Home / Ngampus / Seputar Jurusan Teknik Elektro dan Prospek Kerjanya
beirhoframadhan.student.umm.ac.id

Seputar Jurusan Teknik Elektro dan Prospek Kerjanya

Kebayang nggak kalau di bumi ini nggak ada listrik? Atau, kebayang nggak kalau kita hidup di zaman dimana listrik masih langka? Atau, kebayang nggak bagaimana kehidupan saudara-saudara kita yang tinggal di daerah terpencil dan belum terjamah listrik?

Pasti akan sulit hidup tanpa listrik. Nah, bagi kamu yang ingin berkontribusi dalam bidang ketersediaan listrik, terutama di Indonesia, kamu bisa mengambil jurusan kuliah teknik elektro. Baik secara langsung dan tidak langsung, ilmu yang kamu dapatkan bermanfaat bagi masyarakat luas loh.

Agar lebih mengenal jurusan teknik elektro, yuk simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Jurusan Teknik Elektro?

beirhoframadhan.student.umm.ac.id

 

Teknik elektro merupakan rumpun ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron atau yang lebih kita kenal dengan sebutan listrik. Cakupan teknik elektro tidak hanya sebatas pengertian listri secara sempit, namun juga mencakup sumber tenaga listrik, sistem jaringan distribusi listrik, hingga aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan.

Jurusan teknik elektro sendiri memiliki beberapa konsetrasi, meliputi teknik elektronika, teknik instrumentasi teknik listrik, hingga teknik komputer dan telekomunikasi. Dengan tersedianya beberapa pilihan konsentrasi di jurusan teknik elektro, kamu tidak hanya belajar tentang instalasi listrik, bahkan bisa juga belajar robotik dan IT, loh.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Teknik Elektro?

pnj.ac.id

 

Secara umum, kamu akan mempelajari seputar konsep, metodologi dan teknik perancangan, pemeliharaan dan pengembangan sebuah perangkat, baik perangkat lunak maupun rekayasa, pemrograman berbasis data client server, teknologi antar jaringan, arsitektur komputer, eletronika dan lainnya. Adapun beberapa mata kuliah yang kamu pelajari di jurusan teknik elektro yakni meliputi; fisika dasar, kimia dasar, matematika, pengantar desain teknik, rangkaian ekeltrik, matematika teknik, sistem digital, elektronika, struktur diskrit, sinyal dan sistem, medan elektromagnetik, pengolahan sinyal digital, arsitektur sistem komputer, material teknik elektro, sistem tenaga elektrik, arsitektur sistem komputer, kalkulus, sistem kendali, distribusi daya listrik, mikroprosesor, iluminasi dan instalasi listrik, termodinamika dan penggerak awal, pembangkit tenaga listrik, proses stokastik, desain dan instalasi tenaga listrik, sistem mikroposesor, teknik tegangan tinggi, pengaman sistem tenaga listrik, sistem energi baru dan terbarukan,
dan pemeliharaan peralatan listrik.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Elektro?

merahputih.com

 

Seperti yang telah disebukan di awal, cakupan teknik elektro sangat luas. Sehingga, lapangan pekerjaan yang tersedia pun juga luas. Tidak hanya itu, teknik elektro berhubungan dengan teknologi dan listrik, sementara dalam kehidupan sehari-hari kita tidak terlepas dari dua hal tersebut. Oleh karena itu, prospek kerja lulusan jurusan ini cukup menjanjikan. Terlebih jika kamu berkuliah di universitas ternama. Kamu akan lebih dilirik oleh penyedia lapangan kerja. Meskipun demikian, akreditasi universitas harus kamu imbangi dengan kualitas diri ya.

Berikut ini adalah prospek kerja lulusan teknik elektro yang bisa kamu bidik.

1. Dosen/Guru

Bagi kamu yang tertarik berkarir di dunia pendidikan, kamu bisa melanjutkan ke jejang S2 kemudian bekerja sebagai guru atau dosen.

2. Sektor Pemerintahan

Kamu juga bisa bekerja di sektor pemerintahan dan menjadi PNS, misalnya di Dirjen Ketenagalistrikan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral.

3. Sektor Badan Usaha Milik Negara(BUMN)

Selain menjadi PNS, kamu bisa bekerja di sektor BUMN yang berhubungan dengan energi dan komunikasi, seperti PT. Telkom dan Perusahaan Listrik Negara (PLN).

4. Sektor Swasta

Lapangan pekerjaan di sektor swasta juga terbuka lebar bagi lulusan tekni elektro, misalnya Xl axiata, ZTE, Huawei, dan Telkomsel serta perusahaan swasta lainnya yang bergerak di di bidang pengembangan software dan hardware.

5. Wirausaha

Menjadi seorang wirausahawan juga bisa kamu pertimbangankan sebagai karir di masa depan. Misalnya, membuka gerai service laptop, komputer, dan berbagai alat elektronik

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Minum Menggunakan Sedotan, Esensinya Apa?

Apakah kamu termasuk spesies manusia sehat yang minum menunggunakan sedotan plastik? Jika iya, kamu adalah …

Malu Bertanya, Sesat di Perasaan

Pernah mendengar ungkapan ‘malu bertanya sesat di jalan’? Ungkapan tersebut sudah familiar di telinga kita, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *