Home / Ngampus / Perpustakaan Terbaik di Asia yang Bakalan Bikin Kamu Betah Membaca
iwan.com

Perpustakaan Terbaik di Asia yang Bakalan Bikin Kamu Betah Membaca

Sebagai seorang mahasiswa, sudah seharusnya budaya membaca kita lebih unggul dibandingkan dengan masyarakat pada umumnya. Untuk bisa membaca dengan tenang dan nyaman, tentunya kita membutuhkan tempat yang mendukung. Nah, bagi kamu yang kebetulan sedang berada di beberapa negara Asia berikut, kamu bisa mengunjungi perpustakaan terbaik di Asia yang dijamin membuat kamu betah berlama-lama membaca buku.

Ada apa saja yak? Yuk simak.

1. Musashino Art University Library – Tokyo, Japan

iwan.com

 

Dilihat dari bangunannya saja, Musashino Art University Library sangat eye catching dan comfy meskipun cukup simpel. Desain arsitekturnya merupakan karya seorang aritek ternama Jepang, Sou Fujimoto. Bagian luar dari gedung ini berlapis kaca. Didalamnya terdapat rak buku setinggi 6 meter yang tertata rapih. Ruang baca dari Musashino Art University Library telah didesain sedemikian rupa sehingga pengunjung bisa membaca buku dengan nyaman.

2. Liyuan Library – Beijing, China

www.sixthtone.com

 

Liyuan Library merupakan perpustakaan eco-friendly dan sangat cozy yang dikelilingi hutan dan berada di desa kecil pinggir Beijing. Uniknya, sistem penyejuk ruangan pada perpustakaan ini memanfaatkan udara dingin yang diambil dari danau. Tidak hanya itu, semua bahan material yang digunakan recyclable.

Wah kebayang yak gimana rasanya baca buku di Liyuan Library. Udaranya sudah pasti bersih, sejuk, dan alami. Makin betah baca buku deh.

3. Kanazawa Umimirai Library – Kanazawa City, Japan

www.pinterest.com

 

Bangunan Kanazawa Umimirai Library memiliki desain yang unik, yakni menyerupai box yang penuh dengan lubang-lubang. Kalau warnanya kuning, pasti mirip kayak keju yang sering buat rebutan sam Tom dan Jerry. Hix.

Lubang-lubang tersebut dibuat bukan tanpa maskud atau sekedar mempercatik bangunan yak geng, karena ternyata memiliki fungsi sebagai perantara masuknya cahaya matahari supaya ruangan lebih terang, terutama saat siang hari.

4. The National Library of Singapore – Singapore

www.nlb.gov.sg

 

The National Library of Singapore berdiri sejak 2005. Karena terletak di lantai 16 sebuah bangunan, perpustakaan ini memiliki view yang sangat indah dan menakjubkan. Kamu bisa membaca buku sambil menikmati view Singapur dari ketinggian.

5. Beitou Library – Taipei, Taiwan

twitter.com

 

Tidak hanya China, Taiwan juga punya perpustakaan yang eco-friendly loh geng, yakni Beitou Library. Perpustakaan ini ramah lingkungan pake banget deh. Sumber energinya berasal dari solar panel dan air hujan yang dapat diolah lagi untuk digunakan pada toilet dan untuk merawat taman.

6. Artron Book Wall – Shenzhen, China

red-dot.de

 

Bagi kamu yang suka seni, bisa banget menggabungkan aktivtas membaca dan seni. Tempat yang tepat yakni di Artron Book Wall. Lokasinya berada di Chinese art center yang merupakan milik dari salah satu perusahaan percetakan.

Uniknya, perpustakaan ini menggunakan pencahaaan khusus yang didesain oleh lighting designer agar melembutkan cahaya pada ruangan dan lebih mendekatkan pengunjung dengan seni. Keren!

7. Tama Art University Library – Tokyo, Japan

iwan.com

 

Nah, ini dia perpustakaan kampus yang masuk ke dalam jajaran perpustaakan terbaik di Asia, yakni Tama Art University Library. Bangunan perpustakaan ini menonjolkan material beton ekspose dan baja namun tetap terkesan cozy.

8. Bishan Public Library – Singapore

inhabitat.com

 

Bishan Public Library menampilkan aktivitas perpustakaan lewat dinding kaca berwana-warni. Dari dalam kamu bisa melihat keluar dan sebaliknya. Di perpustaan ini, kamu bisa membaca buku sambil sesekali melemparkan pandangan ke luar gedung, siapa tau ada doi lewaT. Hix.

Perpustakaan mana nih ingin kamu kunjungi? Atau bagi kamu yang ada di salah satu negara tersebut, sudah pernah berkunjung ke perpustakaannya belum? Kalau belum, cobain deh.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

3 Tips Move On dari (Kenangan) Mantan

Ketika menjalin sebuah hubungan dengan lawan jenis, orang dewasa sudah sepantasnya berpikir ke arah yang …

Pedoman Menghadapi Tragedi “Lain di Kaleng, Lain di Isi” Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi, sebentar lagi lebaran. Ya ya ya, alhamdulilah masih diberi kesempatan menikmati Ramadan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *