Apakah kamu merupakan orang yang memiliki ketertarikan untuk memahami orang lain? Jika iya, kamu cocok untuk masuk ke jurusan Psikologi. Kuliah di jurusan Psikologi akan membuat keterampilan memahami orang lain semakin terasah.

Untuk lebih paham mengenai salah satu jurusan bergengsi di Indonesia ini, yuk simak seluk-beluk jurusan Psikologi.

Apa Itu Psikologi?

slideplayer.info

 

Singkatnya, psikologi merupakan ilmu untuk mempelajari perilaku serta fungsi mental manusia secara ilmiah. Tidak sekadar menjelaskan bagaimana seseroang berperilaku dan apa yang dilakukannnya, namun lebih jauh psikologi juga meneliti alur pemikiran serta alasan di balik suatu tindakan.

Keahlian Apa Saja yang Dilepajari Selama Perkuliahan?

dictio.id

1. Kemampuan menganalisis masalah

Kemampuan menganalisis masalah yang dimaksud yakni mahasiswa akan diajarkan bagaimana menumbuhkan dan mengembangkan daya analisis terhadap aspek individual dari klien. Selama masa perkuliahan, mahasiswa jurusan Psikologi dilatih untuk memahamai suatu permasalahan secara utuh dan mendalam. Salah satu caranya yakni dengan membuat analisis kepribadian dari tokoh film, responden, atau bahkan diri sendiri.

2. Kemampuan mengolah data

Data yang dimaksud di sini yakni data kualitatif dan kuantitatif. Selama masa kuliah, mahasiswa jurusan Psikologi akan bergelut dengan berbagai macam metodologi, termasuk di dalamnya yakni teknik analisis data. Data yang diolah dapat berupa data sederhana hingga yang kompleks.

3. Kemampuan membuat modul

Modul yang dimaksud di sini yakni modul pelatihan atau program tertentu. Kedengarannya memang sederhana, namun kemampuan membuat modul ini tidak bisa didapatkan secara instan loh.

Apa Saja Ruang Lingkup Jurusan Psikologi?

slideplayer.info

 

Sebagai sebuah ilmu yang semakin mengalami perkembangan, psikologi terbagi menjadi beberapa bagian sebagai berikut:

1. Psikologi Umum dan Eksperimental

Psikologi Umum dan Eksperimental merupakan merupakan cabang psikologi paling dasar yang berguna untuk mengupas segala hal terkait pembuatan dan pembaharuan alat tes serta penyusunan metodologi penelitian.

Secara umum, setiap praktisi maupun ilmuan psikologi diharapkan mampu mengusai cabang ini sebagai kompetensi mendasar yang sangat penting. Secara khsusu, bagi kamu yang ingin berkonsentrasi di bidang psikologi eksperimental, kamu bisa mendalamai cabang ini dengan serius.

2. Psikologi Klinis

Pada cabang ini, kamu akan mempelajari perilaku manusia secara khusus dan mendalam, terutama yang berkaitan dengan kondisi mental manusia. Mulai dari kondisi yang ringan seperti kesulitan tidur, kurang percaya diri hingga kondisi ekstrim seperti gangguan kepribadian, narsistik, antisosial, skizofrenia dan lainnya.

Bagi kamu yang memiliki ketertarikan terhadap berbagai jenis gangguan mental, kamu bisa secara khusus mendalami cabang psikologi klinis.

3. Psikologi Perkembangan

Sesuai dengan namanya, pada cabang ini kamu akan mempelajari berbgaai hal terkait isu-isu berkembangan manuisa. Perkembangan yang dimaksud tentu merupakan perkembangan proses mental.

4. Psikologi Industri dan Organisasi

Cabang ini disebut dengan istilah PIO. Secara umum cabang ini berkaitan dengan MSDM dan HRD di dunia perindustrian dan perkantoran.

Bagi kamu yang tertarik dengan dunia perindustrian dan perkantoran, mengamati interaksi antar pegawai, memahami kebutuhan dan permasalahan mereka, hingga menciptakan sistem perekrutan yang tepat, kamu bisa fokus mempelajarai cabang ini

5. Psikologi Pendidikan

Proses pendekatan dalam pelaksanaan pendidikan harus dikaji secara tepat, caranya yakni melalui psikologi pendidikan. Melalui cabang ini dapat dipelajari tentang pendekatan yang tepat bagi jenjang pendidikan tertentu, cara mendidik yang tepat, dan lainnya.

6. Psikologi Sosial

Pada cabang ini, kamu akan mempelajari interaksi antara proses mental individu dengan individu lain maupun kelompok. Kamu juga akan mempelajari tentang manajemen psikologi massa, resolusi konflik, intervensi sebuah kelompok, dan lainnya.

Setelah Lulus, Kerjanya Jadi Apa?

lyceum.id

 

Setelah lulus dan mendapatkan gelar sebagai sarjana psikologi, kamu bisa bekerja sebagai psikolog, ahli psikometri, ahli riset, konsultan Psikologi, ahli intervensi sosial, serta berbagai bidang lain yang berkaitan dengan cabang-cabang psikologi yang telah disebutkan di atas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here