Hampir semua lapangan pekerjaan dan industri membutuhkan peran insting spasial geodesi. Nah, bagaimana jika kemudian ilmu geodesi dan ilmu informatika dipadukan? Wah, pastinya akan sangat bermanfaat bagi kehidupan.

Bagi kamu yang belum memahami apa itu Geodesi dan Informatika, Kamu bisa mencari tahu di tulisan sebelum-sebelumnya ya. Karena Jurusan Geodesi dan Jurusan Informatika sudah pernah dibahas beserta prospek kerjanya.

Nah, kali ini, kita akan berbagi informasi seputar jurusan Geomatika. Agar Kamu lebih memahami apa itu teknik Geomatika dan prospek kerjanya, yuk simak informasi berikut ini:

Apa itu Teknik Geomatika?

kmdg.vs.ugm.ac.id

 

Teknik Geomatika merupakan ilmu perpaduan antara ilmu Geodesi dan ilmu Informatika. Ilmuini mempelajari bagaimana mengintegrasikan pengumpulan, pemodelan, analisis, hingga manajemen data spasial (berbasis lokasi) yang didasarkan pada ilmu Geodesi. Data yang diperoleh dari sumber pengukuran tersebut kemudian ditransformasikan ke dalam sebuah sistem informasi berdasarkan ilmu informatika.

Dengan demikian, diharapkan mahasiswa lulusan teknik Geomatika memiliki kecakapan dalam penguasaan teknologi survei dan pemetaan yang didasarkan ilmu geodesi dan informatika. Sehingga mampu menunjang pembangunan berwawasan lingkungan, baik di bidang kelautan, pemukikan maupun energi.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Geomatika?

kmdg.sv.ugm.ac.id

 

Secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Teknik Geomatika yakni meliputi Kalkulus, Kadaster, Proyeksi Peta, Geofisika, Sistem Basis Data, Hitung Perataan, Survei Rekayasa, Perencanaan Wilayah, Fisika, Geomatika Dasar, Kartografi, Penginderaan Jauh, Survei Hidrografi, Geodesi Fisik, Survei Pemetaan SDM, Geodesi Satelit Lanjut, Aplikasi CAD, Matematika Geodesi, Pemetaan Teristris, Fotogrametri, Toponimi, Fotogrametri Dijital, Pemetaan Dijital, Survei GPS, Sistem Informasi Geografis, Oseanografi, Pengelolaan Wilayah Pesisir, Geologi dan Geofisika Laut.

Selain itu, secara garis besar, kamu akan mempelajari 3 kompetensi dasar meliputi surveying, positioning and mapping, geo-information, dan foto-remote sensing. Pertama, Surveying, Positioning and Mapping. Pada kompetensi ini, kamu diwajibkan mengambil data secara langsung ke lapangan menggunakan alat ukur tertentu. Untuk bisa memenuhi kompetensi ini, dibutuhkan ketelitian, keseriusan, dan kreativitas untuk mendesain area ukur. Kedua, Geo-Informatika (SIG). Pada kompetensi ini kamu banyak berkutat mencari serta mengolah data di laboratorium. Kamu dituntut untuk dapat menyajikan sebuah peta yang informatif. Sehingga mudah dibaca oleh pengguna. Untuk dapat memenuhi kompetensi ini, dibutuhkan kreativitas dan selera estetik yang baik. Ketiga, Foto & Remote Sensing. Dalam kompetensi ini, kamu akan banyak menggunakan software pengolah citra seperti Er Mapper, ERDAS, ENVI, dan lainnya. Mengasyikkan bukan?

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Teknik Geomatika?

gd.fitb.itb.ac.id

 

Secara umum, lulusan jurusan Teknik Geomatika akan menjadi seorang Geodet/Surveyor. Kamu bisa bekerja di berbagai bidang yang berhubungan dengan kebumian, seperti perminyakan, konstruksi, pertambangan, dan sebagainya. Agar lebih jelas,berikut ini rinciannya.

1. Instansi Pemerintahan

Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Kementrian Pekerjaan Umum, Badan Koordinasi Survey dan Pemetaan Nasional(BKSPN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan instansi-instansi pemerintahan lainnya.

2. Lembaga Penelitian

Kamu juga bisa bekerja di berbagai lembaga penelitian yang berhubungan dengan bumu dan kondisi alam, antara lain di LIPI dan LAPAN.

3. Perusahaan Konstruksi

Perusahaan konstruksi juga bisa menjadi lahan karir kamu loh. Kamu bisa menempati posisi pemetaan lokasi di bebagai perusahaan seperti WIKA dan Adhi Karya.

Perusahaan konstruksi juga bisa menjadi lahan karir kamu loh. Kamu bisa menempati posisi pemetaan lokasi di bebagai perusahaan seperti WIKA dan Adhi Karya.

4. Perusahaan Pertambangan

Perusahaan pertambangan juga tidak kalah menjanjikan loh. Beberapa perusahaan pertambangan yang bisa kamu bidik antara lain PT Timah, Antam, Krakatau Steel, dan lainnya.

5. Perusahan Konsultan Pembangunan dan Konstruksi

Selain perusahaan konstruksi dan pertambangan, kamu juga bisa bekerja di perusahaan konsultan pembangunan dan konstruksi

6. Perusahaan Minyak dan Gas

Sama halnya dengan perusahaan pertambangan, perusahaan minyak dan gas juga membutuhkan tenaga ahli dalam bidang pemetaan lokasi produksi dari lulusan teknik geomatika.

7. Pengajar

Jika kamu memiliki minat dalam bidang belajar mengajar, kamu bisa menjadi dosen di berbagai Universitas yang menyelenggarakan jurusan Geomatika maupun Geodesi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here