Ada banyak jurusan yang tersedia di perguruan tinggi. Ketika memilih sebuah jurusan, pertanyaan yang umum terbersit di benak kalian adalah: pembagian konsentrasinya apa aja, keunggulannya apa, terus prospek kerjanya gimana.

Nah, kali ini kita bakalan ngobrolin seputar jurusan manajemen yak geng. Yuk simak baik-baik biar paham dan nggak salah pilih jurusan.

Apa itu Jurusan Manajemen?

www.onhits.net

 

Sebenarnya, manajemen merupakan cabang dari ilmu bisnis. Oleh karena itu, biasanya jurusan ini berada di bawah fakultas ekonomu bisnis. Namun ada juga yang berdiri sendiri. Secara umum kita akan diajari bagaimana mengelola suatu perusahaan maupun organisasi.

Apa Aja Konsentrasi di Jurusan Manajemen?

psem.unikama.ac.id

 

Nah konsentrasi ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan pekerjaan. Karena biasanya perusahaan atau industri akan lebih memilih mereka yang paham akan bidangnya. Berbicara mengenai pekerjaan berikut ini adalah prospek kerja yang akan didapatkan melalui jurusan manajemen

Manajemen mempunyai cakupan yang sangat luas, oleh karena itu biasanya universitas akan membaginya ke dalam bebera konsentrasi. Tujuannya adalah agar memudahkan kita dalam mendapatkan pekerjaan. Kok gitu? Yes, biasanya perusahaan akan memilih lulusan yang memang paham dan fokus terhadap suatu bidang konsentrasi.

So, perlu banget kan adanya konsentrasi. Nah, berikut ini adalah konsentrasi yang ada di jurusan manajemn:

1. Manajemen Keuangan

Namanya aja manajemen keuangan, so, di dalamnya kita akan mempelajari seputar analisa, teknik pengelolaan keuangan pada suatau perusahaan, dan pastinya nggak jauh-jauh dari akuntansi dan ekonomi. Kita akan diajari bagaimana menganalisa laporan keuangan perusahaan untuk kemudian bisa menyimpulkan bagaimana kondisi keuangannya, sehat atau tidak. Tidak hanya itu, kita jug akan mempelajari hal-hal apa saja yang dapat mempengaruhi keuangan perusahaan.

2. Manajemen Pemasaran

Selanjutnya ada manjemen pemasaran. Namanya aja beda, pasti dalemnya juga beda yak. Nah, di konsentrsi ini, kita akan mempelajari tentang teknik pemasaran, misalnya marketing mix atau bauran pemasaran. Selain itu, kita juga akan diajari caranya membaca peluang pasar, memanfaatkan peluang, hingga bagaimana cara mengontrol tingkat pemasaran suatu perusahaan.

3. Manajemen Sumber Daya Manusia (M-SDM)

Konsetrasi yang satu ini berfokus pada bagaimana memanajemen sumber daya manusia dalam suatu perusahaan atau organisasi. Misalnya bagaimana mengelola tenanga kerja sehingga mampu meningkatkan kinerja serta produktifitas perusahaan, faktor apa saja yang dapat mempengaruhi produktifitas karyawan. Kita juga mempelajari tentang bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik.

4. Manajemen Operasional

Nah kalau konsentrasi yang satu ini, kita akan bersetuhan dengan produk. Di Manajemen Operasional kita akan mempelajari bagaimaan menganalisa produk, mulai dari persiapan, produksi, hingga proses distribusi. Tidak hanya itu, kita juga akan menganalisa terkait letak perusahaan dan pengaruhkan terhadap proses distribusi.

Apa Aja Keunggulan Jurusan Manajemen?

twitter.com

 

Sudah paham yak tentang konsetrasi yang ada di jurusan manajemen? Sekarang kita lanjut ke keunggulannya. Yuk simak.

1. Karir yang dapat dipilih sangat beragam

Karir yang dapat dipilih oleh lulusan manajemen sangat beragam, misalnya di bidang pemasaran, SDM, keuangan, komunikasi hingga transportasi.

2. Keterampilan yang Mumpuni

Lulusan jurusan manajemen akan terbiasa dengan tantangan-tantangan di dunia bisnisa karena sudah dibekali dengan keterampilan interpersonal, kewirausahaan, kecapakan komunikasi dan pengembilan keputusan, serta lainnya yang dapat menunjang karir kalian.

3. Pengetahuan yang Luas

Lulusan manajemen dibentuk agar menjadi insan terdidik yang inovatif, keratif, da pemain tim yang solid. Sehingga ilmu yang dipelajari tidak hanya seputar bisnis, tapi juga didukung dengan pengetahuan mengenai keuangan, etika, hukum dan pengatahuan lainnya yang dibutuhkan dalam dunia kerja.

4. Kemampuan Menciptakan Lapangan Pekerjaaan.

Keunggulan selanjutnya yaitu kemampuan untuk menciptakan lapangan pekerjaan. Mahaiswa maajemen memang sudah diajarkan terkait kewirausahaan sejak semester awal, mulai dari bagaimana memulai bisnis, membangun jaringan dengan para pelaku bisnis, hingga bagaimana cara mengembangkan bisnis. Sebagai penunjang, beberapa universitas memiliki program khusu pengasuhan pebisnis muda agaa lulusan jurusan ini kelak bisa menciptakan lapangan pekejaan, baik ketika masih kuliah, maupun ketika sudah lulus.

Prospek Kerjanya Gimana?

jurnalmanajemen.com

 

Setelah tahu tentang apa itu jurusan manajemen, konsentrasi dan keunggulannya, saatnya kita intip bagaimana prosepek kerja lulusan jurusan manajemen.

Seperti yang dikatana di awal, cakupan jurusan ini sangat luas. So, prospek kerjanya juga luas loh. Antara lain: excecutive staff personalia dan SDM, excecutive staff pemasaran, excecutive staff produksi, excecutive staff keuangan, administrator keuangan, administrator personalia dan HRD, administrator pemasaran, administrator produksi, manajer di berbagai bidang terkait, analis pasar, analis saham dan pasar modal, analis mutu produk, supervisor, sirektur, wirausahawan, staff penagajar baik dosen maupun guru yang terkait dengan bidangnya.

Sekian ngobrolin tentang jurusan manajemennya. Kita lanjut lain waktu tentang jurusan-jurusan lainnya yang nggak kalah kecenya sama jurusan manajemen. See you!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here