Home / Ngampus / Seputar Teknik Perminyakan dan Prospek Kerjanya
mamikos.com

Seputar Teknik Perminyakan dan Prospek Kerjanya

Berbicara tentang jurusan teknik memang tidak ada habiskan. Lapangan pekerjaan terbuka luas untuk para lulusan teknik. Jurusan teknik sendiri memiliki berbagai cabang yang sebagain besar memiliki prospek kerja yang menggiurkan dengan gaji yang fantastis, salah satunya yakni teknik perminyakan. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Teknik Perminyakan?

academicindonesia.com

 

Teknik perminyakan merupakan program studi di bawah fakultas teknik yang berfokus pada pencarian dan penggalian sumber minyak dan gas di bawah permukaan bumi menggunakan cara paman dan efisien sehingga mampu membawa sumber daya tersebut ke muka bumi untuk diolah dan digunakan oleh masyarakat dunia.

Tidak hanya itu, teknik perminyakan berperan besar dalam menciptakan dan mengembangkan energi yang lebih bersih serta meminimalisir emisi karbon. Para ahli teknik perminyakan juga berperan dalam menjaga ketersediaan energi di bumi.

Apa yang Dipelajari di Teknik Perminyakan?

seekingaplha.com

 

Kuliah di program studi teknik perminyakan tentu tidak jauh dari segala hal yang berkaitan dengan matematika, fisika dan kimia. Pada semester awal, mahasiswa akan mempelajari mata kuliah teknik dasar, seperti geologi, pengeboran, alur cairan, penyimpanan minyak, produksi minyak, serta analisa cadangan minyak.

Pembelajaran tidak memululu dilakukan di dalam kelas. Pada kesempatan tertentu, kamu harus mengikuti kegiatan praktikum di laboratorium. Praktikum yang dilaksanakan antara lain praktikum analisa lumpur pemboran, peragaan pemboran, analisa semen pemboran, uji sumur, analisa inti batuan, analisa fluida reservoir, penilaian formasi, dan peragaan produksi.

Tidak tanggung-tanggung, ada juga universitas yang mengadakan kunjungan langsung bersama mahasiswanya ke perusahaan minyak dan gas agar mahasiswa mengetahui bagaimana kerja industri perminyakan di lapangan.

Di samping mempelajari tentang perminyakan, mahasiswa juga dibekalai dengan kemapuan bahasa dan ekonomi. Hal tersebut untuk mendukung profesionalitas lulusannya, karena berkariri di perminyakan menuntut adanya kerjasama dalam tim. Oleh karena itu, kemampuan bekerjasama, berkomunikasi, menulis proposal dan laporan mutlak diperlukan.

Tidak hanya itu, bagi kamu yang memang bertekad terjun di dunia tekik perminyakan, kamu harus senentiasa meng-upgrade pengetahun di bidang tersebut, mengingat kemajuan teknologi yang semakin pesat dan perubahan kondisi bumi yang semakin mengkhawatirkan.

Adapun mata kuliah yang dipelajari di program studi teknik perminyakan antara lain yakni kalkulus, fisika dasar, kimia dasar, sistem alam dan semesta, pengantar teknologi dan sumber daya bumi, termodinamika dasar, matematika teknik, geologi dasar, pemrograman komputer, fluida reservoir, teknik reservoir, petrofisika, geologi migar, mekanika kekuatan material, teknik gas bumi, teknik panas bumi, serta pengolahan lapangan dan transportasi.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Perminyakan?

mamikos.com

 

Beberapa profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulusa dari program studi teknik perminyakan antara lain:

1. Ahli Geologi

Tugas seorang ahli geologi yakni mencari minyak mentah dan gas alam, mempelajari formasi batuan dan potongan dari situs pengeboran agar pengeboran berjalan dengan efekti dan aman. Selain itu, ahli geologi juga bertugas menganalisis data dari survei geologi, studi seismetik, dan peta lapangan untuk membantuk menemukan sumber minyak dan gas.

2. Ahli Geofisika

Dalam bekerja, seorang ahli geofisika menggunakan prinsip gabungan antara matematika, fisika dan kimia. Mereka mempelajari komposisi eksternal dan internal bumi serta tanah dan air di permukaan, atmosfer, hingga medan magnet dan gravitasi. Tujuannya adalah untuk mencari cadangan minyak dan gas.

3. Insinyur Pengeboran

Melalukan pengeboran membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, diperlukan insiyur pengeboran yang memang ahli dalam mengebor. Biasanya, insinyur pengeboran akan bekerjasama dengan kontraktor untuk menentukan lokasi serta merancang prosedur efisien dan efektif untuk melakukan pengeboran.

Selain profesi yang telah disebutkan di atas, lulusan program studi teknik perminyakan bisa bekeja berbagai perusahaan sektor migas, baik skala nasional maupun internasional seperti Pertamina, Chevron, Medco, Total dan lainnya. Sektor pemerintahan juga melirik para lulusan teknik perminyakan untuk bekerja di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), dan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas).

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Minum Menggunakan Sedotan, Esensinya Apa?

Apakah kamu termasuk spesies manusia sehat yang minum menunggunakan sedotan plastik? Jika iya, kamu adalah …

Malu Bertanya, Sesat di Perasaan

Pernah mendengar ungkapan ‘malu bertanya sesat di jalan’? Ungkapan tersebut sudah familiar di telinga kita, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *