khusus untuk pengurusan hak cipta Batik Detector, mereka dibantu oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UNY. Sedangkan untuk penelitian, presentasi karya di Thailand, dan publikasi jurnal internasional yang dilakukan sebelum lomba di Malaysia, mereka dibiayai oleh UNY, FIF, dan PT Cargil.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *