Seputar Jurusan Teknik Kelautan dan Prospek Kerja yang Menggiurkan

youtube.com

Kamu tentu sudah tahu bahwa Indonesia adalah negeri maritim yang 70% wilayahnya berupa laut. Dengan wilayah laus seluas itu, sudah tentu potensi kelautannya sangat menjanjikan untuk memenuhi keubutuhan hidup. Akan tetapi, ekspolari sumber daya kelautan harus tetap ditangani dengan baik agar tidak terjadi pencemaran dan kepunahan biota laut. Oleh karena itu, keberadaan jurusan teknik Teknik Kelautan (Ocean Engineering) snagat penting untuk menciptakan lulusan handal penjaga dan pemelihara lautan. Jangan salah sangka ya, jurusan ini bukan untuk belajar tentang biota laut, perikanan dan sejenisnya. Jurusan ini jutsru berperan penting dalam pembangunan di daerah laut. Misalnya, pengeboran minyak pantai lepas, infrastruktur transportasi laut, pelindung abrasi, reklamasi, pemecah ombak dan lainnnya.

Jika kamu termasuk orang yang memiliki karakter tekun, teliti, detail, terstruktur, rasional, senang menganalisis, berhitung dan memecahkan masalah, Jurusan ini bisa jadi cocok untuk kamu tekuni. Agar lebih paham tentang jurusan teknik kelautan, yuk simak informasi berikut ini:

Apa itu Jurusan Teknik Kelautan?

youtube.com

 

Teknik kelautan merupakan salah satu dari cabang disiplin ilmu kelautan. Jurusan ini mempelajari tentang rekayasa kelautan. Maksudnya bagaimana? Agar lebih mudah dipahami, anggap saja teknik kelautan seperti halnya teknik sipil. Bedanya, teknik sipil mempelajari tentang kontruksi bangunan di darat, sedangkan tekni kelautan mempelajari kontruksi bangunan di lautan, antara lain konstruksi bangunan lepas pantai (offshore), bangunan pemecah ombak (breakwater), coastal structure seperti dermaga / bay, dan lainnya.

Jadi, sudah jelas yang bahwa jurusan teknik kelautan tidak ada hubungannya sama sekali dengan biota laut, melainkan mempelajari tentang bangunan dan struktur bangunan di lautan.

Mata Kuliah Apa Saja yang dipelajari di Jurusan Teknik Kelautan?

www.afrizalr.com

 

Secara umum, mata kuliah yang dipelajari di jurusan teknik kelautan antara lain Mekanika Teknik, Mekanika Fluida, Mekanika Bahan, Kalkulus, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Analisa Rekayasa Dasar, Mekanika Fluida, Analisis Struktur Met Matrik, Struktur Beton Bertulang, Akustik Bawah Air, Statistika & Probabilitas, Geoteknik Kelautan, Bahan Bangunan Laut, Mekanika Gelombang Air, Mekanika Bahan, Metode Numerik, Pengetahuan Fisik Laut, Hidrodinamika, Gelombang Acak, Struktur Baja, Perencanaan Prasarana Pelabuhan, Bangunan Pantai, Anjungan Lepas Pantai, Perencanaan Dermaga Pelabuhan, Proses Pantai, Manajemen Konstruksi Bangunan Laut, Lingkungan Laut, Pipa Bawah Laut, Struktur Terapung, Dinamika Struktur, Teknologi Reservoir, Hidrodinamika, Oseanografi, Perencanaan Bangunan Lepas Pantai, Struktur Pantai, Mekanika Tanah dan Sistem Pondasi, dan sebagainya. Kenapa dikatakan secara umum? Karena masing-masing perguruan tinggi memiliki sebaran mata kuliah yang berbeda.

Selain itu, terdapat juga bidang keahlian yang bisa dipilih, antara lain bidang struktur, perencanaan bangunan, perpipaan / pipeline, energi kelautan, dan manajemen pantai. Keren kan? Ternyata pantai juga butuh manajeman loh.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Kelautan?

ekonomi.metrotvnews.com

 

Mata kuliah yang telah disebutkan di atas banyak juga ya dan mungkin terdengar asing di telinga kamu. Nah, setelah melahap semua mata kuliah dan melalui proses studi yang panjang serta pernuh perjuangan, tiba saatnya untuk bekerja. Sebenarnya, bagaimana sih prospek kerja lulusan tenkik kelautan? Kerjanya di laut terus?

Kerja di laut atau pun tidak, semua itu tergantung pada profesi apa yang nantinya kamu tekuni. Sebagai gambaran sebelum kamu memutuskan untuk mengambil jurusan teknik keluatan, beberapa bidang pekerjaan yang bisa kamu tekuni setelah lulus yakni salah satunya bidang industri minyak dan gas (oil and gas company), seperti Pertamina, Schlumberger, Chevron, Total, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa bekerja di sekor pemerintahan, tepatnya di Kementrian Kelautan.

About April 178 Articles
Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*