Pacu Adrenalin di 8 Tempat Wisata Extreme Berikut

www.panduanwisatajogja.com

Alam Indonesia sangat indah untuk dilewatkan. Dari Sabang hingga Merauke terdapat banyak sekali tempat wisata yang menyuguhkan berbagai keindahan setempat, mulai dari track yang mudah hingga yang memacu adrenalin. Nah, kali ini uji adrenalin yuk geng. Delapan tempat wisata berikut ini dijamin membuat adrenalin kalian naik turun karena medannya extreme abis. Let’s go!

1. Kereta Gantung Pantai Timang

www.panduanwisatajogja.com

 

Kereta Gantung Pantai Timang berlokasi di desa Purwodadi, kecamatan Tempus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Biasanya kalau kita main ke pantai kan gitu-gitu aja yak, geng. Tapi di pantai Timang, kita bisa merasaka sensasi yang berbeda. Di pantai ini terdapat sebuah wahana yang extreme, yaitu kereta gantung.

Letak extremenya dari kereta gantung dimananya nih? Dikatakan extreme karena kereta gantung ini masih tradisional, hanya terbuat dari kayu. Bayangkan, kita melintas di atas laut menggunakan kereta kayu pada ketinggian 50 meter dengan panjang lintasan 100 meter. Percikan ombak yang pecah menabrak karang sesekali membasahi tubuh kita.

Ah, gitu doang mah berani. Kan bareng sama teman. Eitz, jangan salah. Kereta ini Cuma muat untuk satu orang aja loh, geng. So, sekali penyebrangan nggak bisa ramai-ramai. Hanya kau seorang di dalam kereta gantung. Hixhix.

Jika kalian terpanggil untuk menjajal wisata ini, ada satu hal perlu diperhatikan mengingat bahwa kereta gantung pantai Timang bukan tempat wisata yang resmi, so, tidak ada jaminan apapun jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

2. Berselancar di Kepulauan Mentawai

hoteldekatid.wordpress.com

 

Selanjutnya, mari kita menikmati salah satu ombak terbaik di perairan Indonesia dengan cara berselancar. Lokasinya yaitu di kepulauan Mentawai yang terdiri dari beberapa pulau utama; Pagai Utara, Pagai Selatan, Sikakap, Sibora. Kesemuanya memiliki objek wisata pantai dengan ombak yang tergolong tinggi, yaitu sekitar 1,5 hingga 4,5 meter. Selain itu, ombak di pantai-pantai tersebut juga memiliki karakteristik tersendiri. Nggak heran kalau para wisatawan internasional juga tertarik datang ke Pulai ini.

Yuk, kita ikutan, berselancar diantara para bule. Hixhix. Tenang, nggak perlu berebut, karena terdapat 72 titik lokasi berselancar dengan 49 titik masuk.

3. Menjelajah Gua Jomblang

medium.com

 

Gua Jomblang berlokasi di desa Pacarejo, kecamatan Samano, Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik dari Goa ini adalah bentuknya yang vertikal dan di dasarnya terdapat hutan purba dengan tanaman endemik yang telah berevolusi karena minim cahaya matahari.

Mulut goa Jomblang luasnya sekitar 50 meter, so, dibutuhkan teknik khusus berupa teknik tali tunggal untuk dapat masuk ke dalam Goa. Untuk menjelajah Goa ini kita akan didamping oleh pemandu yang berpengalaman. Eh kiraian didampingi sama pendamping hidup. Hixhix.

Karena wisata yang satu termasuk extreme, kita harus safety yak, geng. Gunakan perlengkapan keselamatan dan peralatan penelusuran goa berupa tali dan helm. Kita bisa menyewanya dengan biaya sebesar Rp. 140.000,-

Catet nih, geng. Kalau kalian ingin merasakan sensinya menelusuru goa vertikal ini, baiknya sekitar pukul 11 hingga 1 siang, supaya apa? Supaya kalian bisa melihat indahnya cahaya surga. Widih. Penasaran kan? Datang aja ke goa Jomblang, buka setiap hari kok. Tapi, pengunjungnya dibatasi. So, jangan sampai ketinggalan yak, geng.

4. Paralayang Di Matantimali

wisatapalu.om

 

Ingin melihat indahnya kota Palu dari ketinggian 1000 meter di atas permukaan air laut? Yuk cobain Paralayang di Matantimali (matan loh ya, bukan mantan). Pegunungan Matantimali terletak di Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, 30 km dari pusat kota Palu.

Fyi, pegunungan Matantimali merupakan melakukan paralayang terbaik di kawasan Asia Tenggara loh. Bahkan, menjadi salah satu yang paling baik di dunia. Yakin nggak mau nyobain sensai paralayang di tempat ini?Kapan waktu yang tepat ke Matantimali? Pokoknya, sepanjang taun kalian bisa datang ke pegunungan ini untuk berparalayang. Nggak ada bulan-bulan khusus kok.

5. Panjat Tebing di Lembah Harau

www.mongabay.co.id

 

Lembah Halau terletak di provinsi Sumatra Barat, tepatnya di kota Payakumbuh, 2 jam dari kota Padang. Bagi para pecinta panjat tebing pasti nama lembah tersebut nggak asing lagi.

Fyi, lembah Harau digadang-gadang sebagai surganya para pemanjat tebing Indonesia. Tinggi lembah tersebut mencapai 300 meter. Disekitarnya terdapat bukit-bukit yang indah, seperti Singkarat, Tarangtang, bukit Jambu, dan Air Putih.

Nggak cuma bisa menikmati panjat tebing extreme, di tempat ini kalian juga bisa menemukan spesies monyet berekor panjang, kolam alami yang terbentuk dari beberapa air terjun bernama Sarasa, Sarasa Murai, Sarasa Bunta dan Sarasa Ayeange.

6. Blue Lagoon Cliff Jumping

balitriptips.wordpress.com

 

Blue Lagoon Cliff Jumping terletak di Nusa Ceningan, Bali. Di tempat ini kalian bisa merasakan sensasi melompat dari tebing dengan ketinggian 13 meter, dan yang lebih extreme yaitu dibawah kalian akan disambut oleh ombak.

Tunggu ombak tenang dulu yak geng kalau mau melakukan jumping. Biar aman. Waktu terbaik untuk menikmati Blue Lagoon Cliff Jumping yaitu sekitar bulan Juni hingga Oktober.

7. Arung jeram di Sungai Alas

rajaplesir.blogspot.co.id

 

Sungai Alas terletak di 165 km bagian tenggara Takengon, tepatnya di Taman Nasional gunung Leuser. Jeram dan medan yang berkelok, ditambah rerimbunan hutan di Taman Nasional Gunung Leuser membuat adrenalin naik turun.

Terdapat dua rute yang disediakan. Pertama, bagi pemula. Rute dimulai dari Muarasitulan (kota Kutacane) hingga ke kota Gelombang. Kedua, bagi profesional. Rute dimulai dari Angusan, berdekatan dengan Blangkejeran.

Sepanjang rute kalian juga bisa menjumpai berbagai satwa, seperti burung, rusa, gajah, dan monyet.

8. Panjat Tebing Pegunungan Kapur Citatah

refiansyah.wordpress.com

 

Pegunungan kapur Citatah berlokasi di Jawa Barat, Padalarang. Ketinggian tebing mencapai 100 meter dengan tiga rute penanjakan yang bernama Poster, Cobra, Rockstar. Bebatuan di tempat ini berjenis karst, jenis yang cocok untuk pemula. Tapi, meskipun begitu tetap harus hati-hati yak geng.

Nah, itu dia 8 tempat wisata extreme yang ada di Indonesia. Sudah siap memacu adrenalin belum? Yuk, save the date untuk mencicipi sensasi tempat-tempat tersebut.

About April 178 Articles
Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*