Home / Ngampus / Muhammad Rizal Saanun, Wakil Indonesia dalam Ajang CYAL 2017
www.pictaram.com

Muhammad Rizal Saanun, Wakil Indonesia dalam Ajang CYAL 2017

Muhammad Rizal Saanun, Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) terpilih mewakili Indonesia di CIMB Young ASEAN Leaders (CYAL) 2017. Rizal yang merupakan mahasiswa International Program of International Relations Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2014 itu terpilih untuk berangkat ke Kuala Lumpur.

Dilangsir dari republika.co.id, dikatakan oleh Rizal bahwa dirinya terpilih untuk mewakili Indonesia setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang dan ketat. Mulai dari registrasi, seleksi berkas, hingga seleksi wawancara via Skype yang dilakukan oleh CIMB Young ASEAN Leaders. Menurutnya, program tersebut merupakan salah satu program sangat bergengsi, mengingat jumlah pesaingnya mencapai lebih dari 1.000 orang dari ASEAN.

Ia harus bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa lainnya dari ASEAN yang pretasinya juga luar biasa. Bukan hal yang mudah untuk bisa mengalahkan mereka. Mengingat kuota yang disediakan oleh pihak penyelenggara hanya 100 orang. Oleh sebab itulah, Rizal mengaku sangat bangga bisa menjadi bagian dari event bergengsi tersebut. Selain ia mendapatkan beasiswa penuh, program tersebut juga linear dengan bidang ilmu yang digelutinya, yaitu SDG’s dan pemahaman lintas budaya.

“Serta Sharing Economy Beyond Boundaries (SEB2) yang telah dibahas sebelumnya di beberapa literatur ilmu hubungan internasional,” kata Rizal melalui pers rilis yang diterima. Republika.co.id, Selasa (28/11).

Bekerjasama dengan Universiti Kebangsaan Malaysia , CYAL akan berlangsung selama 6 hari, yaitu pada 2 sampai 7 Desember 2017. Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk mendukung pertukaran pengalaman belajar dan lintas budaya antara pemimpin muda yang ada di ASEAN, dan kegiatannya diproyeksikan untuk mengangkat kualitas hidup warga negara ASEAN.

Selain dua hal di atas, kegiatan tersebut akan mempromosikan pembangunan berkelanjutan guna membangun pondasi yang kuat, dari pemahaman yang lebih besar, bertetangga baik dan rasa tanggung jawab bersama. Fokus tema besar yang diangkat pada CYAL tahun ini yaitu the Thematic Area of Sharing Economy Beyond Boundaries.

“Di mana telah memberikan pemahaman serta keterlibatan para pemuda ASEAN terhadap hal-hal yang berkaitan dengan Sharing Economy Beyound Boundaries,” ujar Rizal.

Sebelum akhirnya menjadi wakil Indonesia dalam CYAL, Rizal telah banyak mengukir prestasi lainnya, yaitu Verbal Commendation Diponegoro International Model United Nations, Secretary-General Asia Youth International Model United Nations, Best Delegate of UNESCO Council Little Circle Foundation Bali International Model United Nation dan Most Outstanding Delegate OCI Council di Java Model UN.

Desember mendatang, Rizal akan kembali menjadi wakil Indonesia dalam Asia-Europe Meeting Spin Off yang diselenggarakan oleh Asia-Europe Foundation di Singapura. Selain itu, ia juga akan menjadi Chair of Education Committee dalam Young Diversity and Inclusion Youth Conference di Malaysia pada Maret 2018.

Rizal berpesan kepada seluruh mahasiswa Indonesia agar selalu bersemangat dalam meraih mimpi dan menorehkan prestasi. Ia berharap, mahasiswa tidak pernah berhenti untuk terus mengasah potensi diri. Rizal juga menghimbau agar mahasiswa bisa menggunakan waktunya sebaik mungkin.

“Karena yang paling penting yakin dan percaya kalau orang punya kemampuan dan jatah sukses dari hasil kerja kerasnya, serta pergunakanlah waktu sebaik mungkin untuk menggapai cita-cita dan terus berprestasi,” kata Rizal.

Muhammad Rizal Saanun hanya satu dari sekian banyak mahasiswa Indonesia yang berprestasi dan mampu mengharumkan nama Indonesia hingga ke kancah Internasional. Darinya, semoga banyak mahasiswa Indonesia yang terinspirasi untuk berprestasi pada bidang dan mintanya masing-masing.

About April

Cuaca pasti berubah. Tapi tetaplah menjadi langit yang sama.

Check Also

Harapan BI Usai Gelar GenBI Leadership Camp 2017

Dilansir dari replubika.co.id. Bank Indonesia (BI) mengajak mahasiswa penerima beasiswa BI yang tergabung dalam Generasi …

Berlibur Bersama Keluarga di Batur Agung Waterpark

Batur Agung Waterpark merupakan wana wisata yang cocok untuk menikmati waktu libur kamu bersama keluarga. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *