Home / Ngampus / Seputar Teknik Perkapalan dan Prospek Kerjanya
titianbakat.com

Seputar Teknik Perkapalan dan Prospek Kerjanya

Ingin kuliah di program studi antimaenstream dengan prospek kerja yang luas? Coba deh cari tahu program studi teknik perkapalan, kali aja cocok. Yuk langsung aja simak .

Apa itu Teknik Perkapalan?

titianbakat.com

 

Teknik Perkapalan disebut Naval Architect Engineer. Keren nggak namanya? Pgrogram studi tersebut biasanya berada di bawah fakultas teknik. Secara umum, program studi teknik perkapalan mempelajari tentang segala hal tentang kapal, mulai dari merancang bentuk kapal, kebutuhan daya mesin, stabilitas kapal, struktur produksi, berbaikan, hingga pengoperasian kapal. Intinya, program studi ini akan membuat kamu mahir dalam bidang perancangan dan pembangunan kapal (naval architecture and shipbuilding).

Apa yang Dipelajari Selama Masa Pekuliahan?

alifnavalarchitech.wordpress.com

 

Sebenarnya, mata kuliah yang harus dipelajari di program studi teknik perkapalan sangat banyak. Beberapa diantarnya yakni pengantar teknik perkapalan, mekanika teknik, teori bangunan kapal, termodinamika, matematika terapan, proses produksi, konstruksi kapal, ekonomi teknik, permesinan kapal, kekuatan kapal, perancangan kapal, tahanan dan populasi kapal, getaran kapal, elemen mesin, manajemen pelayara, manajemen pelabuhan, menggambar teknik, metode numerik dan komputer, dinamika kapal, teknologi las, simulasi dan permodelan, kapal militer, perencanaan operasi kapal, sistem transportasi laut, teknologi perawatan dan reparasi kapal.

Melalui mata kuliah yang telah disebutkan di atas, kamu akan memiliki keahlian berupa perencanaan kapal yang merupakan penerapan dari teori bangunan kapal, keahlian bidang kekuatan, struktur hingga teknologi pembangunan dan reparasi kapal, dan beberapa keahlian tambahan lainnya yang semakin membuat kamu mumpuni dalam bidang perkapalan.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

twitter.com

 

Soal prospek kerja, kamu tidak perlu khawatir. Karena ilmu perkapalan sangat penting penerapannya dalam mengembangakan kelautan di Indonesia, misalnya kapal sebagai alat transportasi, rekreasi laut, fishing, eksplorasi hidrokarbon laut, hingga digunakan sebagai alat transportasi untuk menjaga keamanan perairan Indonesia.

Kebutuhan kapal yang semakin meningkat akan meningkatkan produksi pula. Oleh karena itu, kebutuhan sumber daya manusia yang ahli dalam bidang perkapalan juga semakin dibutuhkan. Berikut ini beberapa profesi yang bisa kamu jadikan ladang rejeki setelah lulus dari program studi tekni perkapalan.

1. Marine Engineer

Marine Engineer merupakan prospek kerja yang paling utama bagi lulusan program studi Teknik Perkapalan karena sangat sesuai dengan kompetensi yang didapatkan selama perkuliahan. Kamu bisa mencoba mendaftar di berbagai perusahaan pembuat kapal terkemuka seperti Global Maritime, McDermott, dan Saipem.

2. Surveyor Production

Membuat sebuah kapal merupakan hal yang rumit dan melibatkan banyak pihak. Kamu bisa ambil bagian sebagai surveyor, baik untuk perusahaan klasifikasi maupun bekerjasama secara langsung dengan pihak-pihak yang berkepentingan dalam membuat kapal tersebut.

3. Instansi Pemerintahan

Menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) memang menggiurkan. Tidaka ada salahnya, seteleh lulus dari program studi teknik perkapalan, kamu mendaftar menjadi PNS di berbagai instansi pemerintah yang berkaitan dengan perkapalan, antara lain Kementrian Kelautan dan Kementrian Perindustrian.

4. Pengusaha

Bekerja di instansi pemerintah maupun swasta tidak selamanya aman. Bagi kamu yang memang meiliki passion dan bakat bisnis, tidak ada salahnya terjun ke dunia enterpreunership. Tentunya, banyak hal yang harus kamu siapkan jika ingin terjun ke dunia bisnis, antara lain mental dan relasi.

Selain bekerja di berbagai sektor yang berkaitan dengan kapal, kamu juga bisa bekerja di pelayaran kapal pesiar. Hal tersebut cukup memungkinkan kaena mahasiswa program studi teknik perkapakan juga mempelajari tentang perawatan kapal. Tidak hanya itu, selama perkuliahan kamu juga belajar tentang kelistrikan, mesin, maintenance kapal, pipa, sehingga memungkinkan kamu merambah ke sektor lain di luar perkapalan, misalnya perusahaan migas.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Minum Menggunakan Sedotan, Esensinya Apa?

Apakah kamu termasuk spesies manusia sehat yang minum menunggunakan sedotan plastik? Jika iya, kamu adalah …

Malu Bertanya, Sesat di Perasaan

Pernah mendengar ungkapan ‘malu bertanya sesat di jalan’? Ungkapan tersebut sudah familiar di telinga kita, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *