Kemanan dan privasi di dunia maya semakin terancam seiring dengan perkembangan internet yang pesat. Mengapa terancam? Karena hal tersebut dimanfaatkan secara negatif oleh para hacker. Itulah mengapa, keberadaan jurusan Cyber Security memiliki peran yang penting dalam menanggulangi hal tersebut.

Nah, bagi kamu yang teratrik untuk mendalami seputar pertahanan dunia maya, kamu bisa mengambil jurusan Cyber Security. Agar lebih memahami tentang jurusan ini, yuk simak penjelasan berikut.

Apa itu Jurusan Cyber Security?

netstar.co.uk

Jurusan Cyber Security merupakan ilmu yang mempelajari cara memproteksi pemerintah maupun industri dari cyber attack atau serangan dunia maya. Jurusan ini dirancang agar mahasiswa memiliki bekal pengetahuan dan keahlian dalam perancangan, pergujian, dan implementasi pertahanan dunia maya. Jurusan Cyber Security berkaitan erat dengan sains, komputer, serta kemampuan berpikir kritis.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Cyber Security?

infokuliahluarnegeri.com

Mata kuliah di masing-masing universitas bisa saja berbeda-beda. Namun secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan ini meliputi Cyber Security Foundation, Cyber Security Analysis and Method, Database Systems, Secure Web Programming, Network Programming, Human and Computer Interaction, Data Structures, Computer Network, Network Security Administration, Program Design Methods, Security for Multimedia, Cyber Law, dan Software Engineering.

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Cyber Security?

jurusanku.com

Di era serba digital ini, Isu privasi dan keamanan menjadi permasalahan utama yang menjadi sorotan. Banyak data dari pemerintahan maupun perusahaa yang harus disimpan di tempat khsusu agar tidak diretas oleh pihak yang tidak betanggungjawab. Di sinilah, lulusan jurusan Cyber Security sangat diperlukan.

Peluang kerja yang tersedia kebanyakan di sektor teknologi informasi. Adapun posisi yang bisa ditempati antara lain sebagai berikut:

1. Konsultan security

Tugas seorang konsultan security yakni memberikan solusi kemanan terhadap permasalahan yang akan atau sedang dialami oleh perusahaan, mulai dari menemukan cara paling efektif melindungi perangkat lunak, jaringan, hingga melakukan analisis resiko dan pengujian.

2. Chief information security officer (CISO)

Chief information security officer (CISO) bertanggungjawab mengatur sektor keamanan TI sebuah perusahaan. Posisi ini tentu sangat menggiurkan. Namun untuk bisa menempatinya, kamu harus benar-benar memiliki kompetensi yang diingan oleh perusahaan tersebut dan tentunya sudah berpengalaman.

3. Security engineer

Security engineer bertugas membangun dan memelihara sistem keamanan perusahaan maupun pemerintahan. Antara lain memasang firewall, mengembangkan skrip automasi yang digunakan untuk melacak insiden maupun menguji keamanan.

4. Security architect

Security architect bertugas mendesain, meriset, arsitektur keamanan yang kuat, mengimplementasikan serta mengawasi kemanan jaringan komputer perusahaan.

5. Incident responder

Sesuai dengan namanya, posisi ini sangat berkaitan dengan insiden. Jika terjadi sebuah insiden, maka seorang incident responder menjadi orang yang bertindak pertama kali. Tidak hanya itu, mereka juga bertanggujawab memberikan edukasi serta pencegahan terjadinya insiden.

6. Spesialis forensik computer

Spesialis forensi computer merupakan detektif digital yang bertugas mengakses dan menganalisis bukti dari berbagai hal, mulai perangkat penyimpanan data, dari komputer, maupun jaringan.

7. Penetration tester

Sebuah sistem keamanan pasti memiliki kekurangan. Nah, disinilah peran penetration tester diperlukan. Tugasnya adalah untuk mencari celah kemanan dalam sistem serta melalukan analisis mendalam terhadapnya.

8. Security analyst

Security analyst bertugas mendeteksi dan mencegah ancaman cyber, menganalisis resiko ancaman, melakukan audit internal dan eksternal, hingga mengoordinasikan rencana keamanan dengan pihak ketiga.

9. Auditor security

Auditor security bertugas untuk memeriksa efektivitas sebuah sistem keamanan dan memberikan solusi serta inovasi untuk peningkatan sistem.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here