Apakah kamu pernah bertanya-tanya, kenapa iklmi dan cuaca berubah-ubah? Dan bagaimana dampaknya bagi kehidupan? Jika kamu memiliki ketertarikan terhadap perubahan iklim, cuaca, perilaku bumi, serta dampaknya bagi kelangsungan hidup makhluk yang ada di dalamnya, maka jurusan Meteorologi cocok untuk kamu.

Kuliah di jurusan ini tentunya saja memiliki kebermanfaatan yang luas, tidak haya untuk diri sendiri namun orang lain, bahkan semua makhluk hidup di bumi. Di samping itu, jurusan ini juga memiliki keterkaitan dengan ilmu lainnya loh, misalnya arsitektur. Dengan menguunakan data yang dikaji oleh ahli metereologi, arsitektur bisa mendesain bangunan sesuai dengan kondisi iklim di suatu wilayah agar bangunan tersebut tetap aman ketika diterjang badai, salju, bahkan gempa.

Penasaran dengan jurusan yang satu ini? Yuk simak informasi berikut ini agar kamu lebih memahami apa itu jurusan Metereologi serta prospek kerja lulusannya.

Apa itu Meteorologi?

indopos.com

 

Meteorologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi beserta gejala-gejalanya dan komponen-komponen yang terkandung di dalamnya, terutama gas dan udara. Di jurusan ini akan dipelajari apa penyebab perubahan iklim dan signifikansinya terhadap kelangsungan hidup. Selain itu, di jurusan ini juga dipelajari tentang perangkat lunak yang dapat digunakan untuk memprediksi cuaca.

Jadi, jika kamu pernah berfikir bahwa jurusan ini adalah untuk mempelajari metoer, maka hal tersebut tidak benar.

Metereologi sendiri terbagi menjadi beberapa cabang, antara lain:

1. Meteorologi pertanian

Metereologi pertanian mempelajari efek cuaca dan iklmi terhadap pertumbuhan tanaman, efisiensi penggunaan air, hasil pertanian, keseimbangan ekosistem, fenologi perkembangan hewan dan tumbuhan. Selain itu, dipelajari juga tentang bagaimana vegetasi dan makhluk hidup dapat mempengaruhi cuaca dan iklim.

2. Meteorologi penerbangan

Meteorologi penerbangan mempelajari tentang dengan dampak cuaca pada lalu lintas udara. Cabang metereologi yang satu ini sangat penting dipahami oleh kru penerbangan karena sangat berpengaruh terhadap rencana penerbangan.

3. Meteorologi militer

Meteorologi militer merupakan ilmu meteorologi yang digunakan untuk kepentingan militer, seperti perhitungan kondisi cuaca untuk strategi perang tertentu, memastikan keamanan penerbangan peswat dan pelayaran kapal militer, dan lainnya.

4. Hidrometeorologi

Sesuai namanya, cabang ini berhubungan dengan sikulus hidrologi, statistika hujan dan suplai air.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Meteorologi?

kompas.id

 

Secara umum, mata kuliah yang dipejari di jurusan Metereologi yakni meliputi Matematika, Fisika Dasar, Kimia Dasar, Pengantar Meteorologi dan Klimatologi, Metode Numerik Meteorologi, Statistika Dasar Komputasi Meteorologi, Mekanika Medium Kontinu, Fisika Matematik, Matriks dan Ruang Vektor, Meterorologi Lingkungan, Kolokium Meteorologi, Meteorologi Tropis, Meteorologi Lapisan Batas, Observasi Meteorologi, Meteorologi Fisis, , Manajemen Informasi Cuaca dan Iklim, Instrumentasi Meteorologi, Modifikasi Cuaca, Perubahan Iklim, Meteorologi Dinamik, Analisis Data Cuaca dan Iklim, Sistem Informasi Meteorologi, Metode Prediksi Cuaca Numerik, Meteorologi Satelit, Hidrometeorologi, Meteorologi Sinoptik dan Analisis Cuaca, Pemodelan, Hidrometeorologi dan Klimatologi.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Meteorologi?

setkab.go.id

 

Bidang pekerjaan yang relevan dengan lulusan Jurusan Metereologi sudah tentu adalah pekerjaan yang berhubungan dengan iklim dan cuaca. Oleh karena itu, lulusan jurusan ini bisa bekerja sektor pemerintahan, seperti Badan Meteorologi dan Geofisika, BPPT, dan institusi sejenis lainnya. Di bidang pendidikan, lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai pengajar di perguruan tinggi. Selain itu, bisa juga bekerja sebagai peneliti di LIPI maupun RISTEK dan perusahan-perusahan, salah satunya perusahaan kontraktor.

Demikian informasi seputar jurusan Metereologi dan prospek kerjanya. Jika kamu berminat masuk ke jurusan ini, segera mantapkan diri dan cari tahu di perguruan tinggi mana saja yang menyelanggaran jurusan Metereologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here