Penasaran sama Jurusan Teknik Sipil? Kali ini kita akan berkenalan dengan jurusan keren yang satu ini supaya kamu lebih paham seluk beluknya. Teknik sipil diartikan sebagai praktek merancang, membangun, dan memelihara lingkungan. Istilah teknik sipil baru muncul pada tahun 1800. Meskipun demikian, sebenarnya teknik sipil sudah ada sejak 4000 SM.

Jika kamu kuliah di jurusan teknik sipil, kamu akan belajar merancang dan mensupervisi pembangunan infrakstruktur seperti bangunan, jalan raya, jembatan, terowongan, penyimpanan air, sistem pembuangan kotoran dan lainnya.

Dalam bekerja, seorang insinyur teknik sipil bekerja bersama dalam tim. Fokus mereka yakni bagaimana menggunakan teori dan model bangunan untuk memperkirakan kinerja suatu desain bangunan. Biasanya uji desain dilakukan dalam skala kecil terlebih dahulu.  Setelah diuji dan mempertimbangkan berbagai faktor seperti manfaat bangunan, anggaran dan keselamatan kerja, barulah dilakukan pembangunan yang sesungguhnya.

Apa Perbedaan Jurusan Teknik Sipil dengan Jurusan Arsitek?

www.ilmusipil.com

 

Sekilas, jurusan teknik sipil dan teknik arsitektur memang terlihat sama, karena keduanya mempelajari bagaimaan merancang dan membangun sebuah gedung. Perbedaan yang signifakan yakni, Jurusan Teknik sipil mempelajari bagaimana cara membuat struktur bangunan yang kokoh namun tetap ekonomis, sedangkan jurusan Arsitektur lebih menitikberatkan pada desain bangunan yang menarik.

Singkatnya, teknik sipil mengeksekusi desain dari arsitek agar menjadi wujud bangunan yang nyata, dengan mempertimbangkan faktor-faktor, misalnya keamanan dan ketahana bangungan, anggaran, fungsi, dan lainnya.

Apa Saja Cabang-Cabang Ilmu Teknik Sipil?

pazinoecc.com

 

1. Manajemen Konstruksi

Cabang ini mempelajari tentang manajemen dalam sebuah pekerjaan konstruksi, meliputi keuangan, target waktu pembangunan, dan lainnya yang berkaitan dengan manajemen perencanaan kontruksi.

2. Geoteknik

Cabang ini mempelajari tentang struktur tempat yang akan menjadi lokasi pembanguan sebuah gedung secara detail. Misalnya meliputi kondisi tanah. Maka akan dianalisa sifat-sifat tanah tersebut. Selanjutny dapat diperoleh kesimpulan pakah tanah tersebut cocok untuk dijadikan lokasi pembangunan gedung.

3. Transportasi

Cabang ini mempelajari tentang pembangunan sarana trasnportasi seperti jalan raya, jalan tol, bandara, pelabuhan, dan lainnya.

4. Hidrologi/Hidrolika

Cabang ini mempelajari tentang hidrologi, meliputi masalah-maslaah yang timbul pada sistem perairan, distribusi, penanganan dan pengawasan perairan. Ilmu-ilmu yang dipelajari dapat diterapkan dalam pembangunan waduk, bendungan, drainase kota dan lainnya yang berhubungan sistem parairan.

5. Stuktur Bangunan

Cabang ini mempelajari tentang tekstur bahan bangunan, seperti kayu, kaca, beton, dan lainnya. Tujuannya adalah agar lulusannya mampu mengetahui dan memahami sifat pada bahan bangunan tertentu. Sehingga, mampu menentukan bahan bangunan yang baik dan cocok untuk digunakan.

Apa Saja Prospek Kerja Lulusan Teknik Sipil?

nikifour.co.id

 

1. Konsultan / Kontraktor Konstruksi Bangunan

2. Insinyur Struktur

3. Surveyor Kontrol Bangunan

4. Insinyur Sumber Daya Perairan

5. Insinyur Pemeliharaan Bangunan

6. Program atau proyek pembangunan

7. Pegawai Negeri Sipil ( PNS )

8. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )

9. Insinyur Konstruksi

Selain yang telah disebutkan di atas, lulusan teknik sipil masih memiliki alternatif lainnya, yaitu di sektor swasta. Banyak perusahaan-perusahaan swasta yang menerima lulusan teknik sipil, misalnya perusahaan minyak dan pertambangan.

Jadi geng, prospek kerja lulusan teknik sipil itu sangat luas. Terlebih, seperti yang kita ketahui, Indonesia sebagai negara berkembang tentu senantiasa melakukan pembangunan di berbagai sektor. Hal ini membuat lahan kerja lulusan teknik sipil semakin luas. Keberadaan perusahan swasta di Indonesia juga menjadi lahan basah yang bisa dijadikan alternatif pilihan pekerjaan. Bagaimana? Tertarik kuliah di jurusan teknik sipil? Segeralah cari informasi tentang kampus-kampus yang memiliki jurusan teknik sipil dan sudah terakreditasi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here