Home / Juguran / Pasca Wisuda, Jangan Lakukan 5 Hal Ini
deamstime.com

Pasca Wisuda, Jangan Lakukan 5 Hal Ini

Ketika kita berhasil lulus dan mendapatkan gelar sarjana, bukan berarti semua selesai. Euforia resepsi wisuda yang begitu meriah dan menyenangkan hanya bertahan beberapa saat, ya paling lama satu minggu lah. Itu pun kalau teman-temanmu banyak, sehingga ada syukuran berkali-kali, syukuran bersama teman rumah, teman kelas yang lengket banget, teman kos-kosan, teman KKN, teman PPL, dan teman-teman yang lainnya.

Setelah semua itu berlalu, kamu harus siap dihadapkan dengan berbagai kemungkinan tentang hidup. Agar masa-masa setelah wisudamu tidak suram, jangan lalukan hal-hal berikut ini.

1. Melamar Pekerjaan Hanya di Satu Tempat

moola.id

 

Jangan hanya melamar pekerjaan di satu tempat. Kirimkan lamaran ke berbagai instansti yang sedang membuka lowongan pekerjaan, hal tersebut bisa memperbesar peluang diterima. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi dengan membidik beasiswa, jangan hanya melamar satu beasiswa.

2. Idealis dalam Memilih Pekerjaan

vebma.com

 

“Masa lulusan ini, eh kerjanya jadi itu,” nah, ucapan-ucapan demikian masih sayup terdengar dari beberapa orang di muka bumi ini, bahkan bisa juga diri kamu sendiri yang mengatakan demikian. Bagi freshgaduate, lebih baik jangan terlalu idealis dalam memilih pekerjaan. Melamar pekerjaan harus linear dengan bidang studinya. Iya memang betul jika linear itu ya bisa dikatan lebih baik. Kenapa? Ya karena sejalur dengan apa yang selama ini dipelajari di bangku kuliah.

Tapi ya tapi, mencari pekerjaan yang linear itu ya susah. Terlebih jika banyak orang yang minat sementara lapangan pekerjaan yang kamu incar itu terbatas. Siap-siap bersaing dengan puluhan, ratusan, bahkan ribuan.

Jadi, jalani pekerjaan yang ada dulu. Misal kamu diterima di A ya sudah, jalani dulu. Anggap saja sebuah pemanasan, eh siapa tahu dari pekerjaan tersebut bisa menjadi batu loncatan. Ingat, yang penting pekerjaannya halal.

3. Berdiam Diri di Rumah

cybersulutdaily.com

 

Hmm, yang ini imbasnya bukan hanya kepada diri kamu, tapi juga kepada orang tua. Ya, namanya mulut tetangga kan macam bentuknya. Ada yang nyinyir ada yang rempong. Beberepa hari berdiam diri di rumah boleh lah. Tapi jika terlalu lamu dan kamu terlihat ‘nganggur’, siap-siap saja mendapatkan komentar tidak sedap. Oleh karena itu, janga berdiam diri di rumah, di kos-kosan saja. Kan tetangga rumah nggak lihat, tahunya kamu lagi sibuk mencari pekerjaan. Gampang kan? Zaman sekarang hidup adalah tentang pencitraan. Miris.

4. Menatap Pernak-pernik Wisuda

hadiahwisuda.com

 

Setelah euforia wisuda berangsur-angsur lenyap, kado, bunga, dan berbagai pernak pernik ala-ala wisuda lainnya yang pada saat wisuda merupakan benda paling dipuja dan paling diharap-harapkan, bisa saja berubah menjadi benda yang sangat menyeramkan. Terutama bagi kamu yang tidak kunjung mendapatkan pekerjaan atau belum tahu akan melakukan apa untuk melanjutkan hidup yang semakin keras.

Menatap benda tersebut akan menimbulkan gejolak di dalam hati yang justru membuatmu semakin mengeluh dan meratapi hidup. Untuk itu, jangan menatapnya dalam-dalam. Terlebih sambil membayangkan mantan yang saat wisuda kemarin sudah punya pendamping. Jangan, sungguh jangan.

5. Stalking Akun Instagram Online Shop

kolomgadget.com

 

Ini berlaku terutama untuk kamu para shopper sejatihhhh. Pasca wisuda, lagi-lagi bagi kamu yang belum mendapatkan pekerjaan, jangan stalking akun instagram online shop. Kamu akan mengalami gejala yang menyiksa jika melakukan hal tersebut, gejalanya antara lain sulit tidur karena kepikiran barang bagus dan pusing karena ingin beli tapi tidak punya uang.

Demikian 5 hal yang jangan kamu lalukan pasca wisuda. Selamat merajut hari-hari dan mengais rupiah, wahai para sarjana.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Daftar Jurusan dan Program Studi Perguruan Tinggi Swasta di Makasassar

Kamu sedang mencari daftar perguruan tinggi swasta terbaik di Makassar? Tapat sekali jika kamu membaca …

5 Perguruan Tinggi Negeri di Makasar. Mana Pilihannya?

Seperti yang kita ketahui, kebanyakan destinasi favorit pelajar untuk menuntut ilmu di perguruan tinggi berada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *