Pernah kepikiran nggak untuk belajar tentang seluk beluk bumi? Atau bahkan kamu sudah punya ketertarikan untuk mempelajarinya? Jika iya, jurusan yang satu ini cocok untuk kamu ambil, yakni Teknik Geologi. Jurusan ini juga sangat cocok untuk kamu yang suka ilmu alam, seperti biologi, fisika, kimia, matematika, dan geografi. Kalau yang tidak suka gimana dong? Emh, memang suka bukan ukuran nantinya kamu bisa sukses atau tidak, tapi setidaknya jika kamu suka maka akan ringan belajar selama kuliah, dalam artian tidak terbebani.

Sebelum membahas lebih lanjut seputar jurusan teknik geologi, jurusan ini sangat menarik dan menggiurkan loh. Kenapa? Karena di jurusan ini kalian juga akan mempelajarai apa yang dipelajari di jurusan teknik perminyakan dan pertambangan. Meskipun jurusan teknik geologi belum banyak diminati, prospek kerjanya cukup menjanjikan. Bidang keilmuannya pun fleksibel.

Semakin tertarik dan penasaran dengan jurusan yang satu ini? Yuk simak informasi berikut ini.

Apa itu Teknik Geologi?

geologinesia.com

 

Teknik Geologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang komposisi bumi, struktur, sifat-sifat fisik, sejarah, proses pembentukannya, permasalahan, serta solusi untuk menanganinya. Selain itu, di jurusan ini kamu juga akan belajar ilmu yang berkaitan dengan bumi seperti geotermal, pertambangan, perminyakan, mitigasi bencana dan lainnya. Bagaimana? Asyik kan? Dalam satu jurusan kamu bisa belajar banyak hal, tidak hanya ilmu bumi. Secara umum, ilmu yang dipelajari di jurusan teknik geologi berperan untuk mengatatasi masalah terkait sumber daya dan energi yang jumlahnya berbanding terbalik dengan jumlah manusia.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Geologi?

geologo.akprind.ac.id

 

Secara umum, mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknik geologi yakni sebagai berikut:

Geologi Dasar, Mineralogi, Ilmu Ukur Tanah, Metode Pemetaan Geologi, Analisis Stratigrafi, Analisis Batuan, Petrologi Batuan Metamorf, Mitigasi Bencana Geologi, Mikrofosil Foram, Eksplorasi Panas Bumi dan Suksesi Vulkanik, Geologi Isotop, Geologi Panas Bumi, Vulkanologi, Thermodinamika, Fisika, Paleontologi, Geokimia Umum, Geologi Struktur, Geomorfologi dan Penginderaan Jauh, Petrologi, Kartografi dan Ilmu Ukur Tanah, Manajemen Air Tanah, Geomekanika, Analisis Kestabilan Lereng, Geologi Struktur Indonesia, Mikro Paleontologi, Sedimentologi, Geologi Kelautan, Geofisika, Geologi Lapangan, Geokomputasi, Statistika, Hidrogeologi, Sistem Informasi Geografis, Geologi Batubara, Geologi Migas, Geologi Indonesia, Tektonika, Mineral Optik dan Petrografi, dan Geologi Sejarah.

Dari sekian banyak mata kuliah, beberapa yang dipelajari di kelas meliputi bentuk permukaan bumi, jenis batuan, meterial penyusun bumi, proses pembentukan dan sejarah bumi. Intinya, mata kuliah yang diajarkan di kelas meruapakan mata kuliah teoritis.

Selain di kelas, kamu juga akan belajar di laboratorium dan melakukan kerja lapangan seperti kuliah lapangan, ekskursi, dan field trip. Dari kuliah di luar kelas, daya eksplorasi kamu akan semakin terasah dan terlatih.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Geologi?

cozer.id

 

Prospek kerja lulusan teknik geologi cukup menjanjikan dan luas loh. Kamu bisa bekerja di sektor pemerintahan maupun swasta. Di sektor pemerintahan, kamu bisa bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Bappedalda, LIPI, BPPT, Bappedal dan di BUMN yang bergerak di bidang perminyakan, pertambangan, dan gas bumi seperti Bukit Asam maupun Pertamina.

Sedangkan di sektor swasta, kamu bisa bekerja di perusahaan minyak dan tambang seperti Antam, Kideco, Adaro dan lainnya. Posisi yang bisa diisi antara lain sebagai konsultan, kontraktor, staf ahli, maupaun lainnya.

Demikian informasi seputar jurusan teknik geologi. Jika kamu berminat masuk ke jurusan ini, segera gali informasi tentang kampus mana saja yang menyediakan jurusan teknik geologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here