Home / Juguran / Pedoman Menghadapi Tragedi “Lain di Kaleng, Lain di Isi” Saat Lebaran
cobabaca.net

Pedoman Menghadapi Tragedi “Lain di Kaleng, Lain di Isi” Saat Lebaran

Lebaran sebentar lagi, sebentar lagi lebaran. Ya ya ya, alhamdulilah masih diberi kesempatan menikmati Ramadan tahun ini dan insyaallah bisa menghirup udara Idul Fitri.

Sudah menjadi kebiasaan, selepas salat Ied kita melaksanakan prosesi bermaaf-maafan, dimulai dari keluarga sendiri kemudian dilanjutkan berkeliling ke saudara dan tetangga. Saat itulah, terkadang terjadi tragedi jebakan batman. Khalayak tentu sudah paham betul dengan yang namanya tragedi ‘lain di kaleng lain di isi’. Sebelas duabelas lah sama lain di mulut lain di hati (sambil goyang mekar).

Dalam beberapa kasus, kita mungkin tidak sempat mencicipi camilan tetangga yang sebenarnya nggak beda-beda amat sama camilan yang ada di rumah kita. Jenisnya kurang lebih sama, hanya beda merk, beda rasa, dan beda harga. Rego nggowo rupo, nggih. Namun, tidak jarang juga kita berkesempatan untuk singgah agak lama di rumah saudara maupun tetangga. Biasanya Bapak sama Ibu yang pada bertukar cerita. Kalau aku sih taun kemarin ya paling mentok ditanyain ‘kapan lulus’, dan, tahun ini dengan bangganya aku akan menjawab ‘habis lebaran sidang, doain biar lancar ya’. Hix. Tahun depan? Pikir keri kalo kata Mbak Via Vallen.

Bagi kalian yang pernah terkena jebakan batman, suka kikuk gitu nggak sih? Kalau aku sih iya. Nah, oleh sebab itu, kali ini aku bakalan bagi-bagi pedoman menghadapi tragedi ‘lain di kaleng lain di isi’. Yuk simak buat pedoman silaturahmi nanti. Cihuy.

1. Tunggu si tuan rumah mempersilahkan dan membuka kaleng

m.liputan6.com

 

Bagaimanapun juga, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk itu, sebelum kamu terlajur membuka toples, ada baiknya menunggu tuan rumah mempersilahkan dan membuka tutup kaleng. Dengan begitu, kamu bisa melihat apakah kaleng dan isi sesuai.

2. Amati sekeliling

123rf.com

 

Bagaimanapun juga, menunggu memang terkadang membosankan. Oke lah, jika tuan rumah tidak kunjung mempersilahkan atau mempersilahkan namun tidak membukakan tutup kaleng, selanjunya, kamu bisa mengamati sekeliling terlebih dahulu sebelum memantapkan diri membuka tutup kaleng. Pastikan tuan rumah tidak sedang melihat ke arahmu. Why? Ya untuk menghindari sakit hati saja. Nanti mereka mengira kamu nggak jadi makan camilan karena tau kaleng dan isinya tidak sesuai, ya walaupun memang kenyataannya begitu. Ya pokoknya, untuk menjaga hati empunya kaleng aja.

3. Senggol kelem

twitter.com

 

Namanya juga senggol kalem ya kan? So, nyenggolnya yang kalem-kalem aja, biar si kaleng nggak tersungkur. Senggol kalem bisa kamu lakukan menggunakan siku, misal kayak pura-pura mau ambil apa gitu, terus sikunya nyenggol kaleng yang kamu curigai. Kalau dia berat, kemungkinan isi sesuai dengan kalengnya. Kalau ternyata ringan dan berbunyi agak nyaring, hmmm, kemungkinan isinya memang rengginang.

4. Pura-pura mengambilkan jajan untuk anak kecil

loop.co.id

 

Jika masih ragu dengan hasil tebakan senggol kalem, opsi selanjutnya yakni, comot anak kecil. Pilih anak kecil yang akrab denganmu, bukan anak kecil yang baru ketemu pas lebaran, karena nanti dia bisa panik dan memberontak. Setelah memilih anak kecil, dengan wajah yang riang gembira, kamu tawarkan camilan kepadanya.

“Adek mau jajan, nih kakak ambilin ya.”

Siapkan hati yang tabah untuk membuka tutup kaleng yang kamu curigai beda kaleng beda isi. Setelah terbuka dan terkuak sudah apa isinya, kamu bisa menentukan tindakan. Jika memang kaleng dan isi tidak sesuai, kamu bisa menawarkan ke anak kecil tadi alih-alih menutupi kekecewaan.

“Adek doyan ini nggak?”

Kalau dia mengiyakan, ya sudah kasihkan saja. Kalau sebaliknya, nah kan kamu jadi nggak malu-malu amat untuk menutup kembali kaleng tersebut dengan berpaling ke lain hati. Eh, lain kaleng maksudnya.

Nah, itulah pedoman untuk menghadapi momen lain di kaleng lain di isi saat lebaran yak, tjuy. Semoga kamu tergolong orang-orang yang beruntung. Aamiin.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

5 Perguruan Tinggi Terbaik di Aceh, Lengkap dengan Daftar Fakultas

Berminat kuliah di Aceh? Jika iya, kamu perlu tahu informasi tentang 5 perguruan tinggi terbaik …

3 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Jember

Kamu ingin kuliah di Jember tapi bingung mau pilih perguruan tinggi apa? Tenang, Jember memiliki …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *