Kamu ingin kuliah tapi ragu dengan prospek kerja jurusan yang kamu pilih? Ingin langsung kerja setelah lulus? Nah, bagi kamu yang punya keinginan demikian, kamu bisa mendaftar di Sekolah Kedinasan.

Sekolah Kedinasan merupakan sebuah Perguruan Tinggi atau Sekolah Tinggi yang dikelola secara langsung oleh badan, instansi, kementrian, maupun lembaga pemerintahan lainnya. Sebagain besar atau seluruh biaya perkuliahan ditanggung lembaga yang menaungi. Jadi, status Sekolah Kedinasan yakni ikatan dinas. Setelah selesai menempuh pendidikan dalam kurun waktu tertentu, maka lulusannya dapat berkerja sebagai pegawai di lembaga yang menaungi Sekolah Kedinasan tersebut.

Di Indonesia sendiri terdapat 9 Sekolah Kedinasan, yakni;

1. PKN (Politeknik Keuangan Negara) STAN

newtonsix.com

 

PKN (Politeknik Keuangan Negara) STAN merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementerian Keuangan. Setelah lulus, prospek kerja kamu tentu tidak jauh-jauh dari segala yang berkaitan dengan Kementrian Keuangan, misalnya di KPP (Kantor Pelayanan Pajak), bea cukai, kebendaharaan negara, dan akuntansi negara.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://pknstan.ac.id

2. STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

masukuniversitas.com

 

STIS merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS). Terdapat dua program studi di STIS yang bisa kamu pilih, yakni Statistik dan Komputasi Statistik. Prospek kerjanya tentu kamu bisa menjadi pegawai di BPS atau bisa juga bekerja sebagai aparatur sipil negara yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://stis.ac.id

3. STMKG (Sekolah Tinggi Metereologi Klimatologi dan Geofisika)

maukemana.net

 

Kamu tertarik dengan berbagai hal yang berkaitan degan iklim dan meterologi? Jika iya, Sekolah Kedinasan ini bisa menjadi pilihan yang tepat. STMKG merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika. Lulusannya bisa bekerja di lembaga yang berkaitan dengan Metereologi Klimatologi dan Geofisika.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://ptb.stmkg.ac.id

4. STIN (Sekolah Tinggi Intelejen Negara)

www.kompasian.com

 

Pernah nonton film action yang menceritakan tentang badan intelijen negara? Keren nggak? Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjadi bagaian dari badan intelijen negara, kamu bisa mendaftar ke STIN. STIN merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan organisasi intel, yakni Badan Intelijen Nasional (BIN).

Di sekolah kedinasan ini, kamu akan mempelajari tentang analisi intelijen. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://stin.ac.id.

5. STSN (Sekolah Tinggi Sandi Negara)

siduntuknegeri.wordpress.com

 

STSN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Lembaga Sandi Negara. Program studi di sekolah kedinasan ini meliputi Studi Teknik Persandian dan Program Studi Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website: stsn-nci.ac.id.

6. IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

ayokuliah.id

 

Kamu ingin bekerja di pemerintahan dalam negeri? Jika iya, cobalah mendaftar di IPDN. DI sekolah kedinasan ini, mahasiswa atau yang dipanggil Praja akan dipersiapkan untuk menjadi kader pemerintahan, dari tingkat daerah hingga pusat. Pengetahuan yang akan dipelajari yakni seputar pemerintahan, kepemimpinan, manajemen pembangunan, dan keuangan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website http://spcp.ipdn.ac.id/spcp/.

7. POLTEKIP (Politeknik Ilmu Kemasyarakatan)

ditjenpas.go.id

 

POLTEKIP (Politeknik Ilmu Kemasyarakatan) merupakan lembaga pendidikan yang berada di bawah komando Kementerian Hukum dan HAM. Di sekolah kedinasan ini, kamu akan dididik untuk menjadi CPNS/PNS yang memiliki keahlian khusus seputar kemasyarakatan. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi http://bpsdm.kemenkumham.go.id.

8. STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat)

beritatrans.com

 

STTD (Sekolah Tinggi Transportasi Darat) merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Di sekolah kedinasan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan seputar sistem perhubungan transportasi darat. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website: http://sttd.ac.id.

9. POLTEKIM (Politeknik Imigrasi)

medan.imigrasi.go.id

 

POLTEKIM (Politeknik Imigrasi) merupakan sebuah lembaga pendidikan yang berada di bawah naungan Kementrian Hukum dan HAM, seperti halnya POLTEKIP. Lulusannya bisa bekerja sebagai CPNS/PNS di Ditjen Keimigrasian. Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa mengunjungi website www.politeknikimigrasi.ac.id/.

Demikian 9 Sekolah Kedinasan yang bisa menjadi referensi kamu untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi. Segera kunjungi website masing-masing sekolah kedinasan di atas untuk mendapatkan informasi selengkapnya, termasuk jadwal pendaftaran tahun 2018. Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here