Selengkapnya Tentang Jurusan Cinematography

www.iipedu.com

Kamu tertarik dengan produksi film dan acara di televisi? Atau kamu hobi membuat film pendek? Jika iya, maka jurusan ini cocok banget buat kamu, Cinematography atau perfilman. Kuliah di jurusan ini, kamu akan banyak belajar dalam sebuah kelompok untuk mengerjakan project pembuatan film yang diberikan oleh dosen.

Dari tugas kelompok tersebut, kamu akan mendapatkan banyak pengalaman berorganisasi dan bekerjasama dalam sebuah tim. Tidak semua anggota tim menjadi sutradara, biasanya masing-masing anggota akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi produser, script writer, sound mixer, editor, maupun kameramen. Dengan demikian, kamu bisa mencoba berbagai posisi untuk kemudian bisa menemukan posisi terbaik yang sesuai dengan passion kamu. Meskipun kebanyakan tugas berbasis kelompok, namun jangan dianggap remeh ya.

Berkuliah di jurusan yang satu ini memang terkenal costly, karena kamu membutuhkan beberapa peralatan pribadi, seperti computer hard drive, light mater, kamera, dan lainnya yang harganya tidaklah murah. Belum lagi kamu harus mengeluarkan biaya untuk produksi film sebagai pemenuhan tugas tertentu. Namun, kamu tidak perlau terlalu khawatir karena di beberapa universitas ternama sudah dilengkapi dengan laboratorium yang representatif.

Selain itu, untuk menekuni jursan bergengsi yang satu ini, kamu dintuntut untuk kreatif, memperhatikan detail, berfikir dan membaca kritis, serta memiliki kemampuan verbal dan menulis.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Cinematography?

Hal yang dipelajari di jurusan ini sudah pasti mengenai seluk beluk film. Berikut ini keahlian yang akan kamu pelajari selama masa kuliah, yakni antara lain:

1. Animasi

pixabay.com

 

Kamu akan belajar tentang bagaimana menggunakan aplikasi, fungsi animasi, dan terampil dalam membuat berbagai animasi yang menarik.

2. Editing

www.nyfa.edu

 

Kamu akan mempelajari prosedur kerja editing serta bagaimana cara mengedit berbagai format program, serta melakukan praktek editing video non-linier.

3. Fotografi

www.prensalibre.com

 

Kamu akan belajar bagaimana cara menganalisa, memahami teknik serta menghasilkan foto jurnalistik, komersial, maupun seni.

4. Penyutradaraan

yahadramaut.wordpress.com

 

Kamu akan mempelajari tentang seluk beluk konsep dan teknik penyutradaraan secara rinci dan mendalam

 

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Jurusan Cinematography?

Kamu bisa bekerja di dunia perfilman, video, maupun TV. Posisi yang bisa kamu isi antara lain sebagai editor, fotografe, kameraman, asisten sutradara, manajer lokasi, pengarah seni, hingga bagian riset.

Seperti halnya lulusan dari jurusan lain, ketika lulusa dan bekerja maka kemungkinan kamu akan ditempatkan pada posisi yang tidak terlalu urgent. Terus tunjukkan bakat dan prestasimu supaya lekas naik posisi ya. Pekerjaan lain yang bisa kamu pilih yakni menjadi fereelance, menempati posisi sebagai coordinator, penulis naskah, penyair/ pembawa acara, dan pengarah fotografi.

Tidak hanya industri perfilman dan pertelivisian saja yang mempekerjakan lulusan jurusan cinematography. Ternyata Industri percetakan juga melirik para lulusan jurusan bergengsi yang satu ini.

Perusahaan surat kabar, publikasi online, maupun majalah tentu membutuhkan lulusan jurusan ini untuk mengisi formasi sebagai jurnalis film, manajer atau editor, maupun di bagian riset dan produksi film dan foto.

Masih ada nggak lapangan perkejaann untuk lulusan jurusan cinematography? Masih kok. Tenang saja. Kamu juga bisa bekerja di perusahaan periklanan, marketing, maupun komunikasi. Posisi yang bisa kamu isi antara lain copywriter, pengarah seni, account manager dan riset pasar.

Bagi kamu yang lebih suka berkecimpung di dunia pendidikan dan sudah memiliki gelar S2, maka kamu bisa bekerja sebagai pengajar.

 

About April 178 Articles
Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*