Ada yang sedang kepo seputar teknik industri? Ingin mengambil jurusan ini namun masih ragu? Nah, berikut ini kita akan mengenal lebih jauh tentang jurusan teknik industri agar kamu mempunyai gambaran terkait apa itu teknik industri, apa saja cabangnya, hingga bagaimana prospek kerjanya.

Yuk simak. Agar kamu semakin mantap, siap dan tidak salah pilih jurusan.

Apa Itu Jurusan Teknik Industri?

play.google.com

 

Teknik industri merupakan ilmu yang fokus pada rancang desain, pembuatan serta perbaikan sistem melalui integrasi antara manusis, materila, infromasi, peralatan dan energi.

Apa yang Dipelajari Selama Perkuliahan?

hai.grid.id

 

Jika kamu mengambil jurusan teknik industri, maka dalam perkuliahan kamu akan memperlajari keseluruhan prinsip dan keterampilan dari ilmu teknit. Jadi, tidak perlu heran jika mata kuliah yang dipelajari merupakan mata kuliah yang ada di jurusan teknit lainnya.

Apa Perbedaan Teknik Industri dengan Jurusan Teknik Lainnya?

ceplasceplosaja.blogspot.com

 

Perbedaan terletak pada produk akhirnya. Sebagai contoh teknik informatika menghasilkan program komputer dan teknik sipil menghasilkan rancang bangunan. Teknik industri sendiri menghasilan sistem yang mengintegrasikan semuanya, baik program komputer, rancang bangunan dan produk teknik yang lain.

Apa Saja Cabang dari Jurusan Teknik Industri?

ukwms.ac.id

 

Seperti halnya jurusan lain, teknik industri juga terbagai menjadi beberapa cabang yang bisa kamu pilih, yakni:

1. Ergonomi

Ergonomi merupakan cabang dari teknik industri yang mempelajari hal yang lebih spesifik, misalnya desain ruang kerja yang paling efektif dan efisen bagi peker atau bagaimaan alur kerja seseorang pada sebuah industri.

2. Sistem Industri dan Tekno Ekonomi

Sistem industri dan Tekni Ekonomi memiliki fokus pada peningakatan keunggulan suatu sistem industri. Beberapa mata kuliah yang dipelajari di cabang ini yakni statistika industri, sistem basis data, sistem logistic, dan riset operasi.

3. Sistem Manufaktur

Tidak berbeda jauh dengan sistem industri, sistem manufaktur juga memiliki fokus pada bagaimana membuat sistem yang efisien, efektif, dan dapat meningkatkan produktivitas. Beberapa mata kuliah yang dipelajari antara lain ergonomi, pengendalian produksi, perancangan industri, serta perancangan tata letak pabrik.

Apa Gelar yang didapat setelah lulus?

www.burungkumkum.com

 

Seperti halnya sarjana teknik lainnya, lulusan teknik industri juga akan mendapat gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Bagaimana Prospek Kerja Lulusan Teknik Industri?

www.villamerah.web.id

 

Dengan cangkupan ilmu yang luas, seorang lulusan teknik industri dapat bekerja di posisi manajemen di hampir semua bidang, seperti perbankan, pertambangan, otomotif, layanan kesehatan hingga periklanan.

1. Logistics Specialist

Tugas seorang logistics specialist yaitu menganalisa dan mengatur pasokan produksi, mulai dari datangnya bahan baku hingga pendistribusian ke konsumen.

2. Health Safety Environment Engineer

Seorang health safety environment engineer bertugas menganalisa lokasi dan prosedur kerja berdasarkan dampak keselamatan dan kesehatan pekerja.

3. Engineering Manager

Tugas dari seorang Engineering Manager yaitu membuat rencana kerja serta mengatur sumber daya yang dibutuhkan oleh insinyur dalam pengerjaan sebuah proyek.

4. Project Manager

Menjadi seorang project manager, kamu tidak hanya mengatur para insinyur, tapi juga seluruh tim.

5. Project Management Analyst

Dalam menjankan tugasnya, seorang managemen analyst bekerjasama dengan project manager untuk menganalisa bagaimana cara membuat proses produksi yang efisien.

6. Cost Control Engineer

Dari namanya sudah bisa ditebak bahwa tugas dari seorang cost control engineer tidak lain adalah membuat kalkulasi biaya, waktu serta tenaga yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi.

7. Quality Control Engineer

Seorang quality control engineer bertugas untuk memastikan semua produk akhir sesuai dengan kualitas yang berlaku.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here