Apakah kamu termasuk orang yang tertarik untuk mempelajari tentang kehiudupan manusia dan kebudaayaan yang dihasilkan? Apakah kamu termasuk orang yang suka jalan-jalan dan berpetualang? Jika iya,maka jurusan Antrolopologi cocok untuk kamu ambil. Mungkin, bagi sebagian orang, jurusan ini dipandang sebelah mata. Tapi, jangan hiraukan perkataan orang, jika kamu sudah tahu apa passion-mu, teruslah maju. Menekuni ilmu antropologi dan menjadi seorang antrolopolog itu menantang loh. Sebab ada banyak kebudayaan di dunia ini yang tersebar di berbagai wilayah, kesemuanya itu layak dieskplorasi dan dipelajari lebih dalam.

Nah, agar kamu lebih memahmi apa itu jurusan antropologi dan prospek kerjanya, yuk simak informasi berikut.

Apa itu Jurusan Antropologi?

dictio.net

 

Antropologi merupakan ilmu yang mempelajari seluk-beluk manusia beserta unsur-unsur kebudayaan yang dihasilkan dalam kehidupannya. Ilmu Antropologi sendiri dibagi menjadi dua, yakni antropologi fisik dan antropologi budaya. Antropologi fisik mempelajari ciri-ciri fisik dan forensic manusia. Sedangkan antropologi budaya mempelajari interaksi dan hubungan antar manusia. Mahasiswa antropologi dituntut untuk mengetahui bagaimana cara berinterkasi dengan manusia dari berbagai suku dan kebudayaa yang berbeda.

Mata Kuliah Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Antropologi?

anthropology.artsci.wustl.edu

 

Secara umum, mata kuliah yang akan kamu pelajari di jurusan Antropoligi selama masa perkuliah meliputu Folklore, Sejarah Teori Antropologi, Antropologi Pariwisata, Antropologi Kesehatan, Antropologi Ekonomi, Antropologi Agama, Etnografi Wilayah Jawa & Bali, Etnografi Wilayah Papua, Etnografi Wilayah Maluku dan NTT, Antropologi Kependidikan, Etnografi Wilayah Sulawesi, Etnografi Wilayah Sumatera, Etnografi Diaspora di Indonesia, Migrasi dan Perubahan Sosial Budaya, Antropologi Hukum, Etnofotografi, Etnografi Kesejahteraan Sosial, Studi Tubuh Nalar dan Masyarakat, Antropologi Ekologi, Kebudayaan dan Indrawi Manusia, Perubahan Iklim dan Bencana Alam, Kesukubangsaan dan Nasionalisme, Studi Gender, Studi Literatur Antropologii, Etnovideografi, , Etnografi Wilayah Eropa, Etnografi Wilayah Asia Tenggara, Kajian Konsumsi dan Gaya Hidup, Kajian Transgresi Sosial, dan Kajian Pemberdayaan Masyarakat.

Bagaimana Prospek Kerja Jurusan Antropologi?

Pinterest.com

 

Antropologi merupakan cabang dari ilmu sosial dan humaniora, oleh karena itu , para lulusannya berpeluang untuk bekerja di berbagai bidang, baik yang linear dengan jurusannya maupun yang tidak. Secara ideal, lulusan Antrologi meniti karir di bidang akademisi dan riset, dan tentunya lulusan Antropologi dapat menjadi seorang Antropolog.

Berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan Antrologi yang bisa kamu bidik.

1. Tenaga Pendidik

Bagi Anda yang tertarik berkarir di dunia pendidikan, Anda bisa bekerja sebagai tenaga pendidik/ dosen. Anda bisa berbagi ilmu, pengetahuan dan pengelaman yang telah diperoleh kepada peserta didik. Untuk bisa menjadi seorang dosen, tentunya Anda

2. Manajemen Sumber Daya Manusia

Kemampuan menganilisa kebudayaan dan karakteristik dari sebuah kebudayaan membuat seorang lulusan antrolopogi cukup prospek menekuni bidang Manajamen Sumber Daya Manusia. Tugasnya yakni menyeleksi kandidat terbaik yang akan mengisi sebuah jabatan atau posisi di sebuah perusahaan.

3. Staff Penelitian Dan Pengembangan

Setelah lulus, kamu juga bisa bekerja sebagai staff penelitian dan pengembangan di perusahaan. Tugasnya yakni meneliti data untuk kemudia dianalisis agar ditemukan solusi dari sebuah permasalahan yang sedag maupun akan terjadi.

4. Teknisi Museum dan Konservator

Tugas dari seraong teknisi konserator yakni mencari informasi mengenai peristiwa sejarah, indikataor, serat dampaknya pada peradaban dan kebudayaan yang ada. Di sini, pengetahuan serta skill yang dipelajari selam masa kulia sangat berguna untuk diaplikasikan.

Selain yang telah disebutkan di atas, seorang lulusan jurusan antropologi juga bisa bekerja sebagai juru arsip, PNS, dan Etnografi pemasaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here