Home / Ngampus / Seputar Jurusan Kriminologi
excation.blogspot.com

Seputar Jurusan Kriminologi

Apakah kamu termasuk orang yang tertarik dengan genre film maupun novel yang berbau misteri? Atau kamu termasuk orang yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan prihatin terhadap semakin meningkatnya angkat kejahatan di Indonesia bahkan dunia? Jika iya, jurusan kriminologi bisa menjadi pilihan yang tepat. Jurusan ini termasuk dari sekian jurusan antimainstream loh.Selain itu, kuliah di jurusan kriminologi juga pastinya seru dan menantang. Kamu akan belajar bagaimana mengungkap sebuah misteri di balik berbagai tindak kriminal yang terjadi. Kok semacam detektif ya? Iya, betul. Tapi, lulusan jurusan ini nggak melulu jadi detektif kok. Nah, supaya lebih paham, yuk simak penjelasan seputar jurusan kriminologi.

Apa itu Kriminologi?

excation.blogspot.com

 

Kriminologi merupakan sebuah disipilin ilmu yang menggabungkan anatra ilmu ilmu Hukum, Sosiologi, Psikologi, Politik, dan Jurnalistik. Kamu akan belajar bagaimana melihat sebuah kasus dari sudut pandang pelaku maupun korban. Dari kacamata hukum, kamu bisa mengkaji pasal apa saja yang sudah dilanggar oleh si pelaku. Kamu bisa mengkaji keadaan psikologis pelaku kejahatan dan korban terkait. Sebuah kasus juga akan ditelaah dari kacamata politik, dan sosiologis. Sedangkan dari segi jurnalistik, kamu bisa menuliskan narasi berita kriminal yang proposional. Kasus atau tindak kejahatan apa saja sih yang akan kamu tangani? Beragam, yakni mulai dari kenakalan remaja, pembunuhan, cybercrime, bahkan terorisme.

Mata Kuliah Apa Saja yang Akan Dipelajari?

merdeka.com

 

Mata kuliah yang akan kamu pelajari selama masa pendidikan antara lain yakni Teori Kriminologi Post-Modern dan Budaya, Sosiologi Perilaku Menyimpang, Sosiologi Peradilan Pidana, Sistem Peradilan Pidana, Hak Asasi Manusia Dalam Perspektif Kriminologi, Strategi Pencegahan Kejahatan, Kejahatan Kerah Putih, Hak Asasi Manusia, Etnografi Kejahatan di Indonesia, Kenakalan Anak, Viktimologi, Kriminologi dan Pembangunan, Kejahatan Terencana, Kejahatan Lingkungan, Jurnalistik Investigasi, Penologi, Perempuan dan Keadilan, Intelijen dan Investigasi Kejahatan, Psikologi Kriminal, Analisa Resiko Kejahatan, Teror dan Terorisme, Ekonomika dan Pembangunan Sosial, Hukum dan Pembangunan, Manajemen Industrial Sekuriti, Bisnis dan Kejahatan White-Collar , Kejahatan Transnasional dan Globalisasi, Organisasi Kejahatan dan Kejahatan Terorganisir, dan Pengendalian Sosial Kejahatan.

Bagaiamaa Prospek Kerja Lulusan Jurusan Kriminologi?

kompas.com

 

Tidak perlu risau memikirkan prospek kerja lulusan jurusan kriminologi, karena peluang kerjanya terbuka lebar. Kamu bisa bekerja di sektor berikut:

1.Lembaga Kepolisian (Laboratorium Kriminologi atau LABKRIM)

Kamu bisa bekerja di Lembaga Kepolisian(Laboratorium Kriminologi atau LABKRIM) sebagai penyidik kasus –kasus criminal.

2.Lembaga Kerjaksaan

Di lembaga kejaksaan, kamu bekerja untuk menyelesaikan dan memutuskan sebuah kasus besar yang diusung hingga ke pengadilan.

3.Lembaga Departemen Kehakiman

Bekerja di lembaga departemen kehakiman tentunya linear dengan jurusanmu, sebab saat kuliah kamu juga belajar tentang peradilan.

4.Lembaga Departemen Pertahanan

Tanggungjawab seseroang yang bekerja di lembaga departemen pertahanan sangatlah besar. Mereka harus menjaga bangsa dan negara agar terhindar dari aksi kekerasan, kriminal, dan terorisme sehingga pertahanan bangsa dan negara tetap terjaga. Bagi kamu yang ingin turut serta berkontribusi untuk negara melalui lembaga dparteman pertahanan sekaligus mengaplikasikan ilmu yang telah dipelajari selama kuliah, segera siapkan segala hal dari sekarang, karena tanggungjawabmu sangat besar.

5.Lembaga KPK (Komisi Pertahanan Korupsi)

Sudah bukan rahasia lagi bahwa korupsi di Indonesia semakin merajalela. Jika kamu prihatin dengan kondisi tersebut dan bertekad untuk turut berkontribusi dalam memberantas korupsi, kamu bisa bekerja di KPK.

Selain itu, kamu juga bisa bekerja di lembaga lainnya, seperti lembaga penelitian, lembaga tenaga kerja, lembaga jurnalis, dan lembaga Sosial atau politik.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *