Halo geng. Kalian pernah nggak beli baju eh ternyata nggak sesuai kayak yang di gambar, atau bikin baju ke tukang jahit tapi hasilnya nggak sesuai sama keinginan kamu. Kalau pernah, rasanya pasti kesel. Ya kan?

Nah, dari pada kamu kesel dan cuma jadi penonton tren busana, mending kamu jadi orang yang tutut berkarya di dunia fashion. Caranya gimana? Salah satunya kamu bisa mengambil kuliah di jurusan Fashion Design.

Nah, sebelum kamu nyari kampus yang sesuai denga keinginan, mending baca informasi seputar jurusan Fashion Design terlebih dahulu, supaya nggak merasa salah jurusan nantinya.

Apa Itu Jurusan Fashion Design?

majalahouch.com

 

Jurusan fashion design secara umum mempelajari tentang ilmu merancang busana dengan berbagai spesifikasinya, antara lain pakaian anak, pakaian pesta, aksesoris dan bidang fashion lainnya. Tidak hanya belajar tentang ilmu merancang busana, mahasiswa fashion design juga diajari bagaimana cara memasarkan produk, cara menganalisis tren fashion, menciptakan tren fashion, hingga cara menggunakan berbagai tekonologi untuk menyeselaikan suatu karya.

Bagi kalian yang mempunyai ketertarikan di bidang fashion, jurusan ini cocok banget nih. Tapi, yang perlu kamu ketahui bahwa jurusan ini merupakan salah satu jurusan dengan biaya kuliah mahal, seperti halnya kedokteran dan arsitektur. So, siapkan biayanya juga yak.

Keahlian Apa Saja yang Wajib Dimiliki oleh Mahasiwa Fashion Design?

www.print-tekstil.com

 

Sebenarnya banyak banget keahian yang harus dipelajari dan dikuasi oleh mahasiwa fashion design selama perkuliahan, tapi yang paling utama adalah beberapa keahlian sebagai berikut:

Artistik

Mahasiswa fashion design dituntut untuk bisa menuangkan ide kreatif mereka ke dalam sebuah gambar. Mereka harus bisa dan terbiasa membuat sketsa produk desain dari nol, kemudian membuat contoh produknya (prototype).

Komputer

Mahasiswa fashion design wajib menguasai komputer sebagai salah satu teknologi untuk membuat rancangan. Program yang biasa digunakan yakni CAD dan beberapa software pengeditan gambar.

Kreativitas

Menjadi mahasiswa fashion design, kamu mutlak harus memiliki kreatifitas. Kreatifitas tersebut dituangkan ke dalam sebuah desgin. Tidak hanya keratif dalam menciptakan desain, kamu juga harus keratif memadukan berbagai jenis bahan, tekstil, warna, dan bentuk. Sehingga produk yang kamu ciptakan tidak hanya bernilai estetika namun juga memiliki nilai fungsional.

Membuat Keputusan

Dalam industri fashion, biasanya kamu akan beekerja dalam tim yang tentunya banyak ide bermunculan dari masing-masing anggota. Untuk itu, kamu harus pandai membuat keputusan agar sesuai dengan permintaan klien maupun proyek.

Detail

Sebagai mahasiswa fashion design, kamu dituntut untuk jeli terhadap segala jenis detail dari produk, mulai dari bahan, warna, hingga tekstur produk fashion.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Fashion Design?

Setelah lulus, kamu nggak perlu bingung geng, ada banyak profesi yang bisa kamu pilih nih, antara lain:

1. Fashion Designer

edukar.by

 

Kamu bisa menjadi perancang busana untuk sebuah perusahaan. Bagi kamu yang ingin bekerja secara mandiri, kamu bisa membuka usaha sendiri. Merancang busana kemudian dijual, baik secara online maupun offline.

2. Fashion Merchandising & Fashion Buying

www.theodysseyonline.com

 

Untuk menekuni profesi ini, kamu harus selalu up to date dengan perkambangan fashion terbaru. Tugas dari seorang Fashion Merchandising yaitu mengkalkulasikan daya beli pasar serta memastikan produk tersedia dan siap didistribusikan di waktu yang tepat. Sedangkan untuk menjadi seorang fashion buying, kamu harus mampu mempredisikan tren yang akan populer sebelum pasar mengenalnya.

FYI nih geng, kedua profesi tersebut merupakan jabatan penting dalam sebuah indrustri fashion.

3. Fashion Marketing & PR

www.manchesterfashion.com

 

Tugas dari seorang Fashion Marketing & PR yaitu menciptakan sebuah tren sekaligus menyebarluaskan berita tentang tren terbaru. Segala hal terkait pemasaran merupakan tugas dari profesi ini, mulai dari iklan hingga strategi agar suatu produk fashion laku di pasaran.

4. Jurnalis Fashion

yellowcabin.com

 

Bagi kamu mahasiwa fashion design yang juga hobi menulis, profesi ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Seorang jurnalis fashion bisa bekerja di sebuah instansi maupun perusahaan, misalnya majalah, surat kabar, dan media lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja lepas, misalnya menjadi blogger fashion desgin. Agar blog kamu lebih banyak konseksi, sebaiknya mulailah ngeblog sejak masih kuliah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here