Kalian pasti pernah berwisata yak? Bahkan, ada juga yang sampai menginap di hotel demi menikmati keindahan pariwisata suatu tempat. Nah, dibalik kenyamanan tempat wisata dan pelayanan hotel yang baik, ada para founder dan pegawai yang mumpuni pastinya.

Untuk bisa mengelola sektor pariwisata dan perhotelan yang baik, kalian bisa berkuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata. Di Indonesia, terdapat 4 Sekolah Tinggi Pariwisata terbaik. Ada apa aja yak? Yuk simak.

1. Sekolah Tinggi Pariwisata Pelita Harapan

id.wikipedia.org

 

Di Sekolah Tinggi Pelita Harapan tersedia dua jurusan yakni jurusan manajemen perhotelan dan usaha wisata. Keduanya telah mengantongi akreditasi A.

Fasilitas yang ada untuk mendukung proses perkuliahan jurusan managemen perhotelan antara lain:

  1. Kitcen Labolatory. Kitchen Laboratory memiliki standar industri hotel dengan fasilitas memasak yang lengkap. Para mahasiswa bisa prakik memasak berbagai masakan di dapur yang super lengkap dan nyaman ini.
  2. Pastry Kitchen. Pastry Kitchen yang dimiliki juga berstandar industri. Dapur khusus ini dapat digunakan untuk membuat berbagai produk patisserie dan berbagai macam jenis roti. Peralatan yang tersedia juga lengka.
  3. Fine Dining Restaurant. Fine Dinning Restaurant merupakan tempat praktikum mahsiswa berupa restaurant ala fine dinning. Di sini, mahasiswa bisa melakukan praktik tata hidang makanan dan minuman.
  4. Labolatorium Sistem Reservasi Galileo. Merupakan laboratorium komputer yang biasa digunakan oleh para mahasiswa untuk berlatih reservasi menggunakan sistem reservasi Galileo.
  5. Front Office Counter. Merupakan pusat hotel untuk mahasiswa. Fungsinya adalah untuk meningkatkan pelayanan yang baik dan berkualitas.

Selain didukung oleh fasilitas yang lengkap, jurusan manajemen perhotelan sekolah tinggi pelita harapan juga memiliki pretasasi yang luar biasa, antara lain juara 1 Making Bed Competition – The Soul of Nation dan Certificate of Appreciation for The Best Paper – ICGTD 2016.

Untuk jurusan Manajemen Usaha Wisata juga telah mendapatkan akreditasi “A’ dari BAN-PT, berikut ini fasilitas-fasilitas yang disediakan untuk jurusan Manajemen Usaha Wisata:

  1. Travel Counter Simlulation Room, merupakan ruangan simulasi yang biasa digunakan untuk praktik Perencanaan dan Operasional Perjalanan Wisata, dalam praktiknya mahasiswa akan melakukan simulasi bertemu langsung dengan tamu untuk menjual beberapa paket wisata.
  2. Guiding Simulation Room, merupakan ruangan yang di desain seperti didalam bus asli digunakan untuk latihan memandu.
  3. Laboratorium Sistem Reservasi Galileo, laboratorium komputer yang digunakan oleh mahasiswa untuk berlatih reservasi menggunakan sistem reservasi Galileo.
  4. Tour Bus, Buss STPPH merupakan bus khusus yang digunakan untuk latihan memandu dan praktik lapangan baik didalam kota maupun diluar kota.

Jurusan Manajemen Usaha Wisata ini juga pernah meraih beberapa prestasi diantaranya juara 1 dan 3 kompetisi memandu dan juara kompetisi pariwisata indonesia 7.

2. Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid

homeungguljaya.blogspot.com

 

Selanjutnya yaitu Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid. ST ini menawarkan program pendidikan formal dan non formal. Program pendidikan formal berupa pendidikan vokasi dalam bidang Hospitaly dan Usaha Wisata dengan jenjang Diploma 1, 2, dan 3. Untuk program pendidikan non formal juga telah mendapatkan sertifikat resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Berikut ini adalah Program Pendidikan yang ada di STP Sahid:

  1. D4 Sarjana Terapan Perhotelan. Merupakan program vokasi perhotelan dengan lama studi 4 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar S.Tr.Par
  2. D3 Ahli Madya Perhotelan. Merupakan program vokasi perhotelan dengan lama studi 3 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar A.Md.Par
  3. D1 Ahli Pratama Perhotelan. Merupakan program vokasi perhotelan dengan lama studi 1 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar A.P.Par.
  4. D4 Sarjana Terapan Pariwisata. Merupakan program vokasi pariwisata dengan lama studi 4 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar S.Tr.Par.
  5. D3 Ahli Madya Pariwisata. Merupakan program vokasi pariwisata dengan masa studi 3 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar A.Md.Par.
  6. D1 Ahli Pratama Pariwisata. Merupakan program vokasi pariwisata dengan lama studi 1 tahun. Lulusannya akan menyandang gelar A.P.Par.

Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, antara lain:

  1. Kitchen Lab
  2. Pastry Lab
  3. Restaurant Lab
  4. Front Office
  5. Library
  6. Housekeeping Lab
  7. Travel Bus
  8. Auditorium

3. Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

stptrisakti.ac.id

 

Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah berkecimpung dalam dunia pariwisata selama 45 tahun lebih. ST ini merupakan penyelanggara Program Diploma 4 pertama untuk pendidikan pariwisata di Indonesia.

Sejak tahun 1986 hingga 2016 lalu, STP Trisakti telah banyak meraih penghargaan, antara lain meraih medali perunggu dalam acara Chengzu World Martial Arts Mastership 2016 yang diselenggarakan di Korea Selatan, medali emas dalam ajang Laurea Mundi Budapest Festival of Choral Music pada tahun 2016.

Berikut ini adalah program studi yang ada di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti:

  1. D1 Perhotelan. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. D1 Perhotelan dapat ditempuh selama dua semester.
  2. D3 Perhotelan. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. D3 Perhotelan dapat ditempuh selama 6 semester.
  3. D4 Perhotelan. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. D4 Perhotelan dapat ditempuh selama 8 semester.
  4. D4 Usaha Perjalanan Wisata. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. D4 Usaha Perjalanan Wisata dapat ditempuh selama 8 semester.
  5. S1 Perhotelan dan Pariwisata. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. S1 Perhotelan dan Pariwisata dapat ditempuh selama 8 semester.
  6. S2 Pariwisata. Program studi ini telah terakreditasi A oleh BAN-PT. D4 Pariwisata dapat ditempuh selama 4 semester.

Sekolah Tinggi Trisakti dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang proses pembelajaran. Antara lain:

  1. Laboratorium Komputer. Terdapat ada 3 laboratorium komputer. Masing-masing terdiri dari 24 unit komputer dilengkapi dengan program aplikasi Windows, Maxial, Galileo.
  2. Simulasi Kantor Depan Hotel. Terdiri dari 3 laboratorium yang didesain sedemikian rupa, sehingga dapat menunjang proses praktikum.
  3. Laboratorium Housekeeping. Terdiri dari 5 model ruangan yang sesuai dengan standar hotel.
  4. Bar dan Restoran. Tersedia 2 ruangan yang biasa digunakan mahasiswa untuk melakukan praktikum mata kuliah.
  5. Stewarding. Tersedia 2 ruangan untuk pencucian peralatan.
  6. Store Room. Tersedia 1 ruangan. Terdiri dari tempat menyimpan peralatan, bahan baku, dan linen.
  7. Biro Perjalanan Wisata. Ruangan ini khusus digunakan untuk pembelajaran bagi mahasiswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata meliputi reservation, ticketing, dan informasi tentang Biro Perjalanan.
  8. Airline Counter. Digunakan bagi mahasiswa jurusan Usaha Perjalanan Wisata.
  9. Ruang Cargo. Merupakan ruangan simulasi cargo yang didesain sedemikian rupa sehingga serupa dengan ruang aslinya. Ruangan ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas.

4. Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta

opac.amptajurnal.ac.id

Sekolah Tinggi Pariwisata AMPTA Yogyakarta memiliki empat program studi, yaitu:

  1. S1 Jurusan Pariwisata, terkreditasi B. Lama studi 8 semester.
  2. D3 Perhotelan, terakreditasi B. Lama studi 6 semester.
  3. D4 Administrasi Hotel, terakreditasi A. Lama waktu studi 8 semester.
  4. D3 Manajemen Bisnis Perjalanan, terakreditasi B. Lama studi 8 semester.

Kampus ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung proses pembelajaran, antara lain:

  1. Laboratorium Bahasa
  2. Laboratorium Kitchen dan Pastry
  3. Laboratorium Restaurant
  4. Laboratorium Bar
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Housekeeping
  7. Bangunan Tradisional
  8. Music Studio
  9. Alat musik Gamelan lengkap

Bagaimana? Keren kan 4 Sekolah Tinggi Pariwisata terbaik di Indonesia? Program studinya udah terakreditasi oleh BAN-PT dan fasilitas pendukung proses pembelajarannya juga lengkap. Sekian dulu yak, semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here