Gizi merupakan salah satu aspek paling berperan dalam kualitas kesehatan manusia. Di Indonesia sendiri, gizi yang bermutu belum bisa dirasakan oleh masyarakat secara merata. Pemerintah pusat bekerjasama dengan pemerintah daerah senantiasa berusaha mengupayakan perbaikan gizi. Tenaga ahli di bidang gizi tentu sangat diperlukan untuk memaksimalkan upaya tersebut. Apakah kamu ingin turut berperan dalam upaya perbaikan gizi masyarakat Indonesia? Jika iya, jurusan yang satu ini sangat tepat untuk kamu ambil, yakni Ilmu Gizi.

Seperti apa sih jurusan Ilmu Gizi itu? Untuk lebih jelasnya, yuk simak.

Apa itu Ilmu Gizi?

habibullahurl.com

 

Ilmu gizi atau nutrience science adalah ilmu yang mempelajari segala hal terkait makanan dan hubungannya degan kesehatan tubuh, selai itu ilmu gizi juga digunakan untuk mengetahui apa saja dibutuhkan oleh tubu dan seberapa kadarnya. Contohnya, berapa kebutuhan kalori harian, menghitung massa indeks tubuh, nutrisi saat hamil, kebutuhan nutrisi saat sedang sakit, dan sebagainya.

Apa Saja yang Dipelajari di Ilmu Gizi?

lasillarota.com

 

Mahasiswa Ilmu Gizi akan mempelajari berbagai aspek yang berkaitan dengan asupan gizi masyarakat, hubungan gizi dengan kesehatan, produktivitas dan pertumbuhan manusia, hubungan gizi dengan sektor ekonomi, sosial dan budaya, hingga hubungan gizi dengan kualitas hidup manusiahubungan gizi dengan sektor pertanian, ekonomi dan sosial budaya, serta kualitas manusia.

Mahasiswa Ilmu Gizi akan diajarkan bagaimana menghitung takaran ideal suatu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa mata kuliah yang akan dipelajari di Jurusan Ilmu Gizi yakni; Biokimia Gizi, Manajemen Pelayanan Makanan, Pelayanan Gizi Institusi, Teknologi Pengolahan Pangan, Antropologi Gizi, Metabolisme Zat Gizi, Gizi dalam Daur Kehidupan, Gizi Masyarakat, Ilmu Bahan Pangan, Mikrobiologi Pangan, Sosiologi Gizi, Patofisiologi Gizi, Prinsip-prinsip Ilmu Gizi, Penilaian Status Gizi, Evaluasi Gizi, Pendidikan Gizi, Fortifikasi Gizi, , Ketahanan Pangan, Gizi Kuliner, Epidemiologi Gizi, Dietetika Penyakit Infeksi dan Defisiensi, Gizi Kerja dan Olahraga, Perencanaan Pangan dan Gizi, Pengembangan Produk Pangan, Konseling Gizi, Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan, Manajemen Pelayanan Makanan dan Pelayanan Gizi Institusi Dietetika Penyakit Degeneratif, Intervensi Gizi, , Imunologi Gizi, Interaksi Obat dan Makanan.

Apa Saja Prospek Kerja Jurusan Ilmu Gizi?

nebraska.va.gov

 

Prospek kerja lulusan ilmu gizi sangat luas, selama manusia masih membutuhkan makanan dan gizi, maka tenaga ahli ilmu gizi sangat dibutuhkan. Berikut ini adalah prospek kerja lulusan jurusan ilmu gizi yang bisa kamu jadikan gambaran karir masa depan.

1. Menjadi Konsultan Gizi

Lulusan jurusan Ilmu Gizi bisa bekerja sebagai konsultan gizi di berbagai sektor, misalnya konsultasn gizi di klinik kesehatan atau pusat kebugaran.

2. Instalasi Gizi Rumah Sakit

Hampir setiap rumah sakit memiliki instalasi gizi, yakni unit yang bertugas mengatur dan menyiapkan makanan bagi pasien yang dirawat di rumah sakit tersebut. Tidak hanya menyediakan makanan, tugas lulusan ilmu gizi di instalasi ini yakni menyajikan makanan dengan jenis dan nutrisi yang tepat sesuai dengan kondisi kesehatan pasien.

3. Bekerja sebagai PNS

Lulusan jurusan ilmu gizi bisa bekerja sebagai PNS di Puskesmas, RSUD, Departemen Kesehatan, ketahanan pangan, maupun di BPOM.

4. Tenaga Pengajar

Lulusan jurusan ilmu gizi bisa menjadi tenaga pengajar, misalnya menjadi dosen mata kuliah yang berhubungan dengan gizi.

5. Bekerja di Perusahaan Makanan

Prospek kerja selanjutnya yakni di perusahaan makanan. Perusahaan makanan membutuhkan ahli gizi untuk memastikan dan memantau kandungan nutrisi yang ada sebuah produk perusahaan tersebut sehingga aman untuk dikonsumsi.

6. Pengusaha Kuliner

Bagi kamu yang ingin bekerja secara mandiri, kamu bisa menjadi pengusaha kuliner. Usaha kuliner yang dimaksud yakni kuliner yang lebih spesifik dan membidik target market tertentu. Contohnya, bisnis kuliner khusus makanan bayi, makanan khusus untuk diet, makanan khusus untuk penderita diabetes, dan lainnya.

Demikian informasi seputar jurusan ilmu gizi. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here