Kalian tertarik kuliah di Jerman? Udah ada gambaran belum mau kuliah di Universitas apa? Di Jerman banyak banget loh universitas dengan kualitas jempolan. Jangan sampai salah pilih ya. Nah, kali ini kita bakalan intip 6 Universitas Terbaik di Jerman. Tapi sebelumnya, kita cari tahu dulu yuk alasan kenapa Jerman menjadi salah satu dari tiga negara teratas dunia yang dipilih mahasiswa global sebagai tujuan kuliah. Ini dia alasannya.

Jerman Memiliki Kualitas Pendidikan Teratas di Dunia

Pendidikan tinggi Jerman merupakan salah satu yang terbaik kualitasnya di dunia, terutama dalam bidang sains dan teknik. Kualitas lulusan Jerman udah pasti sangat dihargai oleh perusahan multinasional. Bagi kalian yang berminat di bidang tersebut, cocok banget deh kalau pilih Jerman menjadi tujuan studi lanjut.

Selain itu, Universitas di Jerman juga sangat menekankan aspek praktikal yang memudahkan mahasiswanya mengaplikasikan keilmuan mereka. Soal magang, nggak perlu khawatir deh. Banyak perusahaan di Jerman yang dengan tangan terbuka memberi kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuannya di perusahaan tersebut.

Banyak Pilihan Jurusan yang Tersedia

Memang umumnya Universitas di Jerman berfokus pada bidang sains dan teknologi, namun secara luas Universitas di Jerman menyediakan banyak pilihan jurusan, mulai dari program sarjana hingga doktoral. Peluang beasiswa juga banyak loh guys.

Biaya Hidup Lebih Terjangkau

Dibandingkan dengan negara Eropa lainnya, biaya hidup di Jerman lebih terjangkau. Pengeluaran untuk makan, sewa, beli pakaian dan kegiatan lainnya senilai dengan rata-rata biaya di Uni Eropa. Selain itu, banyak potongan biaya yang tersedia bagi mahasiswa seperti tiket teater, museum, rumah opera, cinema dan tempat hiburan lain. Caranya cukup tunjukan kartu identitas mahasiswa, asyik ya? Eh, tapi ingat, kartu mahasiswanya yang masik berlaku ya.

Jerman Merupakan Negara yang Aman dan Indah

Fyi, Jerman menempati posisi sebagai negara yang aman dalam skala internasional. Polisi di sana selalu siap, siaga, dan sigap. Itu point amannya. Nah untuk point indahnya, Jerman memilki banyak pilihan destinasi wisata indah dan menawan, seperti Paris, Praha, Roma, Copenhagen dan lainnya.

Nah, itu beberapa alasan kenapa Jerman menjadi salah satu negara tujuan untuk studi lanjut. Selanjutnya, ini dia 6 Universitas terbaik di Jerman

1. Heidelberg University

www.heidelburg.edu

Merupakan universitas tertua di Jerman yang berlokasi di Heidelberg, Baden-Württemberg. Didirikan pada tahun 1386. Saat ini saat ini Heidelberg University memiliki 12 fakultas dan sekitar 100 disiplin ilmu di tingkat Sarjana, Magister dan Doktor.

Jumlah mahasiswa di universitas ini mencapai 30 ribu lebih, sedangkan dosen dan peneliti mencapai 5 ribu lebih (450 diantara bergelar profesor). Heidelberg University juga telah menjalin kerjasama dengan sekitar 13 pusat penelitian dan pembelajaran, baik di lingkungan kampus maupun di seluruh dunia.

Output dari Universitas ini ada yang menjadi pionir filsafat, penyair, teologian, ahli ilmu alam dan ilmu sosial. Ada juga nih yang jadi penggerak di bidang pendidikan. Yang lebih hebat lagi, ternyata Heidelberg University terhubung dengan 55 peraih Penghargaan Nobel, 18 peraih Penghargaan Leibniz dan 2 peraih Penghargaan Oscar.

2. Technische Universitat Munchen (dalam bahasa inggris disebut Munchen Technical University)

www.mygola.com

Universitas ini berlokasi di Munich, Freising-Weihenstephan dan Garching dan merupakan satu anggota TU9. TU9 adalah kumpulan dari 9 universitas yang terbaik, tertua dan terbesar di seluruh Jerman yang memiliki fokus pendidikan di bidang teknologi dan teknik.

