Home / Ngampus / Seputar Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) Beserta Prospek Kerjanya
studenthub.ug

Seputar Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi) Beserta Prospek Kerjanya

Pembangungan wilayah dan kota tidak bisa dilakukan sembarang. Banyak aspek yang harus diperhatikan secara detail agar tercipta tata letak kota yang nyaman dan aman. Nah, bagi kamu yang memiliki minat terhadap pembangunan kota dengan pentaan yang baik, jurusan kuliah yang satu ini bisa kamu pertimbangankan, yakni Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota. Setidaknya, untuk bisa menekuni jurusan ini, kamu memiliki ketertarikan terhadap matematika dan geologi. Selain itu, kamu juga harus bisa menggambar, teliti, daya imajinasi tinggi, kreatif, serta daya analisis tinggi.

Sesuai dengan namanya, jurusan ini berada di bawah naungan Fakultas Teknik. Agar lebih memahami seputar jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota serta prospek kerjanya, yuk simak informasi berikut ini:

Apa itu Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)?

kumparan.com

 

Teknik Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau yang biasa disebut Planologi merupakan ilmu yang mempelajari dasar-dasar perencanaan, perpetaan, struktur tanah, morfologi kota, transportasi, dan desain.

Selain belajar tentang ilmu-ilmu teknik, jurusan ini juga mengajarkan ilmu sosial ekonomi kota. Mungkin kamu pernah mendengar jurusan Arsitektur Lanskap, kemudian bertanya-tanya apa bedanya dengan teknik perencanaan wilayah dan kota? Dua juran iya jelas berbeda ya. Jurusan Arsitektur Lanskap lebih mengutamakan keindahan dan estetika lokasi. Sedangkan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota lebih mempertimbangkan aspek sosial, ekonomi, dan politik dalam pembangunan.

Lalu, apa bedanya dengan teknik arsitektur? Teknik arsitektur merancang bangunan secara detail, mulai dari bangunan per bangunan. Sedangkan Teknik Perencanan Wilayah dan Kota langsung merencanakan suatu pembangunan wilayah maupun kota dari segi letak dan lokasi.

Setelah lulus dari jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota kemudian bekerja,kamu biasanya akan disebut sebagai planner. Dimana kamu memiliki kompetensi membuat perencanaan sebuah kota, tata guna lahan, sistem transportasi yang memungkinkan, dan aktivitas apa saja yang ada di dalamnya.

Maksunya bagaimana? Contohnya begini, misalkan di sebuah kota terdapat beragai komponen fisik seperti wilayah pemukiman, perkantoran, industri, dan lainnya. Sementara di sisi lain terdapat komponen non fisik seperti kepadatan penduduk dan kemacetan. Nah, seorang planner, nantinya harus dapat menguasai kedua aspek tersebut sesuai dengan karakteristik wilayah maupun kota yang akan dibangun. Tentunya dengan tetap memperhatikan segi ekonomi, sosial dan politik.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)?

uigm.ac.id

 

Secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Teknik Perencanan Wilayah dan Kota yakni meliputi: Pengantar Perencanaan Wilayah dan Kota, Pengantar Ekonomika Perencanaan, Pengantar Data Spasial, Ekonomika Wilayah dan Kota, Pembiayaan Pembangunan, Pengembangan Komunitas, Perencanaan Perdesaan, Manajemen dan Administrasi Pembangunan, Perancangan Kota. Prasarana Wilayah dan Kota, Proses Perencanaan, Teknik Analisa Perncanaan, Morfologi Kota, Sistem Perumahan, Pola Lokasi dan Struktur Ruang, Aspek Kependudukan dalam Perencanaan, Tata Guna Lahan, , Hukum Perencanaan, Perencanaan Wilayah, dan Komputasi Perencanaan.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)?

studenthub.ug

Ketika memilih jurusan kuliah tentu kamu akan bertanya-tanya bagaimana prospek kerjanya. Tenang saja, karena lulusan teknik Perencanaan Wilayah dan Kota bisa bekerja di berbagai bidang dan memiliki kesempatan kerja yang luas. Berikut ini bidang pekerjaan yang bisa kamu pilih.

1.Instansi Pemerintah

Beberapa instansi pemerintah yang bisa kamu bidik sebagai tempat berkarir yakni Dinas Tata Kota, Bappenas, PU, Departemen Dalam Negeri, BPPT, Kementerian Perumahan Rakyat, Pemda, Departemen Pekerjaan Umum, Departemen Perhubungan, Kementrian Lingkungan Hidup, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal dan lainnya.

2.Sektor Swasta

Kamu juga bisa bekerja di sektor swasta sebagai staf ahli di jasa konsultasn perencanaan, pariwisata, dan lainnya, staff pengembangan komunitas di PT. Astra Internasional dan PT. MedCo Energi, LSI (statistik), staf perencanan di PT. Riau Andalan Pulp and Paper.

Selain yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa bekerja sebagai kontrakor properti, developer, dan pengajar maupun peneliti di perguruan tinggi.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *