Teknik Informatika (TI) merupakan salah satu cabang dari ilmu komputer. Sekilas memang TI memiliki kemiripan dengan beberapa cabang ilmu komputer lain seperti ilmu komputer, teknik komputer, serta sistem informasi. Kesemuanya memang sama-sama bertumpu pada komputer sebagai objek pembelajarannya. Namun yang membedakan yaitu TI lebih condong pada penerapan logika matematika, kemapuan pemrograman komputer, keterampilan terhadap penguasaan sofware komputer, rekayasa dan analisa infromatika serta implementasinya di bidang infromasi. Misalnya praktek pembuatan karya seperti aplikasi dan lainnya.
Bagi kamu yang berminat mengambil jurusan TI, nantinya kamu akan dilatih untuk berpikir sistematis, logis, dan fleksibel. Agar karya yang kamu ciptakan kelak bisa mengikuti perkambangan zaman.

Perkuliahan di Teknik Informatika Cuma Belajar Tentang Komputer ?

www.anakui.com

 

Nah, ini anggapan yang kadang keliru. Mentang-mentang namanya TI jadi dikiranya mahasiswa TI cuma belejar tentang komputer. Selama perkuliahan, mahasiwa TI juga mempelajari beberapa ilmu seperti lain seperti elektro, statistika, matematika, kewirausahaan, dan ilmu sosial lainnya.

Apa Keistimewaan Jurusan Teknik Informatika?

www.studentstelkomuniversity.com

 

Kelebihan dari jurusan TI bisa dilihat dari prospek kerjanya. Di dunia yang modern ini, kebutuhan konsumen akan teknologi dan informasi telah menjadi lahan basah bagi lulusan jurusan ini. TI muncul sebagai penunjang primer dalam kehidupan modern. Selain itu, TI juga tidak terbatas waktu sebab sifatnya yang moving time. So, kuliah di jurusan TI kalian nggak akan kudet, jutsru bisa menciptakan aplikasi yang relevan dengan perkembangan zaman. Mantap kan? Kalian nggak Cuma menjadi pengguna aplikasi, tapi juga menciptakan aplikasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Cabang Ilmu di Jurusan Teknik Informatika Apa Saja?

blog.aguskurniawan.net

 

Teknik Informatika terbagi menjadi beberapa cabang. Berikut ini cabang yang bisa kamu pilih sesuai minat maupun bakat. Yuk simak

1. Sistem Informasi

Sistem Informasi gabungan antara konsep dasar ilmu komputer dan ilmu bisnis serta manajemen. Cabang ilmu ini sangat relevan bagi kamu yang ingin menguasai bisnis berbasis aplikasi.

2. Jaringan Komputer dan Komunikasi Data

Cabang ini lebih fokus pada software dan hardware komputer. Setelah lulus, diharapkan mahasiswa mampu menguasai bagaimana cara kerja sistem komputer. Tenang saja, kamu pasti bisa kok. Karena kamu akan dibelaki dan dilatih untuk mengoperaiksan serta membuat sistem komputer.

3. Komputasi dan Metode Numerik

Di cabang ini, kamu akan belajar tentang infromatika yang berkaitan dengan sistem penerjemah data. Baik penerjemahan dengan sistem komputerisasi maupun dan numerik.

Prospek Kerja Teknik Informatika Bagaimana?

uzi-onlie.blogspot.com

 

Jika kamu satu dari sekian banyak orang yang beranggapan bahwa lulusan TI pasti kerjanya jadi guru TIK, sekarang saatnya ubah mindset kamu. Karena ada banyak pekerjaan yang bisa didapat oleh lulusan TI. Yuk simak.

1. Konsultan IT

Bekerja sebagai konsultan IT, kamu dapat memebrikan ide-ide segar dan inovatif di bidang IT. Oleh karena itu, kreatifitas dan kecakapan membaca kebutuhan pasar sangat diperlukan. Banyak perusahaan yang membutuhkan jasa konsultasi IT untuk manajeman aplikasi dan sisetem modernisasi yang akan diterapkan oleh perusahaan.

2. Programmer and Developer

Sebaga lulusan TI, kamu bisa membuat suatu program atau aplikasi kemudian menjadikannya lahan bisnis. Misalnya, kamu membuat software aplikasi tertentu untuk kemudian mendiriakan perusahaan dengan basis serupa.

3. Administrator Web

Menjadi administrator web, Anda tidak dituntut untuk pergi ke kantor atau tempat tertentu. Selain itu, jam kerjanya juga fleksibel. Namun, kamu harus standby di depan komputer untuk mengawasi moving work website yang kamu kelola. Memang kelihatannya, profesi ini sangat melelahkan. Tapi jika kamu bisa mengatur kapan harus bekerja, istirahat, dan refersihing, nampaknya pekerjaan ini menarik untuk dicoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here