Home / Komunitas / Semarak Akhir Tahun GenBI Purwokerto
satelitpost.com

Semarak Akhir Tahun GenBI Purwokerto

Purwokerto- GenBI merupakan sebuah organisasi yang beranggotakan mahasiswa penerima beasiswa dari Bank Indonesia. GenBI Purwokerto terdiri dari mahasiswa IAIN Purwokerto dan UNSOED. Selama satu tahun periode, GenBI Purwokerto telah banyak melakukan kegiatan yang tidak hanya bermanfaat secara intern, tapi juga eksteren, yaitu masyarakat.

Menjelang berakhirnya tahun 2017, GenBI menggelar acara semarak akhir tahun yang terdiri dari 3 rangakain kegiatan, yaitu Bersih Indonesia, pembangunan perpustakaan GenBI, dan Pelatihan Kepenulisan.

Bersih Indonesia dengan tema “Solusi untuk Sanitasi Lingkungan” merupakan program wajib GenBI Nusantara, dimana pada tahun lalu diadakan tanam padi. Sedangkan untuk kepengurusan kali ini diadakan program bersih Indonesia. Kegiatan tersebut terdiri dari tiga acara, pertama Sosialisasi Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal yang digelar di Aula Balai Desa Grendeng.

Sosialisasi diikuti oleh anggota GenBI, Lembaga Swadaya Masyarakat, Organisasi Kemahasiswaan, pemerhati lingkungan, dan warga sekitar. Setelah sosialisasi, peserta digiring untuk melakukan dari balai desa Grendeng menyusuri jalan Kenanga no. 1 Rt. 04 Rw 01, Grendeng, Purwokerto Utara. Peserta dengan semangatnya bahu membahu membersihkan lingkungan meskipun saat itu sudah menunjukkan pukul 11.00 WIB. Bersih Indonesia diakhiri dengan instalasi IPAL Komunal di pemukiman warga grendeng, tepatnya di Oase Residence. IPAL tersebut mempunyai daya tampung sebanyak 44 kepala keluarga.

Dengan adanya IPAL Komunal, akan tercipta lingkungan yang sehat dan bersih, rumah sehat, serta penurunan penyakit yang disebabkan oleh masalah limbah rumah tangga. IPAL Komunal terdiri dari empat wadah penampungan yaitu wadah penampungan, pembusukan, penyaringan, dan pembunuhan bakteri. Setelah limbah melalui wadah tersebut, barulah dialirkan ke sungai sehingga sungai tidak tercemar. Bahkan limbah tersebut dapat digunakan untuk pengairan sawah dan kolam ikan.

“Saluran IPAL Komunal menggunakan air dari tempat yang tinggi ke rendah tanpa memerlukan pompa. Setelah limbah rumah tangga berupa cairan atau pada melalui empat wadah, baru dialirkan ke sungai. Limbah tersebut sudah aman dari bakteri, dapat digunakan untuk mengaliri sawah dan kolam ikan,” ujar Saudin Yuiarno selaku pemateri Sosialisasi IPAL Komunal. (satelitpost.com)

Kegiatan tersebut mendapat respon posistif dari warga sekitar dan juga diliput oleh satelit pos serta disiarkan di Banyumas TV. Bahkan, dari kegiatan tersebut terlahir juga komunitas IPAL Komunal yang bergerak di bidang keperdulaian terhadap lingkungan.

Selanjutnya, pembangunan perpustakaan GenBI dilaksanakan di kantor BI Purwokerto pada Senin, 18 Desember 2017. Pembangunan perpustakaan memang terbilang sudah rampung, hanya saja pemindahan buku-buku belum terlaksana. Sehingga GenBI bergotong royong memindahkan buku-buku ke Perpustakaan yang baru. Dengan adanya perpustakaan yang baru serta penambahan koleksi buku, diharapkan anggota GenBI semakin berkembang secara keilmuan sehingga mampu bermanfaat bagi masyarakat luas.

Kegiatan yang terakhir yaitu pelatihan kepenulisan bersama Kabamedia Bandung yang dilaksanakan di Hotel Aston, tepatnya di ruang Kresna lantai 3. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh anggota GenBI Purwokerto. Dalam kesempatan tersebut dikupas tuntas mengenai kepenulisan ilmiah. Harapan kedepannya GenBI mampu berpikir kritis dan menuangkan gagasannya ke dalam bentuk tulisan yang sesuai dengan kaidah kepenulisan ilmiah. Pelatihan kepenulisan berlangsung dengan lancar. Para peserta antusias mengikuti acara hingga akhir.

Kepengurusan GenBI 2017-2018 telah berjalan selama satu tahun. Semarak akhir tahun terlaksana dengan baik berkat dukungan dari berbagai pihak. Untuk satu tahun ke depan, GenBI akan hadir untuk masyarakat dengan beragam kegiatan lainnya.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh, Lengkap dengan Daftar Fakultas

Berminat kuliah di Aceh? Jika iya, kamu perlu tahu informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik …

3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Jember

Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *