Kamu termasuk orang yang komunikatif dan kreatif? Jika iya, kamu bisa mempertimbangan jurusan broadcasting untuk dijadikan pilihan ketika hendak kuliah di perguruan tinggi. Agar pertimbanganmu semakin matang dan tidak salah jurusan, yuk simak terlebih dahulu seputar jurusan broadcasting berikut ini.

Apa Itu Jurusan Broadcasting?

mamikos.com

 

Sebelum bicara apa sih jurusan broadcasting itu? Kita akan membahas broadcast terlebih dahulu, supaya kamu bisa membedakan antara broadcast dan broadcasting.

Broadcast merupakan suatu metode pengiriman data. Data tersebut akan dikirimkan ke banyak titik dalam satu waktu. Nah, untuk lebih gampangnya, kamu tentu pernah mendapatkan pesan siaran di BBM, Line, maupun WhatsApp bukan? Atau bahkan kamu pernah mengirimkankan, misal semacam ucapan selamat hari raya. Ya, pesan tersebut merupakan pesan broadcast.

Sedangkan broadcasting atau kepenyiaran merupakan sub disiplin ilmu komunikasi terapan yang secara khusus mempelajari bagaimana pengemasan pesan di media massa elektronik seperti televisi, radio, maupun internet.

Broadcasting sendiri terbagi menjadi dua jenis, yakni broadcasting radio atau kepenyiaran dan broadcasting televisi atau kepenyiaran televisi

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Broadcasting?

afifahmazaya.com

Hal yang paling dominan dipelajari di jurusan broadcasting yakni bagaimana membuat konten sebuah siaran, mulai dari proses praproduksi, produksi hingga pascaproduksi. Dengan demikian, kamu tidak hanya belajar teori saja, namun juga dibarengi dengan praktik, misalnya praktik membuat konten yang menarik serta edukatif.

Meksipun broadcasting kerap dikaitkan dengan proses siaran, namun banyak hal lain yang ternyata perlu dan penting dipelajari sebelum siaran berlangsung, misalnya produksi file audio maupun video serta manajemen broadcast.

Secara umum, jurusan broadcasting terbagi menjadi tiga spesifikasi:

1. Manajemen Pemberitaan.

Manajemen pemberitaan cocok bagi kamu yang ingin menjadi penulis naskah berita, penyiar berita, reporter maupun presenter. Keahlian yang akan dipejari yakni public speaking, menyusun bulletin, menulis naskah berita, TV performance dan lainnya yang terkait dengan pemberitaan.

2. Manajemen Produksi.

Manajemen Produksi cocok untuk kamu yang berkeinginan menjadi tim kreatif, penulis skenario, sutradara hingga produser. Keahlian yang akan dipelajari yakni bagaimana menyusun program, menulis naskah maupun skenario suatu program dan lainnya yang terkait dengan manajemen produksi.

3. Teknik Produksi.

Teknik produksi cocok buat kamu yang ingin bekerja di bagian teknik, seperti lightingman, editor, kameraman, soundman dan lainnya yang berkaitan dengan teknik produksi. Keahlian yang dipelajari yakni konsep tata letak cahaya, editing gambar dan grafis, tata suara dan lainnya.

Bagaimana Proses Perkuliahannya?

youthmanual.com

 

Selama proses perkuliahan sudah pasti kamu bakalan sering diberi tugas. Tugas yang diberikan oleh dosen tergantng spesifikasi yang kamu pilih. Misal kamu memilih manajemen pemberitaan, maka tugas yang diberikan antara lain menulis naskah berita, membuar rundown bulletin berita, reportase, video siaran berita, serta wawancara. Jika kamu memilih manajemen produksi, maka tugas yang biasa diberikan yakni membuat naskah, baik naskah skenario, program maupun desain program. Sedangkan untuk teknik produksi, project yang diberikan seputar editing.

Hal yang paling ditunggu-tunggu yakni praktikum bersama, dimana project tersebut menggabungkan mahasiswa dari manajemen pemberitaan, manajemn produksi dan teknik produksi. Kamu akan bekerja secara tim untuk membuat dan menayangkan program, baik taping maupun live.

Bagaimana Prospek Kerjanya?

academicindonesia.com

 

Bicara tentang prospek kerja lulusan broadcasting, kebanyakan orang akan berkata ‘wartawan’. Ya, memang broadcasting identik dengan profesi wartawan. Namun, masih banyak profesi lain yang bisa kamu kejar loh. Profesi tersebut sesuai dengan spesifikasi yang kamu pilih selama kuliah. Kamu bisa menjadi penulis skenario, reporter, dan sebagainya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here