Kamu tertarik dengan isu-isu kesehatan lingkungan? Prihatin dengan pencemaran lingkungan di Indonesia yang semakin parah dan berdampak kepada kesehatan masayarakat? Kalau iya, jurusan yang satu ini cocok banget sama kamu, yakni Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasn berikut tentang Jurusan Kesehatan Lingkungan.

Apa itu Kesehatan Lingkungan?

abras.com.br

 

Kesehatan lingkungan merupakan sebuah cabang ilmu kesehatan yang sudah ada sejak zaman Hippocrates. Pada masa itu, penyakit malaria diduga disebabkan karena udara buruk. Seiring dengan kemajuan ilmu pengetahuan, akhirnya diketahui bahwa penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang membawa parasit malaria.

Di Indonesia sendiri, ilmu, teori serta praktek kesehatan lingkungan sudah ada sejak zaman penjajahan. Area studi kesehatan lingkungan akan berubah dari waktu ke waktu sejalan dengan perkembagan ilmu pengetahuan serta kondisi yang mengubah potensi dampak kesehatan lingkungan terhadap masyakarat di sebuah kawasan.

Saat ini, area studi Kesehatan Lingkungan sangat luas, antara lain perkotaan, sanitasi dasar, perhotelan dan pariwisata, pelabuhan, dan bandara.

Apa yang dipelajari di Jurusan Kesehatan Lingkungan

breastfeedingproductgallery.com

 

Jurusan Kesehatan Lingkungan mempelajari tentang hubungan interaksi antara masyarakat dengan lingkungan hidup yang dinilai berpotensi negatif terhadap kesehatan diri maupun masyarakat di suatu kawasan. Kawasan yang dimaksud yakni misalnya kawasan permukiman, pariwisata, industry, maupun transportasi.

Selain itu, Kesehatan Lingkungan juga memperlajari tentang nyamuk penyebab demam berdarah, kaki gajah, hingga radang otak. Sarjana Kesehatan Lingkungan kelak akan bertugas menentukan apakah sebuah kawasan tergolong sehat atau tidak. Caranya yakni dengan mengukur dan menganalisa potensi bahaya lingkungan terhadap kesehatan. Jika sebuah kawasan dinilai berbahaya, maka ahli kesehatan lingkungan memiliki wewenang untuk melakukan pencegahan dari potensi bahaya tersebut.

Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Kesehatan Lingkungan yakni antara lain; Dasar Kesehatan Lingkungan, Entomologi Kesehatan, Fisika Lingkungan, Kimia Lingkungan, Mikrobiologi Lingkungan, Ekologi Kesehatan, Etika Profesi Sanitarian, Ekotoksikologi, Epidemiologi Kesehatan Lingkungan, Fisioanatomi, Patofisioanatomi, Pengawasan Pencemaran Lingkungan Fisik, Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penyakit Berbasis Lingkungan, Pemberdayaan Masyarakat, Penyehatan Air dan Pengelolaan Limbah Cair, Penyehatan Tanah dan Pengelolaan Sampah, Rekayasa Sarana Sanitasi, Sanitasi Tempat Tempat Umum dan Pariwisata, Penyehatan Udara, Statistik Kesehatan, Sanitasi Permukiman, Analisis Dampak Kesehatan Lingkungan, Sanitasi Rumah Sakit Ilmu Budaya Sehat, Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Penyehatan Makanan Minuman, Penyehatan Air, Pengendalian Vektor dan Binatang Pengganggu, Manajemen Risiko Lingkungan, Kesehatan Lingkungan Darurat dan Bencana, Operasi dan Pemeliharaan IPAM & IPAL.

Prospek Kerja Jurusan Kesehatan Lingkungan

fr.mappy.com

 

Ketika memilih sebuah jurusan, kamu tentu harus tau bagaiamana prospek kerjanya supaya setelah lulus nggak bingung mau kerja apa atau jadi apa. Prosepek kerja lulusan Kesehatan Lingkungan luas, lho. Ada apa aja yak? Yuk simak.

1. Instansi Pemerintahan

Instansti Pemerintah yang sesuai dengan kompetensi lulusan Kesehatan Lingkungan antara lain yakni Kementrian Kesehatan, Kementrian Lingkungan Hidup, dan Dinas Kesehatan Daerah, Badan Lingkungan Hidup Provinsi maupun daerah, Badan Perencana Nasional dan Daerah.

2. Lembaga Swadaya Masyarakat

LSM yang cocok dengan kompetensi lulusan Kesehatan Lingkungan tentu adalah LSM yang berkaitan dengan lingkungan hidup. Meski bukan merupakan lembaga non-pemerintah, namun berbagung di LSM menjadi hal yang mulai dan bermanfaat dalam menciptkan lingkungan hidup yang sehat untuk ditinggali.

3. Rumah Sakit

Kamu bisa bekerja di Rumah Sakit, yakni di bagian manajemen kesehatan lingkungan rumah sakit. Sebagai salah sarana dan pusat kesehatan masyarakat, tentu rumah sakit membutukan tenaga alhi bidang kesehatan lingkungan agar tercipta lingkungan rumah sakit yang bersih dan sehat. Selain rumah sakit, kamu juga bisa bekerja di Puskesmas.

4. Tenaga Pengajar

Bagi kamu memiliki passion di bidang mengajar, kamu bisa menjadi tenaga pengajar di instanti pendidikan berbasis kesehatan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here