Kamu sedang mencari tahu tentang jurusan Metrologi? Jangan salah sangka ya, karena jurusan ini bukan tentang meramal cuaca. Bedakan antara Metrologi dan Metereologi. Sekilas, memang agak mirip baik dari segi tulisan maupun pengucapan. Tetapi dua jurusan ini jelas berbeda. Metrologi sendiri sangat dibutuhkan oleh semua orang, baik pemerintah, pengusaha, konsumen, pedangan, dan masyarakat luas. Penasaran nggak? Kok bisa ya ilmu ini dibutuhkan oleh semua orang?

Ya karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita memerlukan pengetahuan tentang pegukuran dan alat ukur. Contohnya, tagihan penggunaan listrik didasarkan pada perhitungan dengan alat yang sibebut KWH meter.

Contoh lainnya misalkan kamu menjadi sebuah barang yang ditimbang menggunakan satuan kg. Per 1 kg terjadi inakurasi atau kesalahan ukur di timbangan menjadi 1,2 kg. Meskipun terlihat kecil, jika kamu membeli barang tersebut dalam dalam jumlah hingga ber ton-ton, maka kamu mengalami kerugian besar. Disinilah peran ilmu metrologi dipelukan. Alat ukur perlu dicek secara berkala guna mencegah maupun memperbaiki inakurasi.

Nah, bagi kamu yang berminat masuk ke jurusan ini, simak dulu yuk informasi seputar jurusan Metrologi dan prospek kerjanya agar kamu lebih paham dan tidak salah jurusan.

Apa Itu Jurusan Metrologi?

youthmanual.com

 

Metrologi merupakan ilmu yang mempelajari cara-cara pengukuran, kalibrasi, dan akurasi baik di bidang industri, ilmu pengetahuan, maupun teknlogi. Metrologi mecakup penetapan definisi satuan ukur internasional, perwujudan satuan ukur berdasarkan metode ilmiah, serta penetapan kesesuaian berbagai alat ukur berdasarkan standar yang berlaku, serta pengukuran yang berkaitan dengan aspek eknonomi, kesehatan, maupun keselamatan. keselamatan.

Berarti, di jurusan ini hanya belajar tentang pengukuran? Nggak dong. Di Jurusan Metrologi kamu juga akan belajar tentang elektronika, otomasi, insturmentasi, serta yang berkaitan dengan arus kuat.

Apa Saja Mata Kuliah yang Dipelajari di Jurusan Metrologi?

warstek.com

 

Secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari selama kuliah di jurusan Metrologi yakni meliputi Ilmu Pengetahuan Dasar Fisika, Ilmu Pengetahuan Kerekayasaan Metrologi, Ilmu Metrologi Dasar dan Terapan, Ilmu Metrologi Legal, Ilmu Instrumentasi Dasar, Undang Undang Metrologi, Teknik Pengukuran dan Klaibrasi, Sistem Pneumatik dan Hidrolik, Sistem Pengukuran Aliran, Sistem Pengukuran ListriK, Sistem Pengukuran Geometri, Ilmu Pengetahuan Dasar Matematika, Pengantar Metrologi dan Instrumentasi, Elektronika Industri, Teknik Otomasi, Sistem Pengukuran Massa, Termmodinamika Terapan, Metrologi Optik, Teknik Audit Energi, Instrumentasi Laser dan Serat Optik, Sistem Pengukuran Elemen Minyak dan Gas, serta Technopreneurship

Bagaiaman Prospek Kerja Lulusan Jurusan Metrologi?

lipi.go.id

 

Berikut ini adalah beberapa peluang kerja lulusan Metrologi yang bisa kamu bidik:

1. Instansi Pemerintahan

Setelah lulus, kamu bisa bekerja di berbagai instansi pemerintahan antara lain BMKG ( Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika ) serta Kementrian Negara Riset dan Teknologi.

2. Peneliti

Tidak harus bekerja di instansi pemerintahan kok, kamu juga bisa bekerja sebagai peneliti di lembaga penelitian seperti LIPI.

3. Tenaga Pengajar

Bagi kamu yang memiliki passion mengajar, kamu bisa bekerja sebagai tenaga pengajar di bidang Metrologi.

4. Perusahaan / Industri

Kamu bisa bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang industri migas. Posisi yang bisa ditempati antara lain production operator, instrument technician, dan automation technician.

Demikian informasi seputar jurusan Metrologi dan prospek kerjanya. Namun perlu diingat bahwa persaingan di dunia kerja sangat kompleks. Sehingga kamu perlu mengasah soft skill dari sekarang guna menghadapi tantangan dunia kerja. Meskipun demikian, kamu tidak perlu minder karena lulusan ujuran ini memilliki kelebihan yakni memiliki pamahaman yang lebih terhadap alat yang akan dioperasikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here