Dalam kehidupan sehari-hari, sebenarnya kita tidak terlepas dari ilmu ekonomi. Tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, ilmu ini juga berperan dalam mewujudkan pembangunan negara. Bagi kamu yang tertarik memperdalam ilmu ekonomi, dalam hal ini yakni ekonimi berbasis pembangunan, maka jurusan Ekonomi Pembangunan menjadi pilihan yang tepat. Telebih jika kamu merupakan orang yang menyukai pelajaran hitungan. Kenapa? Karena di jurusan ini kamu banyak berkutat dengan angka, analisis, kurva dan data statisik.

Jurusan ini tentunya berada di bawah naungan fakultas ekonomi. Agar lebih memahami dan memiliki gambaran tentang jurusan ekonomi pembangunan beserta prospek kerjanya, yuk simak informasi berikut ini

Apa itu Ekonomi Pembangunan?

yahyazakaria.student.umm.ac.id

 

Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu cabang dari ilmu Ekonomi. Secara spesifik, jurusan ini mempelajari persoalan pembangunan yang sudah, sedang, dan akan dilaksanakan di negara berkembang. Pembangunan yang dimaksud yakni meliputi industri, perbankan, keuangan, hingga bisnis.

Tidak hanya itu, di jurusan ini juga dipelajari tentang bagaimana menganalisis berbagai isu perekonomian secara kritis, kemudian mencari dan menentukan solusi secara keratif dan inovatif. Mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan disiapkan untuk menjadi ahli di bidang perencanan pembangunan agar tercipta kesejahteraan milik bersama.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ekonomi Pembangunan?

faktakampus.com

 

Seperti yang telah disebutkan di awal, bahwa mahasiswa jurusan Ekonomi Pembangunan akan berkutat dengan angka dan analisis, maka mata kuliah yang dipelajari tidak lain dan tidak bukan adalah seputar hal tersebut, yakni meliputi Pengantar Bisnis, Teori Ekonomi Makro, Teori Ekonomi Mikro, Sejarah Pemikiran Ekonomi, Matematika Ekonomi dan Keuangan, Ekonomi Pembangunan, Ekonometrika, Manajemen Risiko dan Analisis Kredit Perbankan, Pengantar Akuntansi, Kebanksentralan. Sistem keuangan, Perekonomian Indonesia, Manajemen Perbankan, Valuasi Korporat, dan Etika Ekonomi.

Tidak hanya itu, kamu juga akan belajar tentang mata kuliah cabang ekonomi seperti Ekonomi Internasional, Ekonomi Pertanian, Ekonomi Regional, Ekonomi Moneter, Ekonomi Kependudukan, Ekonomi Transportasi, Ekonomi Koperasi dan Kewirausahaan, Ekonomi Publik, Ekonomi Sumber Daya Alam dan Lingkungan, Evaluasi Proyek Pembangunan, Ekonomi Perencanaan, dan Ekonomi Maritim.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Ekonomi Pembangunan?

quipper.com

 

Diantara sekian banyak jurusan di bawah naungan fakultas ekonomi, Jurusan Ekonimi Pembangunan menjadi salah satu yang terfavorit dan banyak peminatnya. Kenapa? Karena prospek kerja lulusannya luas dan bisa menempati posisi strategis sehingga memiliki peluang karir yang menjanjikan. Berikut ini adalah sektor yang bisa kamu bidik untuk meniti karir setelah lulus.

1. Instansi Pemerintahan

Dengan mempelajari berbagai mata kuliah yang ada serta didukung soft skill yang memadai, lulusan ekonomi pembangunan memiliki keahlian dalam merumuskan berbagai persoalan pembangunan industri, perbankan, keuangan,hingga. Keahlian tersebut sangat dibutuhkan di instansi pemerintahan, salah satunya di bidang pembangunan ekonomi, seperti BPK, Bappenas, bappeda, Bank Indonesia, pegadaian, dan perpajakan.

2. Lembaga Pendidikan

Selain instansi pemerintahan, kamu juga bisa bekerja sebagai pengajar di perguruan tinggi. Akan tetapi, untuk bisa menjadi pengajar, kamu harus melanjutkan pendidikan magister di bidang ekomoni terlebih dahulu.

3. Perusahaan

Perusahaan nasional maupun internasional yang bergerak di bidang ekonomi, perbankan, maupun perusahaan umum juga membutuhkan tenaga ahli dari lulusan ekonomi pembangunan. Di perusahaan yang bergerak di bidang ekonomi, kamu bisa menempati posisi sebagai analis. Sementara di perusahaan umum, kamu bisa bekerja di bagian research and development untuk menganalisa berbagai isu perekonomian serta mencari solusi tepat.

Selain yang telah disebutkan di atas, lulusa jurusan Ekonomi Pembanunan juga bisa bekerja di BUMN maupun sektor swasta, tertama yang bergrak di bidang perbankan maupun keungannya lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here