Jumlah mahasiswanya mencapai 23 ribu meliputi tingkat Sarjana dan Pascasarjana, 9 ribu anggota staff dan 500 profesor. Technische Universitat Munchen memiliki 13 fakultas dan merupakan salah satu universitas yang berfokus di bidang penelitian di tingkat Eropa, selain itu memliki 13 orang peraih Penghargaan Nobel di berbagai bidang. Universitas terbaik kedua di Jerman ini memiliki ikatan dengan sedikitnya 10 lembaga riset.

3. Ludwig Maximilian University of Munich

www.alamy.com

Ludwig Maximilian University of Munich berlokasi di Munchen. Universitas ini juga termasuk salah satu yang tertua di Jerman. Gedung utamanya terletak di Geschwister-Scholl-Platz, namun kampusnya tersebar di seluruh Munich.

Ludwig Maximilian University ini memiliki 18 fakultas dalam berbagai disiplin ilmu dan memiliki sedikitnya 5 pusat penelitian yang terikat dengannya. Jumlah mahasiswanya mencapai 45 ribu. Universitas ini memiliki hubungan dengan 34 peraih Penghargaan Nobel.

4. University of Freiburg

www.gsp.uni-freiburg.de

Nama lengkap dari kampus ini adalah Albert Ludwig University of Freiburg. Berlokasi di Freiburg im Breisgau, Baden-Württemberg. Universitas ini merupakan universitas yang terkenal dalam bidang Humaniora, Ilmu Alam dan Ilmu Sosial.

University of Freiburg memiliki 11 fakultas dan 3 kampus pusat yaitu pusat universitas, kuarter institut dan kampus teknik. Selain 3 kampus tersebut, kampus dari Universty of Freiburg ini juga tersebar di seluruh kota Freiburg.

Jumlah mahasiswanya mencapai 21 ribu (16% nya merupakan mahasiswa Internasional). Ada yang beda loh dari kampus yang satu ini. University of Freiburg menerapkan sistem ramah lingkungan melalui kelompok Sustainable University of Freiburg dan di kampus ini juga terdapat Solar-Uni Freiburg yang dibuat dengan tujuan untuk keberlangsungan lingkungan dan selain itu juga digunakan untuk penelitian.

Sebanyak kurang lebih 12 institut local telah bekerja sama dengan University of Freiburg. Beberapa afiliasi dari University of Freiburg juga merupakan peraih Penghargaan Nobel dan Leibiniz.

5. Free University of Berlin

www.uncubemagazine.com

Universita ini berlokasi di jantung negara Jerman. Terkenal dalam bidang penelitian Humaniora dan Ilmu Sosial, walaupun di bidang Ilmu Alam dan hayatinya juga tidak kalah bagusnya. Free University of Berlin memiliki perpustakaan dengan inventori sebanyak 2,5 juta volume dan lebih dari 25 ribu jurnal di perpustakaan pusat. Ditambah dengan 49 perpustakaan di institutnya, Fyi nih, perpustakaan Free University of Berlin merupakan yang paling besar di Jerman.

Free University of Berlin memiliki 12 fakultas dan memiliki kerja sama dengan sekitar 11 pusat penelitian. Seperti halnya kampus-kampus besar lain di Jerman, Free University of Berlin juga memiliki ikatan dengan beberapa peraih Penghargaan Nobel dan Leibniz.

6. Karlsruhe Institute of Technology (KIT)

desrist2017.kit.edu

Yang terakhir ada Karlsruhe Institute of Technology yang juga merupakan anggota TU9. Universitas ini terletak di Karslruhe, Baden-Württemberg yang merupakan tempat bagi beberapa universitas-universitas besar di Jerman.

Karlsruhe Institute of Technology berdiri pada tahun 2009, ketika University of Karlsruhe bergabung dengan Karlsruhe Research Centre. Universitas ini memiliki 11 fakultas. Yang unik dari kampus ini yaitu terdapat Centre of Innovation and Entrepeneurship yang merupakan wadah untuk para mahasiswa, dosen serta staff yang ingin memulai dirinya untuk menjadi pengusaha. Atas inisiasinya tersebut, melalui Centre of Innovation and Entrepeneuship membuat Menteri Federal Ekonomi dan Teknologi Jerman serta European Social Fund turut menyumbangkan dananya disini. Keren kan? Kampus ini juga memiliki ikatan dengan beberapa orang yang meraih Penghargaan Nobel.

Yuk, dipilih-dipilih. Dari 6 Universitas di atas, kalian pilih yang mana nih buat dijadikan tempat studi lanjut? Silahkan pilih sesuai keinginan dan kemampuan yak. Semoga tulisan ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here