Pernah mendengar tentang jurusan teknik Geodesi? Atau saat ini kamu sedang penasaran dengan jurusan yang memang terdengar asing ini? Sebenarnya, ilmu yang dipelajari di jurusan ini sangat bermanfaat loh, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun karir yang akan dijalani. Pasalnya, hampir semua industri memebutuhkan lulusan teknik geodesi, misalnya pertambangan, perminyakan, maupun teknologi informasi. Kok bisa begitu ya? Karena insting sapsial geodesi sangat dibutuhkan dalam keberlangsungan industri tersebut. Contoh kongkritnya yakni google map, BMKG, pengukura batas wilayah tertentu, serta penemuan titik api pada kebakaran hutan, kesemuanya itu membutuhkan peran dari lulusan tekni geodesi yang tentunya menguasai kompetensi.

Agar lebih paham, yuk penjelasan berikut ini terkait apa itu tekni geodesi, apa saja yang dipelajari selama masa perkuliahan dan tentunya bagaimana prospek kerja lulusan tekni geodesi.

Apa itu Teknik Geodesi?

majalahbatu.com

 

Teknik Geodesi merupakan ilmu turunan dari matematika terapan yang berfokus pada pengukuran luas, mendeskripsikan posisi titik tertentu serta bentuk bumi. Namun, kemudian bergeser menjadi rumpun geomatika atau geoinfomatika. Jadi, tekni geodesi merupakan ilmu yang mempelajari tentang bentuk dan ukuran bumi, darat dan laut melalui pendekatan yang terintergrasi, yakni meliputi analisis, pengukuran, pengelolaan, dan penyajian penampakan fisik bumi.

Apa Saja yang Dipelajari di Teknik Geodesi?

itenas.ac.id

 

Secara umum, mata kuliah yang akan dipelajari selama kamu menempuh pendidikan di jurusan teknik geodesi yakni antara lain; kalkulus, geologi, aljabar, linear, survey terestris, hukum agraria, hitung perataan, kartografi, sistem basis data, rafika computer, penginderaan jauh, oseanografi fisis, sistem referensi geodesi, geodesi satelit, pendaftaran tanah, matematika geodesi, fotogametri, sistem dan transformasi koordinat, sistem informasi geografis, survey GNSS, model terrain digital, proyeksi peta, penilaian tanah dan property, geodesi fisis, pengelolaan lingkungan dan perencanaan wilayah berbasis geospasial, survei dan manajemen informasi pertanahan, survey hidrografi, survey rekayasa, penetapan dan penegasan batas wilayah,jaring kontrol geodesi, , pengolahan citra digital.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Geodesi?

cluber.info

 

1. Badan Pemerintahan Nasional (BPN)

Setelah lulus, kamu bisa mencoba mendaftar di Badan Pemerintahan Nasional (BPN). Beberapa pekerjaan yang bisa kamu lakukan yakni pembuatan sertifikat tanah , rekontruksi batas, menyediakan aplikasi sistem informasi data rekontruksi batas yang dapat di akses oleh seluruh kantor pertanahan yang ada, menyediakan sistem informasi dan manajemen pertanahan, dan lain-lain.

2. Badan Informasi Geospasial (BIG)

Badan Informasi Geospasial (BIG) atau yang dulunya bernama Badan Koordinasi Survey Dan Pemetaan Nasional (BAKOSURTANAL) membutuhkan lulusan teknik geodesi untuk menentukan pembuatan peta dasar, suvey ke laut, darat, maupun udara, menyusun rancangan UU informasi geospital, dan lain-lain.

3. Kementrian Pekerjaan Umum

Peluang untuk bekerja di Kementrian Pekerjaan Umum juga terbuka untuk lulusan teknik geodesi. Namun perlu diketahui bahwa proses seleksinya ketat, sehingga kamu harus benar-benar berkompeten dan berpengalaman.

4. Perusahaan Swasta

Lulusan teknik geodesi juga bisa bekerja di sektor wisata, misalnya di perusahaan konsultan teknik, perusahaan kontruksi, Asosiasi Perusahaan Survei Pemetaan Dan Informasi Geospasi (APSPIC), Persero, dan perusahaan pertambangan.

Misalnya, di APSPIC, mereka membutuhkan lulusan teknik geodesi untuk melakukan pemetaan. Di persero, mereka membutuhkan lulusan teknik geodesi untuk membuat rekayasa jaringan. Selanjutnya, perusahaan pertambangan juga membutuhkan lulusan jurusan ini untuk mengidentifikasi area pertambangan, dan lainnya.

Demikian informasi seputar jurusan tekni geodesi. Jika kamu berminat untuk kuliah di jurusan ini, segera gali informasi sebanyak-banyaknya terkait kampus mana saja yang menyediakan jurusan geodesi. Sekian, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here