Siapa yang suka berjibaku dengan angka-angka? Jurusan akuntansi cocok banget nih buat kalian. Tapi, sebelum memutuskan untuk kuliah di jurusan akuntansi, ada baiknya kita ngobrol dulu yuk seputar jurusan kece tersebut. Biar nggak ada salah paham diantara kita tentang jurusan Akuntansi.

Apa Itu Jurusan Akuntansi?

www.kabar.tv

 

Akuntansi merupakan proses menelusuri transaksi keuangan dari suatu perusahaan, pemerintahan, maupun organsisasi yang didalamnya terdapat departemen keuangan. Nah, jadi, kalau kuliah di jurusan akuntansi, kalian bakalan belajar seputar transaksi keuangan.

Apa Aja Konsentrasi di Jurusan Akutansi?

hmjakunmul.blogspot.com

 

Ada beberapa konsentrasi di jurusan akuntansi yang bisa kalian pilih. baca dengan saksama yak, biar nanti nggak salah pilih konsentrasi.

1. Akuntansi Keuangan

Konsentrasi akuntansi keuangan berkaitan dengan pergerakan pasar modal. Ilmu-ilmu akuntansi yang kalian pelajari di sini lebih menitikberatkan pada pencatatan dan pelaporan keuangan internal suatu perusahaan, kemudian hasilnya dapat mempengaruhi pengambilan keputusan investasi perusahaan oleh para investor.

Kalian akan diajari bagaimana menganalisis siklus akuntansi perusahaan yang nantinya dapat digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan bagi pihak manajerial.

2. Akuntansi Sektor Publik

Di konsentrasi ini, kalian akan mempelajari seputar keuangan di instansi publik di tingkat daerah maupun pusat. Tidak melulu di instansi pemerintahan yak, bisa juga di organisasi nirlaba swasta. Kalian akan diajari bagaimana menghitung pendanaan dan mengecek pengelolaan, serta realisasi anggaran.

3. Akuntansi Perpajakan

Nah kalau di kosentrasi yang satu ini, kalian akan belajar tentang transaksi ekonomi dan aset sebagai objek pajak, serta menganalisis sesuai dengan perundangan. Bagi kalian yang ingin berkontribusi kepada negara dengan cara mengatasi banyaknya masyarakat yang mangkir pajak, cocok banget nih pilih konsentrasi ini.

4. Akuntansi Pemeriksaan

Nama lain dari akuntansi pemeriksaan yaitu auditing. Di sini kemampuan kalian dalam mengaudit laporan akan diasah hingga tajam. Memilih jurusan ini, kalian ditunutu untuk teliti dan jeli supaya data yang sudah diproses tidak rancu atau bias. Tidak hanya itu, kalian juga harus bisa mengaudit data elektronik hingga investigasi data keuangan. Serem? Nggak kok, justru menantang. Iya kan?

5. Sistem Informasi Akuntansi

Di konsentrasi ini, kalian akan mempelajari tentang instrumen dalam pengendalian manajemen siklus akuntansi suatu perusahaan, baik konvensional maupun yang sudah terkomputerisasi.

Kalian akan diajari bagaimana cara penggunaannya, serta cara mengembangkan sistem informasi agar proses pengambilan keputusan berjalan efektif dan efisien.

Keunggulannya Apa Aja?

muhamadrizal12.student.umm.ac.id

 

Kesempatan kerja bagi lulusan akuntansi sangat luas. Kenapa? Karena di semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga akuntan, jumlah yang dibutuhkan terkadang lebih dari satu. Kalian juga bisa mengetahui bagaimana jalannya roda perekonomian suatu perusaahan. Sehingga nantinya, ilmu yang kalian dapat dari pemimpin perusahaan bisa kalian terapkan ketika hendak mendirikan perusahaan sendiri. Dengan belajar akuntansi, mengelola keuangan pribadi akan lebih mudah. Keunggulan lainnya yaitu gaji seorang akuntan cukup menjanjikan loh.

Prospek Kerjanya Gimana?

www.dailysabah.com

 

Ini dia yang ditunggu-tunggu, gimana sih prospek kerja jurusan akuntansi? Berikut beberapa prospek kerja yang bisa kalian pilih sesuai konsentrasi yang diambil.

1. Akuntan Publik

Kalian bisa bekerja individual maupun dengan perusahaan. Tugasnya yaitu menganalisa dokumen laporan keuangan. Kalian harus paham tentang regulasi perpajakan serta perkembangannya.

2. Petugas Akuntansi

Tugasnya hanya mencatat data dan memperbarui dokumen keuangan, tidak sampai menganalisis seperti akuntan.

3. Manajer Akuntansi

Tugasnya merencanakan anggaran, mengelola dan memimpin, serta menginterpretasikan data keuangan guna menyusun solusi dan membuat rekomendasi bagi perusahaan agar mencapai keuntungan sesuai yang diharapkan.

4. Asisten Akuntansi

Untuk mengawali karir, kalian bisa memulainya dengan menjadi asisten akuntansi. Tugasnya yaitu membantu pekerjaan seorang akuntan, misalnya pembukuan, pencatatan laporan keuangan, buku besar, dan lainnya.

5. Certified Public Accountants (CPA)

Di Amerika, profesi ini mempunya bayaran yang fantastis loh. Tugas seorang CPA yaitu melakukan audit, menganalisa keuangan, memberikan masukan kebijakan keuangan, serta melaporkan konsekuensi pajak. Karena tugas dan gajinya yang fantastis, jika ingin meggeluti profesi ini, kalian harus lolos sertifikasi CPA.

6. Akuntan Biaya

Akuntan biaya menganalisa biaya dari suatu perusahaan dan memberi masukan dan solusi supaya biaya-biaya tersebut dapat dikurangi, dan dengan demikian keuntungan dapat dimaksimalkan. Gaji rata-rata profesi ini adalah $49,300 hingga $58,000 per tahun.

7. Account Officer

Tugasnya melakukan penilaian, evaluasi, dan mengusulkan nilai piutang yang dapat diberikan perusahaan ke pihak eksternal.

Sekian dulu yak ngobrolin seputar jurusan akuntansi. Semoga bermanfaat. See you.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here