Apakah kamu pernah mendengar Jurusan Fisioterapi? Jika belum, wajar saja, karena memang di Indonesia jurusan ini kurang familiar dan dipandanga sebelah mata. Padahal, peluang kerjanya terbuka lebar dan persaingannya belumseketat jurusan lain yang lebih popular dan mainstream. Bagi kamu yang penasaran dengan jurusan Fisioterapi, yuk simak tulisan berikut ini,. Siapa tahu kamu cocok dengan Jurusan Fisioterapi.

Apa Itu Fisioterapi?

canadiancmc.com

 

Fisioterapi merupakan salah satu teknik pengobatan yang bertujuan untuk mengembalikan fungsi suatu organ tubuh tertentu dengan memakai energi atau tenaga alam. Tenaga alam yang dimaksud yakni dapat berupa arus listrik, energi panas, energi dingin, sinar infra merah, massage (pemijatan) dan excercise (latihan).

Adapun penggunaaan energi alam tersebut tidak boleh sembarangan, harus disesuaikan dengan batas normal, sehingga memberikan efek penyembuhan tanpa membuat pasien kesakitan atau menderita. Selain itu, penggunaan sinar infra merah dalam fisioterapi juga bukan penyinaran yang dapat merusak atau mematikan sel-sel dalam tubuh.

Pada praktiknya, fisioterapi lebih menekankan pada penanganan otot, tulang dan sendri serta jaringannya. Dalam penangannannya dapat menggunakan dan atau tanpa alat bantu. Contohnya yakni melakukan pemijatan pada area tertentu serta memberikan latihan pada otot atau sendi tertentu yang kurang berfungsi dengan baik. Bentuk lain dari fisioterapi yang sederhana yakni memberikan latihan naik turun tangga dan latihan berjalan menggunakan alat bantu berupa pegangan tertentu.

Jika kelak kamu mengambil jurusan Fisoterapi, jangan kaget maupun tersinggung ketika ada orang yang mengakatan kamu adalah tukang pijat atau urut. Hal tersebut dikarenakan mahasiswa Fisoterapi juga mempelajari tentang persendian, otot, tulang dan tulang, sehingga sangat familiar dengan urusan pijat memijat.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Fisioteapi?

fisioterapi-lydaaswita.blogspot.com

 

Selama masa perkuliahan, kamu akan mempelajari tentang struktur, fungsi serta mekanisme alat gerak pada tubuh, terutama yang berkaitan dengan otot dan persendian. Kamu juga akan mempelajari tentang bagaimana cara menangangi gangguan pada alat gerak, baik menggunakan dan atau tanpa alat bantu. Tidak hanya teori, kamu juga akan melaksanakan praktikum dan menerapkannya secara langsung kepada pasien. Tentu, dalam pelaksanaannya, kamu akan didampingi oleh orang yang sudah ahli.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Fisoterapi?

rsmph.co.id

 

Mengingat lulusan Fisoterapi di Indonesia masih jarang, persaingan di dunia kerja juga masih longgar. Berikut ini adalah peluang kerja yang memungkinkan bagi luluasan Fisoterapi

1. Fisioterapis

Hampir di setiap rumah sakit memiliki unit layanan fisioterapi. Kamu bisa mencari informasi terkait lowongan pekerjaan di unit tersebut. Profesi ini sangat cocok dan relevan dengan kompetensi yang dipelajari mahasiswa fisioterapi selama perkuliaha.

2. Membuka klinik fisioterapi

Selain bekerja di rumah sakit, kamu juga bisa membuka klinik fisioterapi secara mandiri. Peluang ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki passion berwirausaha. Tentunya, sebelum membuka klinik fisioterapi, kamu harus benar-benar kompeten, jangan sampai terjerat kasus malpraktik. Hal tersebut akan membuat citra fisioterapi menjadi buruk di mata masyarakat.

Anda juga harus menentukan market dari klinik Anda. Misalnya marketnya adalah para pasien yang mengalami trautam kecelakaan, pasca operasi, pasien penderita stroke, maupun excercise untuk penderita cerebralpalsy. Agar lebih inovatif, kamu bisa membuka klinik baby spa.

3. Konsultan kebugaran offline maupun online

Profesi ini memang masih sangat jarang di Indonesia. Namun, di luar negeri, konsultasn kebugaran sangat mudah ditemukan, misalnya di klub sepak bola. Bagi kamu yang tertarik menjadi konsultasn kebugaran, kamu bisa bekerja di sanggar senam, klub olahraga maupun sekolah atlit.

Menjadi konsultan keburagan bisa juga dilakukan secara online. Caranya mudah, buatlah sebuah blog yang berisi tentang tips-tips kebugaran, layanan konsultasi, hingga menjual alat-alat terapi tertentu. Jika kamu menekuninya secara serius, peluang tersebut sangat menjanjikan. Terlebih jika nantinya blog-mu sudah dikenal banyak orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here