Home / Ngampus / Seputar Jurusan Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya
munplanet.com

Seputar Jurusan Hubungan Internasional dan Prospek Kerjanya

Apakah kamu bercita-cita menjadi duta besar atau diplomat? Jika iya, jurusan Hubungan Internasional tepat untuk kamu ambil. Jika dilihat di lapangan, lulusan jurusan Hubungan Internasional tidak selalu menjadi diplomat dan proses menjadi diplomat tidaklah singkat. Namun, masuk ke jurusan HI merupakan gerbang masuk yang tepat untuk merambah karir kancah internasional.

Agar kamu semakin mantap untuk mengambil jurusan Hubungan Internasional, yuk baca penjelasan berikut ini.

Apa Itu Jurusan Hubungan Internasional?

halokampus.com

 

Jurusan Hubungan Internasional (HI) merupakan suatu disiplin ilmu yang mengkaji tentang fenomena dan hubungan antar negara, baik dari segi ekonomi maupun sosial, serta mengkaji tentang organisasi dan perusahaan internasional. Bisanya, jurusan HI berada di bawah naungan fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi.

Jika kamu memang berniat mengambil jurusan ini, maka sebaiknya bekali dirimu dengan kemampuan berbahasa inggris yang memadai, baik aspek menulis, membaca dan berbicara. Hal tersebut akan membantu kamu dalam menjalani proses perkuliahan dan saat terjun di dunia kerja.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Hubungan Internasional?

munplanet.com

 

Tidak hanya anak teknik saja loh yang selama masa perkuliahan berkutat dengan praktikum. Mahasiswa jurusan HI juga demikian. Pembelajar di kelas akan diisi teori yang dijelaskan oleh dosen, kemudian ada juga praktik diplomasi. Biasanya, kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahasa tema tertentu. Praktik menjadi hal yang mengasyikkan karena disitulah kemampuan public speaking kamu dilatih. Selain itu, wawasan kamu tentang suatus isu juga terlihat dari bagaimana kamu berdebat dengan kelompok lain. Oleh karena itu, mahasiswa HI selain belajar mata kuliah, kamu juga harus up to date isu-isu politik, ekonomi, perdamaian dunia, dan hubungan antar negara.

Sedangka untuk pekerjaan rumah, biasanya tidak jauh-jauh dari membuat essai, misalnya essai tentang kasus internasioal yang sedang hangat diperbincangkan publik. Dari teori, praktik dan pekerjaan rumah, daya nalar dan kritismu akan semakin terasah.

Adapun secara garis besar, mahasiswa HI akan mempelajari tema-tema berikut selama masa kuliah, yakni hukum internasional dan organisai, international business, International political economy, national security, transnational studies, international environmental issues, politic international.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Hubungan Internasional?

hi.undip.ac.id

 

Cakupan karir bagi lulusan jurusan hubungan internasional sangat luas, baik lokal maupun internasional. Berikut ini beberapa profesi yang bisa kamu bidik:

1. Duta besar

Sudah tidak asing lagi bahwa lulusan HI bisa bekerja sebagai duta besar. Bagi kamu yang ingin menjadi duta besar, mulai dari sekarang harus membekali diri dengan pengetahuan tentang isu-isu internasional.

2. International officer

International officer adalah seseorang yang secara khusus bekerja untuk menangani kasus internasional. Seorang International Officer bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri, Kedutaan besar, Konsulat, Atase maupun INGO atau LSM asing.

3. Politisi

Telah disebutkan di atas, bahwa mahasiswa HI juga belajar seputar politik. Oleh karena itu, tidak menutup kemungkinan stelah lulusa kamu bisa terjun ke dunia politik.

4. Peneliti

Bagi kamu yang memiliki rasa keinginan tahuan dan daya analisis tinggi, setelah lulus kamu bisa mendedikasikan diri sebagai peneliti, tentu saja yang diteliti adalah isu-isu internasional. Untuk menjadi seorang peneliti, kamu harus paham dengan hukum internasional.

5. Dosen

Untuk menjadi seorang dosen, maka kamu diharuskan memahami dengan baik tentang hubungan internasional, baik secara teori maupun parktik. Selain itu,kamu juga diharuskan melanjutkan ke jenjang S2 terlebih dahulu agar bisa menjadi dosen.

6. Jurnalis/wartawan

Bagi kamu yang suka menulis, kamu bisa menjadi seorang jurnalis maupun wartawan. Kemampuan kritis, analitis, dan up to date dengan isu-isu terkini yang telah kamu tempa sejak kuliah akan sangat bermanfaat ketika kamu terjun menjadi seorang jurnalis maupun wartawan.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Minum Menggunakan Sedotan, Esensinya Apa?

Apakah kamu termasuk spesies manusia sehat yang minum menunggunakan sedotan plastik? Jika iya, kamu adalah …

Malu Bertanya, Sesat di Perasaan

Pernah mendengar ungkapan ‘malu bertanya sesat di jalan’? Ungkapan tersebut sudah familiar di telinga kita, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *