Memilih jurusan kuliah terkadang membuat kita bingung. Perasaan takut salah memilih jurusan juga menjadi penghambat tersendiri. Agar lebih memudahkan, ada baiknya kamu memahami karakter diri terlebih dahulu. Apabila kamu termasuk orang yang teliti, tekun, detail, terstruktur, rasional, senang menganalisis, tertantang untuk memecahkan masalah, serta bisa bekerjasama dengan team, maka program studi teknik Pengairan agaknya cocok untukmu.

Nah, sebagai bahan pertimbangan, yuk simak penjelasan berikut ini tentang program studi teknik pengairan.

Apa itu Teknik Pengairan?

zetizen.com

 

Teknik Pengairan merupakan program studi mempelajari seputar ilmu teknik sipil khususnya bidang perencanaan, desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air. Bangunan air itu apa, sih? Bangunan air yang dimaksud yakni misalnya bangunan irigasi, pembangkit listrik tenaga air, sistem drainase bangunan, perkotaan, waduk dan lain sebagainya.

Meskipun sebagain besar berkaitan dengan sumber daya air, prodi Teknik Pengairan termasuk multidisiplin karena melibatkan berbagai cabang ilmu seperti teknik sipil, penginderaan jauh, Sistem Informasi Geografis (SIG), planologi, hingga pertananian.

Apa Saja yang Dipelajari?

lab-pengairan.ub.ac.id

 

Tidak hanya mempelajari perencanaan, desain, pengoperasian, dan pemeliharaan bangunan air yang berkaitan dengan sumberdaya air, di prodi ini kamu juga akan mempelajari teknik pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya air yang baik dan benar serta pengelolaan dampak lingkungan dan pencemaran sumberdaya air.

Adapun mata kuliah yang dipelajari antara lain yakni; mekanika fluida, hidrolika saluran tertutup, hidrolika terapan. menggambar konstruksi bangunan air, sistem drainase, rancangan drainase, perencanaan jaringan irigasi, hidrologi teknik terapan, Sistem Informasi Geografis (SIG), pengelolaan DAS, perencanaan wilayah dan kota, sistem jaringan perpipaan, perencanaan dan pengeloaan waduk, teknik konservasi waduk, teknik lingkungan dan AMDAL, konstruksi baja, konstruksi beton, pengolahan kualitas air, bangunan irigasi, hidrometeorolog dan hidrogeologi.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusannya?

kampuscenter.com

 

Air merupakan sumber daya alam yang sangat penting keberadaan dan ketersediaannya. Sehingga perlu dikelola dengan baik. Di Indonesua sendiri, saat ini masih belum banyak universitas yang membuka program studi tekni pengairan. Hal tersebut menjadi peluang tersendiri bagi kamu yang berminat mengambil program studi teknik pengairan karena saingan di dunia pekerjaan belum terlalu ketat.

Lulusan program studi ini memiliki prospek kerja yang cukup luas, yakni sebagai berikut

1. Instansi Pemerintah

Instansi pemerintah yang berkaitan dengan sumber daya air antara lain Kementrian Pekerjaan Umum, Dinas Pertanian, Dinas Pengairan Daerah, Dinas Lingkungan Hidup.

2. Badan Usaha Milik Negara (BUMN)

Kamu juga bisa bekerja di BUMN yang berkaitan dengan sumber daya air, antara lain PLN dimana saat ini PLN sedang menggarap PLTA dan Pembangkit Listrik Mikrohidro.

3. Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)

Selain BUMN, kamu juga bisa bekerja di BUMD, misalnya PDAM.

4. Perusahaan Kontraktor

Meskipun perusahaan kontraktor identik dengan lulusan teknik sipil, mereka juga membutuhkan lulusan teknik pengairan. Hal tersebut karena terdapat proyek-proyek pembangunan yang berkaitan dengan sumber daya air.

5. Bidang Pendidikan

Lulusan program studi teknik pengairan juga bisa bekerja di bidang pendidikan, yakni sebagai tenaga pengajar maupun dosen. Bagi kamu yang ingin menjadi dosen, tentu harus melanjutkan kuliah minimal jenjang S2.

Demikian seputar program studi teknik pengairan. Kamu bisa mempertimbangkan segala sesuatunya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilih prodi tersebut. Jika memang cocok dan mantap, selanjutnya kamu bisa mencari tahu informasi selengkapnya tentang universitas yang membuka prodi teknik pengairan. Prodi tersebut biasanya berada di bawah naungan fakultas teknik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here