Seiring dengan berkembangnya teknologi trasportasi udara dan meningkatnya kebutuhkan pasar akan kenyamanan penerbangan, dibutuhkan tenaga ahli yang mampu menciptakan dan mengembangkan pesawat agar lebih canggih dan tentunya memberikan kenyamanan serta menjamin keselamatan. Nah, bagi kamu yang tertarik dengan pesawat dari sisi mesin, teknologi dan teknik, barangkali jurusan teknik penerbangan cocok buat kamu.

Agar lebih paham tentang teknik penerbangan hingga prospek kerja lulusannya, yuk simak infromasi berikut ini:

Apa itu Jurusan Teknik Penerbangan?

rednewswire.com

 

Jurusan teknik penerbangan merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang kedirgantaraan, meliputi perancangan, pembuatan, uji coba dan pengoperasian pesawat dan wahana antariksa lainnya. Singkatnya, di jurusan ini kamu akan belajar tentang keteknikan pesawat. Jangan salah sangka ya, lulusan teknik pernerbangan bukan dibidik untuk menjadi pilot, melainkan insinyur penerbangan.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari?

jurusankuliah.tumblr.com

 

Secara umum. Mata kuliah yang akan kamu pelajri di jurusan teknik penerbangan yakni sebagai berikut:

Matematika, Fisika Dasar, Statika Struktur, Pengenalan Teknik Dirgantara, Matematika Teknik, Rekayasa Termal, Material Pesawat dan metode Manufaktur, Mekanika Fluida, Astrodinamika, Kinematika dan Dinamika, Analisis Perancangan Struktur, Desain Pesawat Udara, Kimia Dasar, Pengantar Rekayasa & Desain, Pengenalan Teknik Mesin dan Dirgantara, Gambar Teknik, Mekanika Kekuatan Material, Manufaktur, Dasar Elektronik, Aerodinamika, Aspek Lingkungan dan Teknik Dirgantara.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Penerbangan?

beritatrans.com

 

Lulusan teknik penerbangan sangat dibutuhkan untuk mengembangkan teknologi penerbangan, khususnya di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa lapangan pekerjaaan yang bisa ditekune.

1. Industri komponen pesawat terbang

Industri ini bergerak dibidang pembuatan, penyediaan dan pemasangan komponen pesawat terbang. Pada industri ini, nilai jasanya sangat tinggi. Misalnya, sebuah baut saja tidak hanya memiliki nilai dari sisi material, tapi juga dari sisi nilai jasa keahlian pelaku.

2. Industri pemeliharaan pesawat terbang

Industri ini bergerak dalam bidang pemeliharaan pesawat sehingga komponennya tetap terjaga dan terlepihara dengan baik.

3. Industri Manufaktur

Industri ini bergerak pada bidang Kedirgantaraan, baik komponen-komponen standar, avionika/optronika, maupun hidrolika/landing-gear.

4. Industri Jasa

Industri jasa yang dimaksud yakni meliputi jasa perawatan (ACS-PT.DI, , INDO-PELITA, MMF, GMF-AeroAsia, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, seperti PT. GIA, PT. MNA, dll.), hingga jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, Telkom, Kohanudnas, PSN,)

Selain itu, lulusan teknik penerbangan juga bisa berkarir di lembaga Penelitian (Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN), lembaga pendidikan (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.), lembaga pemerintahan (Departemen Perhubungan), lembaga penelitian, hingga industri manufaktur global (Embraer, Boeing, De Havillan, Air Bus, dll) dan industri jasa penerbangan internasional (Air Asia, Cathay Pacific).

Apakah hanya bisa bekerja di bidang penerbangan saja? Tidak. Bagi kamu yang ternyata belum berkesmpatan diterima berkerja di industri yang telah disebutkan sebelumnya, kamu bisa berkerja di bidang teknik lainnya. Seperti industri otomotif, teknologi informasi, industri konstruksi umum, perusahaan minyak, konsultasn teknik dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya memiliki lapangan pekerjaan yang luas, gaji bagi lulusa teknik penerbangn juga sangat menggurkan loh. Tentunya sebanding dengan pekerjaan yang dilakukan dan resiko yang mungkin terjadi.

Nah,bagi Kamu yang tertarik mengambil kuliah jurusan ini,kamu bisa mencoba di beberapa universita berikut yang menyediaka jurusan teknik penerbangan:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

2. Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (d/h PLP Curug). STPI Curug PO BOX 509, Tangerang 15001 Tlp. (021) 5982204 dan 5982205 Pesawat 519

3. Politeknik Negeri Bandung (Polban).

Program Studi: Aeronautika, Jurusan Teknik Mesin (DIII)

Jl. Gegerkalong Hilir Desa Ciwaruga, Bandung

4. Universitas Suryadarma, Jakarta

Jl. Protokol Halim Perdanakusuma

Komplek Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta 13610

5. Universitas Nurtanio, Bandung

Jl. Pajajaran 219, Lanud Husein Sastranegara, Bandung

6. Sekolah Tinggi Manajemen Transportasi (STMT) Trisakti Kampus ā€œCā€ Trisakti.

Jl. A. Yani (By Pass) Kav. 85, Rawasari, Jakarta Timur 13210.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here