Kalian sering ke Perpustakaan? Emh, atau paling nggak ya pernah kan ke Perpustakaan? Buku-buku yang sebegitu banyaknya tertata rapih di rak-rak raksasa, kalau berantakan paling kalian yang nggak disiplin menaruh buku dengan baik dan benar di tempat semula.

Ngobrolin tentang Perpustaakaan nggak bisa lepas dari yang namanya Pustakawan atau pengelola perpustakaan. Nah, mereka adalah lulusan dari jurusan Perpustakaan. Banyak yang beranggapan kalau lulusan jurusan perpustakaan nantinya akan menjadi penjaga perpustakaan, tukang tunggu perpustakaan, atau kalau yang baru bekerja paling-paling jadi tukang jaga loker.

Biar nggak ada salah paham diantara kita (duhela salah paham) tentang jurusan Ilmu Perpustakan, mending kita kenalan lebih dalam yuk dengan jurusan yang satu ini.

Apa sih Jurusan Ilmu Perpustakaan Itu?

halokampus.com

 

Jurusan Ilmu Perpustakaan merupakan program studi yang didirikan guna memenuhi kebutuhan akan tenaga kerja profesional dalam bidang pengelola perpustakaan. Jurusan ini menjadikan perpustakaan sebagai objek kajiannya, mulai dari kegiatan teknisi perpustakaan, manajemen perpustakaan, hingga aplikasi teknologi informasi di perpustakaan yang berguna untuk menyebarluaskan informasi secara optimal.

Jangan anggap remeh jurusan yang satu ini yak, geng. Why? Karena ternyata jurusan perpustakaan melibatkan keahlian di berbagai bidang, antara lain bidang teknologi informasi, managemen dan pendidikan pengumpulan, perapihan dan penyimpanan data.

Fyi, istilah ‘studi perpustakaan’ ini dikenalkan pertama kali oleh Asa Don Dickenson pada tahun 1996 dalam bukunya berjudul ‘Panjab Library Primer’ yang dipublikasikan oleh Universitas Pakistan.

Siapa saja yang bisa masuk ke Jurusan ini?

ip.fah.uinjkt.ac.id

 

Siapa saja boleh kok masuk ke Jurusan ini. Tapi, alangkah lebih baiknya jika kalian memang berminat dalam bidang penyimpanan data dan ingin berkarir di bidang kepustakaan dan pengarsipan. Kalau kalian memang benar-benar minat kan jadi nggak ada istilah ‘salah jurusan’.

Apa saja yang perlu dipersiapkan jika ingin masuk ke Jurusan Ilmu Perpustakaan?

id.linkedin.com

Hal paling mendasar yang harus kalian kuasai yaitu bidang teknologi informasi. Kalaupun belum terlalu menguasai setidaknya kalian paham dasar-dasarnya yak. Selain itu, dibutuhkan juga ketelitian serta kerapian dalam mengelola data, daya analisa yang kuat. Tenang, dosen akan mengajarkan kalian mengenai etika kepustakaan kok, dengan begitu nantinya daya analisa kalian akan terlatih.

Apa yang dipelajari di Jurusan Ilmu Perpustakaan?

perpustakaandpr.wordpress.com

 

Kalian akan mempelajari tentang administrasi arsip, bibliografi, pengkatalogan, manajemen perpustakaan, manajemen digital library, dan aplikasi teknologi pengelolaan informasi. Untuk detail sebaran mata kuliahnya bisa kalain cek yak di web site perguruan tinggi yang membuka jurusan ilmu perpustakaan.

Prospek Kerjanya Gimana?

www.faktakampus.com

Pertanyaan tentang prospek kerja pasti muncul ketika seseorang hendak memilih jurusan perkuliahan. Pada dasarnya memang lulusan Ilmu Perpustakaan dicetak sebagai tenaga profesional pengelolaan perpustakaan. Mayoritas lulusannya bekerja sebagai pustakawan di perpustakaan, baik negeri, swasta maupun institusi. Tugas mereka adalah mengelola, merapikan dan mengevaluasi data dan literatur.

Udah itu aja prospek kerjanya? Nggak kok, masih ada yang lain.

Lulusan Jurusan Ilmu Perpustakaa bisa juga bekerja di museum atau gedung pengarsipan data. Mereka bertugas untuk mengumpulkan, mengkategorikan dan menyuguhkan data-data bagi pengunjung museum, ataupun bagi pihak-pihak lain yang membutuhkan.

Secara umum, lulusan dari jurusan ini mempunyai kemampuan analisa yang baik, mhair teknologi informasi, so, mereka juga bisa berkerja bidang Informasi Teknologi, Finansial ataupun Penganalisa Data.

Jika setelah lulus kalian ingin membuka usaha, maka kalian bisa membuka usaha percetakan karena. Loh kok bisa? Bisa dong, karena saat kuliah kalian sudah mempelajari tentang terbitan buku.

Selain itu, kalian juga bisa menerapkan ilmu pengelolan teknologi infromasi yang telah dipelajari dengan cara menjadi programmer, web designer, maupun pengelola database. Masih ada lagi loh prospek kerjanya, yaitu bekerja sebagai sekretaris ataupun indexer di perusahaan-perusahaan.

Luasnya kan prospek kerja lulusan Ilmu Perpustakaan? Nggak perlu cemas deh pokoknya. Setiap lowongan PNS di semua kementrian, lembaga, BUMN, BUMD, juga hampir seluruhnya terdapat lowongan pustakawan atau asriparis dan posisi lain yang sesuai dengan keahlian lulusan jurusan Ilmu Perpustakaan.

Nah, itu dia geng seputar Jurusan Ilmu Perpustakaan. Gimana? Masih berpendapat kalau ini Cuma jurusan ecek-ecek?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here