Kamu yang sedang baca tulisan ini tentu sedang mencari tahu informasi tentang jurusan tekni metalurgi dan material. Jurusan ini mungkin terdengar aneh di telinga. Bahkan mungkin ada yang menebak bahwa jurusan ini ada hubungannya dengan mateial bahan bangunan.

Agar tidak salah kaprah, yuk langsung saja simak informasi berikut ini tentang jurusan teknik metalurgi dan material, apa saja yang dipelajari dan bagaimana prospek kerjanya.

Apa Itu Jurusan Teknik Metalurgi dan Material?

reviewjurusan.blogspot.com

 

Metalurgi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sifat-sifat kimia logam dan cara memanfaatkan logam untuk dalam kehidupan sehari-hari. Metalurgi sendiri berasal dari bahasa Yunani ‘Metallougos’, sebuah istilah yang sering digunakan ahli kimia untuk mendeskripsikan logam dari mineral. Seiring dengan kemajuan zaman ,metalurgi juga mempelajari produksi logam dan mikrostruktur.

Teknik material merupakan ilmu yang mempelajari desain berbagai jenis matarial (keramik, logam, plastik, komposit), teknik fabrikasi (pengelasan, pengecoran, pengerolan, dan lainnya), teknik analisa (kalorimetri, mikroskopi optic, x-ray, diffraction, elektron dan lain-lain ), dan analisa biaya produksi material untuk industri.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Metalurgi dan Material ?

materialmetalurgiku.blogspot.com

 

Banyak sekali yang dipelajari di jurusan ini. Dalam lingkup metalurgi, kamu akan belajar pengolahan minyak/mineral dressing, rekayasa sifat fisik logam, ekstraksi logam dan pemurniannya, proses produksi logam (mekanichal metallurgy), teknologi perancangan dan pengoperasian sistem-sistem metalurgi, fenomena kegagalan struktur logam dan pengendaliannya, dan teknologi daur ulang.

Sedangkan dalam lingkup ilmu Teknik Material, kamu akan belajar tentang teknik proses atau fabrikasi, mikroskopi optik, teknik analisa, kalorimetri, dan analisa biaya maupun keuntungan dalam produksi material skala industri.

Semua yang dipejari dalam lingkup material merupakan komponen bumi, baik organik maupun non-organik yang dapat diolah menjadi material, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Contohnya, Besi Sulfida (pyrite) dapat diolah menjadi besi cor /tuang, baja dan besi tempa.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Material dan Metalurgi?

worldsmean.blogspot.com

 

Lulusan jurusan teknik material dan metalurgi sangat dibutuhkan dalam bidang ilmu dan teknologi material. Prospek kerja lulusan jurusan ini sangat luas karena dapat bekerja di seluruh bidang industri. Keren kan? Kok bisa begitu ya? Ya karena sebenarnya material berada dimana-mana.

Nah, berikut ini beberapa profesi yang bisa kamu tekuni setelah lulus dari jurusan teknik material dan metalurgi.

1. Inspektor

Inspektor merupakan orang yang memilki tanggungjawab untuk menginspeksi, mengecek mesin, memastikan berjalannya proses dan alat dalam kondisi yang standar. Selain itu, masih banyak tanggungjawab yang harus diembannya. Inspektor juga dibagi menjadi beberapa bidang, meliputi Welding Inspector, Corrosion Inspector dan Failure Analyser. Kamu bisa bekerja sebagai inspektor di perusahaan nasional maupun multinasional seperti Chevron, Geothermal PLN atau Pertamina, Total, Schlumberger, Total, Pertamina, Shell, Conoco Philips, Indopower, Badak LNG, dan masih banyak lainnya.

2. Process Engineer / Metallurgist.

Seorang Process Engineer / Metallurgist biasanya bekerja di dunia pertambangan, khususnya mineral logam. Beberapa perusahaan yang membutuhkan antara lain Freeport, Antam, Inalum, Newmont, Vale, PT Timah, dan masih banyak lainnya.

3. Materail Engineer

Profesi ini banyak dibutuhkan di perusahaan otomotif seperti Astra Otoparts. Mereka membutuhkan material engineer untuk memilih material, desain, dimensi, modulus elastisitas pencetakan, kekuatan, dan keuletan dari komponen mesin agar mesin yang dihasilkan bisa sesuai kriteria. Selain mesin, komponen lain seperti ban, bearing, bolt, cluster, break system, spring, fastener, rivet, dan shaft juga membutuhkan presisi, baik dari segi dimensi maupun sifat mekaniknya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here