Home / Ngampus / Seputar Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya
smancilforitb.blogspot.com

Seputar Teknik Pertambangan dan Prospek Kerjanya

Barangkali, kamu termasuk orang yang tertarik kuliah di jurusan teknik namun belum tahu akan mengambil program studi apa. Jika iya, kamu bisa mempertimbangan program studi teknik pertambangan sebagai pilihan, loh. Pasalnya, prospek kerja dan gaji lulusannya sangat menjanjikan sebagaimana teknik perminyakan.

Penasaran seperti apa sih program studi teknik pertambangan? Yuk simak.

Apa itu Teknik Pertambangan?

ilmupertambangan.wordpress.com

 

Program studi Teknik Pertambangan merupakan salah satu cabang dari ilmu teknik. Teknik Pertambangan berfokus pada ilmu eksplorasi dan eksploitasi bahan galian atau sumber daya mineral, seperti emas, perak, besi, alumunium, batu bara dan sebagainya.

Apa Saja yang Dipelajari di Teknik Pertambangan?

youtube.com

 

Jika kamu mengambil program studi tekni pertambangan, kamu akan mempelajari berbagai hal terkait dengan proses pertambangan, meliputi prospeksi atau enyelidikan umum, eksplorasi penambangan, eksploitasai atau pengolahan bahan tambang, pengangkutan, hingga pemasaran hasil tambang.

Adapun mata kuliah yang dipelajari yakni antara lain kalkulus, pengantar teknologi sumber daya bumi, fisika dasar, geologi dasar, eksplorasi tambang, kristalografi dan mineralogy, teknik gas bumi, matematika teknik, fisika teknik, teknik reservoir, manajemen pertambangan, ekonomi mineral, komputasi tambang, mekanika batuan, geomorfologi, kebijakan mineral, teknik peledakan, teknik eksplorasi, metalurgi umum, pemetaan geologi, AMDAL pertambangan, hidrogeologi, ksehatan dan keselamatan kerja, geoteknik tambang, sistem penyaliran tambang, evaluasi proyek tambang, gambar tekni, mekanika teknik dan mekanika tanah.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Pertambangan?

smancilforitb.blogspot.com

 

Di dalam bumi terdapat kekayaan alam yang berlimpah. Untuk bisa memanfaatkannya secara maksimal tanpa merusak, manusia memerlukan cara terbaik untuk mengeksplorasinya. Di perut bumi Indonesia sendiri, tersimpan banyak mineral dan logam mulia. Sayangnya, Indonesia belum mampu mengelolanya secara mandiri. Bahkan, banyak perusahaan asing yang jutsru memegang sektor pertambangan di Indonesia. Harus diakui bahwa memang mereka lebih unggul. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan kamu bisa bekerja di perusahaan asing yang ada di Indonesia atau bahkan di luar negeri.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini sektor yang bisa kamu bidik untuk berkarir

1. Instansi Pemerintahan dan BUMN

Bekerja di instansi pemerintahan dan BUMN memang menggiurkan. Gaji pokoknya tinggi dan ada juga biaya tunjangan. Bagi kamu yang ingin berkarir di instansi pemerintahan dan BUMN, kamu bisa mencoba mendaftar di Kementrian Perdagangan dan Perindustrian, Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kementrian Dalam Negeri, dan sebagainya yang membuka lowongan pekerjaan untuk lulusan teknik pertambangan.

Sedangkan untuk BUMN, kamu bisa mendaftar sebagai pegawai di Perum Gas Negara, PT.Bukit Asam, Pertamina, PLN, PT. Timah, dan PT. ANTAM (Aneka Tambang).

2. Perusahaan Pertambangan Swasta

Perusahaan pertambangan swasta juga menawarkan gaji yang menggiurkan loh. Antara lain yakni PT. Semen Tonasa, PT. Bosowa Mining, PT. Hemako, PT. Freeport, Persero Batubara, Mobil Oil, PT. Berau Coal, PT. INCO, Santa Fee, United Tractors, PT. Newmont, PT. Tanito Harum, PT. Adaro, PT. Hemako, PT. Tambang Aspal Buton KODECO, Exon Mobile, Petrochina, Union Oil Indonesia, PT.NAL, PT Berau Coal, dan lain sebagainya.

3. Tenaga Pengajar/ Dosen

Bagi kamu yang memiliki passion dalam bidang mengajar, kamu bisa meniti karir di dunia pendidikan yakni sebagai tenanga pengajar atau dosen di perguruan tinggi yang membuka program studi teknik pertambangan.

4. Wiraswasta Pertambangan

Bagi kamu yang memiliki passion di bidang bisnis, tidak ada salahnya untuk menjadi wiraswasta pertambangan, misalnya mendirikan perusahaan pengolahan minyak dan gas bumi. Namun, perlu diingat bahwa untuk mendirikan sebuah perusahaan tidaklah mudah. Semua diawali dari nol dan membutuhkan perhitungan yang matang. Oleh karena itu, sebelum memutuskan untuk berwiraswasta di bidang pertambangan, ada baiknya kamu bekerja terlebih dahulu. Dari bekerja itulah kamu akan mendapatkan pengalaman yang bisa dijadikan bekal untuk membuka perusahaan sendiri.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *