Home / Ngampus / Seputar Program Studi Agribisnis dan Prospek Kerjanya
agribisnis.unimal.ac.id

Seputar Program Studi Agribisnis dan Prospek Kerjanya

Kamu sudah tahu kan kalau sejak zaman dahulu Indonesia dikenal sebagai negara agraris karena sebagian besar penduduknya bekerja sebagai petani? Di tengah munculnya berbagai profesi baru dan lapangan kerja baru, bertani menjadi hal yang dipandang sebelah mata. Padahal, hasil pertanian sangat penting bagi tersedianya kebutuhan pangan, loh.

Selain itu, bertani dipandang sebagai profesi yang hanya berkutat pada menanam padi di sawah. Padahal, hasil pertanian bisa dikembangkan pada sektor bisnis. Nah, bagi kamu yang tertarik untuk mempelajari bisnis berbasis pertanian, program studi Agrobisnis bisa menjadi pilihan yang tepat. Yuk simak penjelasan seputar program studi ini agar kamu lebih memahaminya.

Apa itu Agribisnis?

agribisnis.unimal.ac.id

 

Barangkali, di beberapa perguruan tinggi ada yang menamai jurusan ini dengan nama Agrobisnis. Tidak perlu bingung karena keduanya sama-sama mempelajari tentang bisnis berbasis pertanian kok. Semua seluk beluk bisnis yang memanfaatkan berbagai komoditas pertanian akan dikupas tuntas di program studi yang satu ini. Program studi ini juga termasuk multidisiplin. Jadi, jika kamu mengambil program studi Agribisnis, kamu akan mendalami dua ilmu sekaligus, yakni pertanian dan sosial ekonomi.

Apa Saja yang Dipelajari?

hai.grid.id

 

Secara umum, ilmu yang akan dipelajari selama masa perkuliahan yakni sebagai berikut:

1. Budidaya

Kamu akan belajar seputar pembibitan, pembenihan, pemeliharaan, dan panen hasil. Tidak hanya itu, kamu juga akan mempelajari tentang kelebihan dan kekurangan dari masing-masing tanaman agar bisa memaksimalkan panen.

2. Pemasaran / Ekonomi dan Manajemen

Kamu akan belajar tentang bagaimana cara memasarkan dan memenej hasil peranian yang telah diperoleh. Hal tersebut dimaksudkan agar hasil panen dan pendapatakn petani seimbang. Sehingga terwujud kesejahteraan bagi petani dan ketersediaan pangan yang memadai bagi masyarakat umum.

3. Sosial dan Komunikasi

Ilmu sosial dan komunikasi sangat penting bagi lulusan Agrobisnis agar kelak ilmu yang didapatkan selama masa kuliah dapat ditularkan ke berbagai lapisan masyarakat dengan baik dan mudah dimengerti.

4. Kewirausahaan

Kewirausahaan penting dipelajari agar menumbuhkan jiwa-jiwa entrepreneur handal. Sehingga setelah lulus tidak melulu menjadi pekerja namun bisa juga menciptakan lapangan pekerjaan.

Adapun mata kuliah yang dipelajari antara lain yakni biologi umu, sosiologi umum, fisika umum, kimia umum, ekonomi umum, risiko agribisnis, dinamika pasar agribisnis, negosiasi dan advokasi bisnis, koperasi dan kelembagaan agribisnis, pembiayaan agribisnis, dasar holtikultura, pemasaran produk agribisnis, ekonomi pertanian dan SDA, ilmu tanaman pangan, manajemen usaha tani, manajemen agribisnis, pertanian berkelanjutan, sosial ekonomi pedesaan, koperasi dan usaha peranian, kependudukan, pemberdayaan masyarakat, agroklimatologi, perencanaan program pangan dan gizi, dan modal sosial pertanian.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Agrobisnis?

lokaantar.com

 

Apakah kamu berpikir bahwa lulusan agobisnis kerjanya berkutat dengan sawah, tanaman, cangkul bahkan lumpur? Ternyata prospek kerja lulusan agrobisnis luas, loh. Banyak sektor lapanagan pekerjaan yang terbuka lebar. Setelah lulus, kamu bisa menjadi PNS di bidang pertanian, baik di Kementrian, Dinas Provinsi maupun Kabupaten/Kota. Bagi kamu yang tertarik untuk bekerja di dunia pendidikan, kamu bisa menjadi dosen. Tetapi harus lanjut S2 dulu ya. Selain itu, kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di LIPI atau badan penelitian lainnya, Badan Perencana Pembangunan Daerah (BAPPEDA), dinas koperasi, Bulog, BUMN/BUMS, perusahaan, LSM, Pusat Koperasi Unit Desa (PUSKUS), Koperasi Unit Desa (KUD), dan Perusahaan Konsultan Agribisnis. Kamu juga bisa membuka usaha, misalnya usaha pembibitan, pembuatan pupuk dan lainnya. Tidak hanya itu, saat ini banyak juga lapangan pekerjaan yang diperuntukan bagi lulusan semua jurusan kok. Jadi, bagi kamu lulusan agrobisnis juga bisa turut mendaftar.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *