Halo geng, kamu tertarik nggak sama desain dan konstruksi bangunan? Kalau iya, jurusan kece yang satu ini cocok banget buat kamu, yaitu Jurusan Arsitektur. Untuk bisa menekuni jurusan ini, yang diperlukan nggak sekedar tertarik sama desain dan kontruksi bangunan yak, kamu juga harus punya bakat matematika dan menggambar. Matematika diperlukan banget di Jurusan ini geng, soalnya dalam membuat desain dan kontruksi bangunan pasti dibutuhkan perhitungan dan ketelian. Nah, untuk bakat menggambar nggak perlu jago-jago amat kok, yang penting paham teknik dasar menggambar.

Biar lebih akrab sama jurusan kece ini, yuk simak cuplikan berikut.

Apa Itu Jurusan Arstitektur?

economy.okezone.com

Jurusan Arsitektur merupakan perpaduan antara seni dan teknik bangunan yang meliputi perencanaan, kontruksi, dan penyelesaian dekoratif. Jadi arsitektur itu Cuma tentang bangunan-bangunan? Nggak juga geng, arsitektur itu meliputi interior, landscape, kawasan sampai yang lebih luas lagi yaitu tentang perencanaan kota.

Yang Dipelajari Selama Perkualiahan Apa Saja?

kalbis.ac.id

Banyak orang yang salah kaprah tentang jurusan Arsitektur. Dikiranya, mahasiswa di jurusan ini cuma belajar menggambar. Padahal, banyak banget hal yang dipelajari, seperti teknologi rancang bangun, teknologi bahan, industri, ilmu struktur, dan kesemuanya itu membutuhkan ide kreatif yang perlu dilatih serta diasah, baik selama perkuliahan maupun di luar jam kuliah.

Mahasiwa Arsitektur bakalan diajari bagaimana cara mendesain bangunan, baik dalam skala terkecil hingga skala terluas.

Fokus keahlian jurusan Arsitektur dibagi menjadi 4 geng, yaitu:

1. Sains dan Teknologi Bangunan

2. Perancangan Arsitektur berbasis komputer

3. Lingkungan kota dan pemukiman

4. Analis Kritik dan Sejarah Arsitektur

Kamu tinggal pilih deh, kira-kira mau fokus di keahlian apa.

Kuliahnya Berapa Tahun?

property.kompas.com

Umumnya, program sarjana Arsitektur ditempuh selama 5 tahun. Sedangkan untuk Program Pascasarjana bisa memakan waktu antara 1 hingga 4 tahun.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Arsitektur?

twitter.com

Lapangan kerja untuk lulusan jurusan ini sangat luas, pasalnya kebutuhan manusia akan bangunan semakin meningkat. Nah, berikut ini adalah beberapa lapangan pekerjaan yang bisa kamu pilih ya geng:

1. Perusahaan Developer

Lulusan arsitektur bisa bekerja di perusahan developer atau pengembangan perumahan. Kamu bisa menjadi perancang bangunan ataupun rumah yang akan didirikan oleh perusahaan. Selain itu, kamu juga sekaligus bisa menjadi penanggungjawab dalam pengawasan lapangan selama proses pembangunan berlangsung.

2. Perusahaan Kontraktor

Kamu bisa bekerja di perusahaan kontraktor untuk merancang dan melaksanakan pembangunan sesuai dengan permintaan klien. Biasanya, bagi pegawai baru nggak langsung diberi posisi sebagai arsitek, tapi kamu bisa ditempatkan di bagaian lainnya seperti marketing, administrasi, maupun pembuatan kontrak. Nggak apa-apah lah ya geng, siapa tau bisa jadi batu loncatan. Ya kan?

3. Sebagai pegawai Negeri Sipil

Bagi kamu yang ingin jadi PNS nih. Kamu bisa bekerja di instansti pemerintah. Misalnya di Dinas Pemerintahan Daerah bagian tata ruang kota, pemukiman, prasarana wilayah. Selain itu kmu juga bisa bekerja di kementrian pekerjaan umum.

4. Tenaga Pengajar

Selain bekerja sebagai praktisi di bidang arsitektur, kamu juga bisa bekerja sebagai tenaga pengajar di kampus-kampus maupun SMK.

5. Konsultan Arsitek Mandiri

Bagi kamu yang tidak suka bekerja terikat di suatu perusahaan maupun instansi, kamu bisa bekerja secara mandiri atau freelance.

Nah, sekian geng bincang tentang jurusan Arsitektur. Kalau kamu tertarik, mantapkan dulu pilihanmu untuk kuliah di Jurusan Arsitektur dan pastikan pilih yang memang sudah terakreditasi yak, supaya nanti bisa membantu memudahkan dalam mencari pekerjaan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here